9 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Besar! Sebelum Masuk Kuliah, Kamu Wajib Tahu Guys!

Memilih jurusan kuliah menjadi perenungan tersendiri bagi setiap orang. Gimana engga sih guys? Masa depanmu bakal bergantung juga dengan jurusan yang kamu ambil nih. Salah satu hal yang wajib kamu renungkan ialah prospek pekerjaan dari jurusanmu. Apakah memiliki prospek yang besar atau justru sebaliknya?

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin membagikan beberapa jurusan kuliah dengan prospek kerja besar yang bisa membuka pengetahuanmu lebih luas lagi. Tanpa menunggu lama, yuk buruan scroll ulasan di bawah ini ya!

Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Besar

1. Kedokteran

jurusan kuliah dengan prospek kerja besar
The mid adult female doctor uses the digital tablet to show the x-ray to the unrecognizable senior man.

Yap, kedokteran menjadi salah satu jurusan paling ramai peminat sekaligus prospek pekerjaan yang besar. Bagaimana tidak, daya tampung jurusan kedokteran di Universitas Indonesia saja hanya 54 orang dari 1.700 pelajar!

Untuk rata-rata nilai UTBK sendiri, kedokteran selalu mendapatkan peringkat 5 besar di tiap universitas. Namun, semua kesulitan ini berbanding lurus lho dengan prospek kerja yang diberikan.

Rata-rata lulusan jurusan ini mendapatkan tawaran untuk bekerja di rumah sakit, sampai akhirnya membuka praktik sendiri. Gajinya sampai berapa sih Kak? Aduh, jangan ditanya! Bisa sampai jutaan rupiah, apalagi untuk mereka yang mengambil spesialis. Gimana, kamu tertarik masuk ke jurusan kedokteran ga guys?

2. Manajemen

Jurusan kuliah dengan prospek kerja besar berikutnya ialah manajemen. Kamu tahu dong ada berapa banyak perusahaan di Indonesia? Mulai dari perusahaan besar seperti Shopee sampai berbagai start-up yang menjamur di ibukota.

Semua perusahaan tersebut tentunya membutuhkan lulusan manajemen untuk memperkuat pondasi perusahaan. Bakal ngapain aja sih jurusan manajemen ini? Manajemen termasuk sebagai salah satu jurusan dengan interdispliner.

Artinya ada banyak hal yang dipelajari. Mulai dari sumber daya manusia, cara pengolahan, akutansi, hingga strategi pemasaran. Berbagai ilmu ini ga hanya membantu perusahaan tempatmu bekerja, tetapi juga menjadi bekal untukku menjadi wiraswasta guys!

Baca Juga:  Biaya Kuliah Ilmu Gizi di Perguruan Tinggi Negeri

3. Komunikasi

jurusan kuliah dengan prospek kerja besar
Sumber: depositphotos.com

Di urutan ke-3, ada jurusan komunikasi yang memiliki prospek kerja besar di Indonesia. Selain lulusan manajemen, para perusahaan besar juga membutuhkan lulusan komunikasi untuk membantu memperlancar komunikasi bisnis.

Inilah tugas lulusan komunikasi. Umumnya mereka bekerja sebagai PR atau public relation. Jobdesknya ngapain? Tentunya menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan terkait, turun ke lapangan untuk mempromosikan perusahaan, memperluas relasi, dan masih banyak lagi.

Ga hanya itu guys, lulusan komunikasi juga bisa bekerja di banyak sektor lho. Mulai dari radio, stasiun TV, sampai Youtuber! Luas banget kan. Kamu yang tertarik di urusan audio bisa join menjadi penyiar, news anchor, atau bahkan orang di balik layar tiap perusahaan TV.

Tertarik menulis? Tenang, ada berbagai media informasi di Indonesia. Mulai dari Kompas, Jawa Pos, Tempo, BBC Indonesia, dan masih banyak lagi yang menerima jurusan komunikasi sebagai jurnalis atau reporter.

4. Ilmu hukum

Yup, ilmu hukum adalah jurusan kuliah dengan prospek kerja besar apalagi di Indonesia. Ada banyak pilihan pekerjaan untuk kamu lulusan hukum. Mulai dari lawyer, jaksa, para legal, sampai jurnalis.

Kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga pemerintahan daerah maupun pusat. Oh iya, kedutaan besar juga sering banget lho membuka lowongan pekerjaan untuk kamu yang pernah mengenyam pendidikan di jurusan hukum.

Bahkan kalau kamu lebih senang menekuni bidang hukum dan melakukan penelitian, maka menjadi dosen maupun pakar hukum menjadi prospek yang menjanjikan. Selain itu, ada banyak perusahaan yang membutuhkan konsultan hukum guys.

Biasanya para perusahaan ini akan selalu berkonsultasi mengenai tindakan mereka. Apakah bertentangan dengan hukum atau tidak? Yap, banyak banget prospek pekerjaan jurusan satu ini hehehe.

Baca Juga:  Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

5. Ekonomi

jurusan kuliah dengan prospek kerja besar
Business accounting concept, Business man using calculator with computer laptop, budget and loan paper in office.

Selain kedokteran, jurusan kuliah dengan prospek kerja besar sekaligus passing grade terketat jatuh ke jurusan ekonomi. FYI guys, jurusan ekonomi di Universitas Indonesia menduduki peringkat pertama dengan nilai UTBK tertinggi.

Yap, hal ini dikarenakan jurusan ekonomi memiliki peluang sangat besar di berbagai sektor pekerjaan. Apalagi jika kamu berasal dari jurusan ekonomi universitas bergengsi. Aduh, lulus dijamin langsung kerja!

Salah satu prospek jurusan ekonomi ialah dosen, pegawai di BUMN maupun berbagai perusahaan di Indonesia. Melalui jurusan ekonomi juga, tersedia banyak banget peluang melanjutkan pendidikan ke luar negeri lho guys. So, gimana? Tertarik masuk jurusan ekonomi?

6. Psikologi

Ilmu psikologi memiliki banyak banget peminat sekaligus prospek pekerjaan gengs. Pasti di pikiranmu, jurusan psikologi hanya bekerja sebagai psikolog di rumah sakit bukan? Eits, jangan salah lho! Psikologi diperlukan hampir di setiap sektor guys. Di bidang pendidikan, kamu bisa menjadi guru BK atau bahkan konsultan anak. Mengingat kesehatan mental di usia remaja memang rentan banget guys.

Ga hanya itu, di bidang perekonomian juga ada lho. Banyak perusahaan yang membutuhkan psikolog untuk melakukan perekrutan karyawan. Nantinya kamu akan mempelajari ilmu psikolog industri. Belum lagi, kamu bisa bekerja sebagai psikolog yang membuka praktik mandiri, dosen, penulis buku, dan konsultan.

Gimana, pantes aja kan psikolog masuk ke jurusan kuliah dengan prospek kerja yang besar?

7. Teknik sipil

jurusan kuliah dengan prospek kerja besar
Future building construction engineering project concept with double exposure graphic design. Building engineer, architect people or construction worker working with modern civil equipment technology.

Jurusan satu ini engga hanya memiliki prospek besar, melainkan juga penghasilan yang tinggi guys. Tahu dong, kalau Indonesia sebagai negara berkembang sedang marak banget membangun jalan tol, jembatan, bangunan tinggi, pencakar langit, dan masih banyak lagi?

Pekerjaan siapa kah ini? Siapa lagi guys kalau bukan lulusan teknik sipil. So, menjadi hal yang umum kalau jurusan ini memiliki prospek yang besar ditambah lagi gaji yang memuaskan.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 4

Belum lagi Kawan, teknik sipil memiliki peluang beasiswa yang besar lho. Indonesia, setiap tahunnya mengirim banyak mahasiswa lulusan teknik sipil untuk mengenyam pendidikan di Jepang, Singapura, sampai Taiwan!

8. Pariwisata atau perhotelan

Tahu ga sih guys, penulis pernah bercakap-cakap dengan salah satu teman dari luar negeri. Ketika berkenalan dan mendengar kata Indonesia, maka mereka langsung bertanya “Bali?”

Yap, Bali emang mendunia banget lho. Bahkan ga jarang melebihi Jakarta yang menjadi ibukota Indonesia guys. Bali sendiri terkenal karena destinasi wisatanya yang super menarik dan indah banget.

Menjadi peluang besar nih bagi kamu lulusan pariwisata atau perhotelan untuk memajukan pariwisata Indonesia guys. Kamu bisa menjadi pemandu wisata atau tour guide, sampai mengelola destinasi wisata di Indonesia.

9. Teknik informatika

jurusan kuliah dengan prospek kerja besar
Young femal e engineer concept. GUI (Graphical User Interface).

Terakhir nih, jurusan kuliah dengan prospek kerja besar adalah teknik informatika. Di tengah pandemi dan globalisasi, maka segala sesuatunya wajib dilakukan secara digital guys. Siapa lagi kalau bukan lulusan informatika yang dibutuhkan banget kemampuannya.

Mulai dari perusahaan besar sampai start-up tentunya membutuhkan lulusan teknik informatika untuk mengoperasikan berbagai peralatan komputer sampai mengembangkan program.

Oh iya, kamu juga bisa membuat berbagai game sampai program yang berguna di pasaran guys. Apabila program ini maju dan disukai masyarakat, tentunya kamu bisa menjadi miliuner di Indonesia nih. Lihat aja Bill Gates sampai Steve Jobs yang mengembangkan kemampuan programming dan kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Nah, itu dia 10 jurusan kuliah dengan prospek kerja besar terutama di Indonesia. Gimana, apakah mencerahkan pengetahuanmu mengenai jurusan? Atau jangan-jangan ada salah satu jurusan incaranmu di atas? Jangan lupa komen di bawah ya guys! Selalu semangat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …