Kenalan yuk dengan Adjective Order, Materi Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Pelajar

Hai gengs! Gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Nah, di kesempatan kali ini, mimin mau bagiin tips bahasa Inggris nih! Materi yang satu ini mungkin kamu pernah denger kali ya hehe.

Namun, kalau yang nggak pernah denger, jangan minder dulu ya. Nggak susah kok gengs. Makanya, dibaca sampai akhir ya! No skip-skip! Yuk, langsung aja kita mulai!

adjective order
This animation includes a definition of the word organic.

Apa sih Adjective Order itu?

Sebelumnya, kamu pernah denger nggak sih tentang adjective order? Kalau belum pernah denger, sini nih mimin kasih tau. Kita bahas dulu tentang adjective. Apa sih adjective itu? Adjective adalah kata yang menjelaskan kata benda dalam bahasa inggris. Contoh katanya seperti tasty, pretty, spicy, dan lainnya ya. Misalnya, Your pasta is so tasty. Nah, kata tasty kan menjelaskan pastanya ya gengs!

Nah, kalau adjective order gimana min? Adjective order itu simpelnya seperti penempatan urutan kata sifat. Kamu tau kan kalau kata sifat itu banyak. Tapi gimana kalau dalam satu kalimat ada tiga atau bahkan empat kata sifat? Nah, disinilah kita pakai aturan adjective order. 

Aturan Adjective Order

Kalau kamu udah tahu apa itu adjective order, kini mimin mau kasih tahu contohnya kepadamu. Misalnya, “Sebuah jam tua yang bagus dari Italia.” Nah, disitu ada banyak kata sifat seperti bagus, tua, dan bahkan Italia juga termasuk karena Italia disini merupakan origin.

Lalu kalau diartikan ke Inggris gimana? Oke, sini mimin ajarin.Jadi supaya lebih gampang, ini adalah urutan adjective order. Kamu cukup hafalin D-O-S-A-S-C-O-M. 

D – Determiner – Penunjuk/jumlah

O – Opinion – Pendapat 

S – Size – Ukuran

A – Age – Umur

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Bab 1 Talking about Self

S – Shape – Bentuk

C – Color – Warna

O – Origin – Asal

M – Material – Bahan

Jangan lupa noun atau kata benda sebagai penutup kalimat ya! Nah sekarang kita bahas contoh kata sifat DOSASCOM. Determiner artinya penunjuk atau jumlah. Contohnya seperti a, an, some, the, dan lainnya.

Opinion artinya pendapat. Pendapat disini relatif ya, maksudnya satu orang dengan yang lain bisa berbeda. Misalnya cheap, beautiful, smart, good, wonderful, dan lainnya.

Size maknanya ukuran. Ini gampang ya gengs! Misalnya, short, long, high, small, big, dan lainnya. Age artinya usia atau umur misalnya old, young, new, ancient, dan lain-lain. Shape ini artinya bentuk misalnya round, circle, star, flat, square, dan lain-lain. Color gausah dibahas ya karena pasti udah pada tau hehe.

Untuk origin, tadi mimin udah bilang kalau artinya asal dari benda tersebut, misalnya Indonesian, Italian, Germany, American. Nah, yang terakhir material yang artinya bahan. Misalnya, wooden, cotton, paper, iron, metal, dan lain-lain.

Nah, sekarang coba kita terjemahkan kalimat yang tadi. Sebuah jam tua yang bagus dari Italia. Sesuai dengan DOSASCOM, adjective jenis determiner adalah yang pertama. So, the first word is “a”. A wonderful old Italian clock. Kata wonderful disini termasuk opinion ya. Ingat, noun atau kata benda selalu di urutan terakhir. 

Latihan yuk!

Oke deh gengs, tadi udah teori, sekarang kita ke latihan yuk! Write the adjectives in the correct order before the nouns.

  1. a jacket leather / beautiful
  2. a book reference / useful 
  3. the cup old / plastic
  4. eyes blue / beautiful
  5. your car expensive / sports / German
  6. shoes running / comfortable / Chinese
  7. my shirt white / best / cotton
  8. that company advertising / enormous / American

Nah, kalian coba ya contoh soal tentang adjective order diatas. Kalau udah, ini nih key answer nya!

  1. A beautiful leather jacket
  2. A useful reference book
  3. The old plastic cup
  4. Beautiful blue eyes 
  5. Your expensive German sports car
  6. Comfortable Chinese running shoes
  7. My best white cotton shirt
  8. That enormous American advertising company

Nah itu gengs, cocokin sama jawaban kalian ya! Mimin berharap supaya kamu semua jadi lebih paham tentang materi ini. Nggak susah kan gengs? Kalau berusaha, pasti bisa kok, aku jamin deh hehe. Semoga materi ini bermanfaat buat kamu ya!

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 6 Online School Registration

“Don’t stop when you are tired. Stop when you are done!” 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Cara Mengajari Anak Menulis dengan Cepat dan Lancar!

Halo Moms, gimana nih kabarnya? Semoga Moms dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali…