Categories: SBMPTNBukuSMAUTBK

Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

Share

Menjelang penerimaan mahasiswa baru, beberapa dari siswa mulai melakukan persiapan. Bagi siswa yang mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka persiapan yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan nilai rapor. Sedangkan bagi siswa yang mengikuti seleksi jalur SBMTN, siswa harus mempersiapkan diri untuk tes UTBK dan SBMPTN.

Persiapan yang dapat dilakukan oleh siswa salah satunya dengan belajar dengan menggunakan buku yang memberikan kisi-kisi materi apa saja yang mungkin keluar pada tes UTBK dan SBMPTN. Salah satu buku yang dapat kamu pelajari adalah Top One Bedah Kisi-Kisi Terlengkap UTBK SBMPTN SOSHUM.

Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

1. Tersedia aplikasi android

Selain menyediakan materi dan latihan soal dalam bentuk tulisan di buku cetak, terdapat juga materi dan latihan soal yang dapat kamu unduh sesuai kebutuhan melalui aplikasi android. Tidak hanya membahas SBMPTN, aplikasi yang disediakan antara lain Bintang UN SMA, Bintang SBMPTN, TOEFL Bintang Wahyu, Bintang TPA, dan Bintang Psikotes. Aplikasi ini bisa kamu download sesuai kebutuhan kamu untuk belajar.

2. Panduan strategi HOTS

Di awal buku ini akan dijelaskan mengenai strategi menaklukkan soal-soal higher order thinking skills (HOTS). Soal HOTS adalah soal-soal yang membuat siswa berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain. Strategi menaklukkan soal seperti ini ditunjukkan melalui beberapa contoh soal beserta cara penyelesaiannya.

3. Penjelasan mengenai penerimaan mahasiswa baru

Sebelum siswa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru, siswa perlu untuk mengetahui bagaimana skema penerimaan mahasiswa baru. Buku ini menjelaskan kepada siswa mengenai pola penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Walaupun buku ini berkaitan dengan UTBK dan SBMPTN, namun buku ini juga menjelaskan kepada pembaca mengenai jalur seleksi SNMPTN serta jalur SBMPTN untuk menambah pengetahuan pembaca khususnya siswa.

4. Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

Materi TPS diawali dengan penjabaran mengenai penalaran umum. Bagian pertama ini terdiri dari materi penalaran logis, penalaran analitis, dan penalaran spasial (gambar). Masing-masing materi diawali dengan penjelasan, kemudian diberikan tips dan trik, soal dan pembahasan, serta bank soal SBMPTN untuk latihan dan pembahasannya.

Bagian kedua membahas mengenai pemahaman bacaan dan menulis yang terdiri dari empat bab, yaitu Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), kata, kalimat, dan paragraf. Masing-masing bab menjelaskan materi kemudian diberikan soal dan pembahasan serta bank soal SBMPTN untuk latihan dan pembahasannya.

Bagian ketiga membahas pengetahuan dan pemahaman umum yang terdiri dari empat bab, yaitu verbal, menentukan informasi umum dalam sebuah teks atau paragraf, menentukan informasi khusus dalam sebuah teks atau paragraf, dan menentukan informasi antarparagraf atau antarteks.

Masing-masing bab terdapat penjelasan materi, soal dan pembahasan, serta bank soal SBMPTN untuk latihan dan pembahasannya. Terdapat lima tryout yang dapat kamu kerjakan serta terdapat pembahasannya untuk melihat apakah kamu sudah benar dalam mengerjakan soal-soalnya.

Bagian keempat membahas mengenai pengetahuan kuantitatif. Setelah penjelasan mengenai materi, terdapat soal dan pembahasan, serta bank soal SBMPTN yang dapat kamu kerjakan serta terdapat pembahasannya.

5. Materi Tes Kemampuan Akademik SOSHUM

Materi tes kemampuan akademik soshum diawali dengan bagian pertama yaitu matematika.yang terdiri dari empat belas bab, yaitu eksponen dan logaritma, persamaan kuadrat, pertidaksamaan, fungsi kuadrat, bangun datar, sistem persamaan linier dan kuadrat, trigonometri, statistika, peluang, program linier, komposisi fungsi dan fungsi invers, baris dan deret, matriks, serta turunan dan limit.

Bagian kedua yaitu ekonomi, yang terdiri dari lima belas bab yaitu kebutuhan manusia dan masalah; pokok ekonomi; permasalahan, sistem, dan perilaku ekonomi; permintaan, penawaran, dan konsumen; bentuk-bentuk pasar; biaya, penerimaan, dan laba/rugi, dll.

Bagian ketiga yaitu geografi, yang terdiri dari sebelas bab, yaitu pengetahuan dasar geografi; sumber daya alam; peta, sistem informasi geografi, dan pengindraan jauh; litosfer dan pedosfer; atmosfer; hidrosfer; biosfer; antroposfer; perindustrian; wilayah dan perwilayahan; serta negara maju dan berkembang.

Bagian keempat yaitu sejarah, yang terdiri dari tujuh bab, yaitu zaman praaksara; peradaban awal dunia; Kerajaan Hindu-Budha; Kerajaan Islam; peristiwa penting di Eropa dan pengaruhnya; kolonialisme di Indonesia; serta perang dunia I, perang dunia II, dan perang dingin.

Bagian kelima yaitu sosiologi, yang terdiri dari dua belas bab, yaitu kajian ilmu dan fungsi sosiologi, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi pembentuk kepribadian, perilaku menyimpang dan pengendalian sosial, metode penelitian sosial, kelompok sosial, struktur sosial, konflik sosial, perubahasn sosial, ketimpangan sosial, dan pemberdayaan sosial.

Itulah resensi salah satu buku yang membahas kisi-kisi UTBK SOSHUM. Terus semangat dalam meraih mimpimu untuk masuk ke perguruan tinggi yang kamu impikan. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 27, 2020 2:24 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beberapa sekolah… Read More

September 24, 2020

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih… Read More

September 22, 2020

Program ARMADA Ruangguru, Solusi Cerdas Menunjang Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal terpenting yang menjadi hak bagi setiap siswa di Indonesia. Tak terkecuali bagi… Read More

September 22, 2020

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau… Read More

September 21, 2020

Moral Value dari Film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Siapa yang tidak tahu film series legendaris Harry Potter yang diadaptasi dari novel Harry Potter?… Read More

September 21, 2020

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja… Read More

September 20, 2020