10 Rekomendasi Buku Untuk Persiapan UTBK

Apakah kamu sudah mempersiapkan dengan matang berbagai materi maupun buku persiapan untuk UTBK? Mulai dari pemilihan jurusan kuliah, fakultas, sampai universitas yang kamu inginkan? Udah belum guys

Kalau belum, yuk mulai sekarang mempersiapkan berbagai materi sampai pelajaran yang harus kamu persiapkan untuk mengerjakan soal ujian tahun depan. Ada beberapa hal nih yang harus kamu ketahui. Mulai dari buku, try out, sampai tips mengerjakan UTBK nih.

Jadi, di artikel kali ini aku mau ngenalin ke kamu beberapa buku yang cocok banget untuk mempersiapkan diri di Universitas guys. Kira-kira apa aja sih buku-bukunya? Yuk, cek di bawah ini ya. 

10 Rekomendasi Buku Untuk Persiapan UTBK

Buku Untuk Persiapan UTBK
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Wangsit 

Buku pertama yang wajib banget kamu miliki sebagai persiapan diri menghadapi UTBK adalah Wangist guys! Udah dari lama nih, buku wangsit selalu menjadi incaran para siswa kelas 12 sebagai buku pegangan dalam menghadapi UTBK.

Hal ini dikarenakan soal-soal yang ada di wangsit dirasa lebih akurat dan cukup sulit untuk dikerjakan. Jadi, kalau terbiasa mengerjakan soal-soal dari Wangsit, dijamin bisa ngerjain UTBK nih!

Oh, iya buku wangsit sendiri tersedia untuk peminatan SOSHUM maupun SAINTEK guys. Jadi, ga usah khawatir nih buat kamu yang berminat masuk ke SOSHUM atau SAINTEK karena wangsit menyediakan buku untuk kedua peminatan tersebut. 

2. The king

Selanjutnya guys, ada the king. Buku dari the king sendiri memang cukup akurat dalam mengeluarkan soal-soal untuk memprediksi UTBK nanti. The king juga cocok banget buat kamu yang ingin mengerjakan soal dengan tambahan atau bantuan materi ringkas di dalamnya. 

Oh iya, materi di the king yang ada di The king juga sangat cocok bagi kamu yang linjur lho. Hal ini karena materi yang diajarkan berupa konsep dan gampang banget untuk diterapkan ke berbagai macam soal sekaligus. So, the king ini recommended banget deh sebagai pegangan untuk menghadapi UTBK. 

3. Mega bank

Yup, buku selanjutnya adalah megabank guys. Dilihat dari namanya saja kamu pasti sudah bisa membayangkan bahwa buku ini memiliki banyak banget soal-soal dari berbagai try out sampai SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya.

Bener guys! Soal di dalam buku ini memag banyak banget sesuai dengan tebal bukunya. Nah, Megabank sendiri biasanya berkisar antara Rp. 200.000 guys, tergantung di mana kamu membelinya. 

But, mengeluarkan uang Rp. 200.000 untuk membeli buku ini sama sekali gaada ruginya. Kamu bisa mengerjakan soal SBMPTN, SIMAK UI, sampai berbagai macam soal yang dikeluarkan berdasarkan analisis dari soal-soal UTBK tahun sebelumnya. 

4. Top One

Rekomendasi buku untuk UTBK selanjutnya berasal dari Top One. Buku ini hampir mirip dengan the king. Memuat berbagai macam soal dengan ringkasan materi di dalamnya, buku ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengerjakan soal sambil sesekali mengulang materi yang relate dengan soal yang kamu kerjakan. 

Oh iya, buku ini juga termasuk sebagai salah satu buku yang paling banyak peminatnya dari tahun ke tahun guys. Tentunya karena kualitas dari buku ini yang engga main-main.

Kamu bisa mendapatkan beragam jenis soal dengan penjelasan yang mendasar untuk semakin memperkuat pemahamanmu. Buku ini bagus banget dan sangat direkomendasikan buat kamu yang linjur guys!

5. The tentor

Next, ada the tentor. The tentor adalah merk buku yang berisi kumpulan soal-soal untuk UTBK guys. Buku ini memang ga setebal buku-buku UTBK pada umumnya atau megabank soal. Hanya saja soal-soal di buku ini memang cukup akurat dengan variasi soal yang berbeda-beda. 

Nah, soal-soal dari buku The tentor ini cocok dibeli karena mudah dibawa kemana-mana guys. Mungkin ketika kamu sedang dalam perjalanan pergi atau berada di mobil dan ingin mengisi waktu dengan mempelajari soal UTBK, maka the tentor dapat menjadi solusinya. 

6. Smart book

Oke, buku selanjutnya sedikit berbeda dari beberapa buku sebelumnya. Apabila buku-buku di atas berisi kumpulan berbagai macam soal dari SBMPTN tahun sebelumnya, SIMAK, sampai soal try out lainnya, maka smart book ini berisi materi atau ringkasan dari kelas 10 sampai 12. 

Bentuk dari buku ini pun dirasa cukup kecil dan cukup untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, materi di dalam buku ini juga cukup ringkas dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang linjur.

Buku ini tersedia sesuai dengan materi peminatan dari SAINTEK dan SOSHUM. Mulai dari fisika, biologi, sampai sosiologi tersedia sangat lengkap dan ringkas.

7. SKS Kuasai IPS

Yups, selanjutnya adalah buku yang dikeluarkan dari SKS atau Sistem Kebut Semalam. Buku ini sebenarnya juga hadir dengan versi SAINTEK guys. Nah, apa sih keunggulan dari buku SKS ini? Jelas, buku ini punya materi SOSHUM dari kelas 10-12 secara super lengkap guys

Jadi, buku ini highly recommended banget buat kamu yang lintas jurusan dan harus mempersiapakan banyak materi maupun soal untuk pengerjaan TPA di tahun depan guys. So, kalau smart book di atas menyediakan berbagai macam variasi berbeda tiap bukunya sesuai dengan mata pelajaran, SKS ini udah lengkap dalam 1 buku guys

8. SOSHUM pocket rumus

Buku ini khusus buat kamu yang ingin masuk jurusan SOSHUM guys. Bisa dibilang ini adalah gabungan antara smart book dengan SKS IPS. Kenapa? Bentuknya pocket rumus ini kecil guys, cukup banget kalau dimasukan ke dalam tas maupun dibawah kemana-mana. Namun, walaupun kecil buku ini bisa dibilang super lengkap juga lho guys.

Penjelasan yang ada di buku ini terhitung lengkap dan detail guys. Jadi, kamu ga perlu khawatir untuk tetap produktif walaupun lagi di luar rumah. Pocket SOSHUM ini bisa banget nemenin kamu dan jadi solusi untuk belajar materi IPS dengan ringkas. 

9. Grand Master TPS

Nah, pastinya kamu udah ga asing dong dengan kabar kalau tahun 2021 tidak ada TPA. Melainkan soal UTBK hanyalah TPS aja nih guys. Nah, Grand Master ini hadir untuk membantumu dalam mengasah kemampuan untuk mengerjakan berbagai macam soal TPS.

Selain itu guys, mengerjakan soal TPS juga memerlukan trik yang bisa diasah ketika kamu mengerjakan soal-soal baru setiap harinya.

Keunggulan dari Grand Master sendiri ialah soal-soal di dalamnya yang cukup akurat lho guys. Soalnya juga variatif banget, jadi bisa nih untuk menambah tipe-tipe soal yang kamu butuhkan dalam mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

10. The King TPS

Terakhir, untuk buku yang bisa banget nih bantuin kamu dalam mengerjakan TPS adalah The King TPS. Buku satu ini khusus bagi kamu yang ingin mempelajari berbagai macam soal TPS.

The King TPS hadir untuk membantumu memecahkan berbagai soal dengan penjelasannya yang sangat mudah. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi buku yang dapat membantumu dalam mempersiapkan UTBK guys! Bahkan buku-buku di atas dapat dengan mudah ditemukan di toko buku terdekat sampai berbagai toko online. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Stop Insecure! Yuk, Kenalan Dengan Metode Deliberate Practice

Ada dong di sini yang merasa insecure sama kemampuannya sendiri? Mungkin juga sering memba…