Daftar Sekolah Seni Terbaik di Indonesia, dari Aceh sampai Sumatera Barat!

Apakah kamu pernah mendengar nama Affandi Koesoma, Leornado Da Vinci, atau mungkin Michelangelo? Apabila kamu tak asing dengan beberapa tokoh di atas, maka kamu juga tahu dong apabila sederet nama tersebut merupakan seorang seniman yang karyanya mendunia. Seni menjadi salah satu ilmu pengetahuan paling unik dan keren yang pernah penulis ketahui. Hal ini dikarenakan engga sembarangan orang bisa memahami suatu karya seni guys

Nah, ada ga nih di antara kamu yang tertarik untuk menjadi seniman? Mungkin pelukis, penari, pemain teater, dan cabang seni lainnya? Apabila iya, kali ini penulis ingin membagikan beberapa sekolah seni terbaik yang ada di Indonesia nih guys. Tenang aja, sekolah seni ini tersebar di seluruh Indonesia kok. So, langsung aja yuk kepoin beberapa sekolah seni terbaik yang ada di Indonesia guys!

Daftar Sekolah Seni Terbaik di Indonesia 

Daftar Sekolah Seni Terbaik
Photo by Gabby K on Pexels.com

1. Institut Kesenian Jakarta

Pertama, ada salah satu sekolah seni di Indonesia yang kerap dipanggil dengan sebutan IKJ. Kampus satu ini terletak di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini. Institut ini telah melahirkan berbagai seniman keren di Indonesia lho. Ada Hanung Bramantyo salah satu sutradara terkenal di Indonesia yang melahirkan film luar biasa berjudul Bumi Manusia sampai Kemal Palevi yang kini menjadi salah satu Youtuber sukses di Indonesia.    

Institut Kesenian Jakarta atau IKJ memiliki 3 fakultas dengan beberapa jurusan di dalamnya. Fakultas pertama ialah seni rupa atau biasa disebut FSR yang memiliki program studi seni murni, seni kriya, dan jurusan desain. Kedua, FSP atau Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari seni teater, musik, tari, sampai etnomusikologi. Terakhir, ada FFTV atau Fakultas Film dan Teleisi yang terdiri dari film, televisi, dan fotografi. 

Baca Juga:  5 Alasan Mahasiswa di D.O dari Kampus

2. Institut Seni Jogjakarta

Beralih ke kota pelajar dengan segudang sekolah sampai kampus kenamaaan. Kali ini ada sekolah khusus seni yang selalu ramai pendaftar tiap tahunnya yakni Institut Seni Jogjakarta atau sering disebut ISI Jogja. Istitut ini memiliki 3 fakultas dengan 1 fakultas untuk pasca sarjana atau S2 gengs. Jurusan yang ada di ISI Jogja juga lebih banyak dibandingkan sekolah seni lainnya. 

Di sini ada fakultas seni pertunjukkan yang memiliki 9 program seni untuk S1 dan 1 program seni untuk D4. Bahkan kamu juga bisa mempelajari pendidikan seni pertunjukkan di ISI Jogjakarta guys. Untuk fakultas seni rupa sendiri terdiri dari 6 program studi dan 1 program studi bagi D3, sedangkan untuk program pasca sarjana terdiri dari magister penciptaan dan pengkajian seni sampai magister tata kelola seni. 

3. Institut Seni Denpasar

Selain Jogjakarta, salah satu tempat di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan hingga melahirkan seniman hebat ialah Bali. Bali juga memiliki institut seni yang akrab disebut sebagai ISI Denpasar. Sekolah seni ini memiliki 2 fakultas yang terdiri dari fakultas seni pertunjukkan dan seni rupa & desain.  

Program studi yang ditawarkan pun terdiri dari seni tari, pendalangan, karawitan, seni murni, sampai desain interior, desain mode, dan desain komunikasi visual atau yang sering disebut sebagai DKV. FYI, ISI Denpasar juga termasuk ke dalam salah satu kampus terbaik di Indonesia lho guys.  

4. ITB

Siapa bilang ITB hanya kampus bagi kamu yang ingin masuk jurusan teknik saja? Ternyata di ITB juga ada fakultas khusus seni yaitu fakultas seni rupa dan desain atau FSRD. Fakultas ini memiliki beberapa program studi guys! Mulai dari seni rupa murni, desain, sampai sosioteknologi. 

Baca Juga:  5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Akan tetapi, kamu juga perlu tahu nih guys, untuk masuk FSRD sendiri kamu memerlukan nilai yang cukup tinggi. Jurusan ini pun hanya menerima anak-anak yang mengambil UTBK SAINTEK ya Kawan. Selain itu, biasanya untuk kamu yang ingin masuk FSRD maka diperlukan portofolio terkait bakat yang dimiliki.

5. Institut Seni Surakarta

Next, kita ke Surakarta. Salah satu tempat yang juga memiliki banyak sanggar tari sampai teater terkenal guys. Ada sanggar tari Soerya Soemirat sampai Teater Soekamto. ISI Surakarta memiliki beberapa program studi seperti seni tari, karawitan, seni murni, televisi dan film, sampai fotografi. Program studi tersebut ditujukan untuk S1.

Sementara untuk D4, terdiri dari jurusan batik dan senjata tradisional dan program pasca sarjana yakni S2 dan S3 penciptaan seni. ISI Surakarta juga memiliki sederet prestasi yang membanggakan lho. Mulai dari prodi DKV yang berhasil menjuarai ajang Krenova tingkat kota sampai medali emas di ajang pencak silat pada tahun 2019. 

6. Institut Seni Budaya Bandung

Beralih ke kota Bandung, salah satu tempat yang cukup digandrungi pelajar untuk menimba ilmu. ISBI Bandung memiliki 3 fakultas dengan 1 fakultas pasca sarjana. Untuk program pasca sarjana sendiri ISBI hanya menawarkan program studi seni rupa. 

Sementara pada taraf undergraduate, ISBI memiliki Fakultas tersebut ialah Fak. Budaya dan Media yang memiliki 2 program jurusan yakni antropologi dan film. Fakultas seni pertunjukkan yang menawarkan program studi teater, drama, tari, dan musik. Terakhir, ada Fakultas Seni Rupa dan Desain yang memiliki program studi seni rupa dan tata busana. Bagaimana, apakah kamu tertarik mendaftar?

7. Institut Seni Padang Panjang

Yuk, ke Sumatera Barat! Tepatnya di kota Padang Panjang terdapat sebuah institut seni yang tak kalah kerennya lho. Institut Seni Padang Panjang atau yangs sering disebut sebagai ISI Padang Panjang ini menawarkan 2 fakultas guys

Baca Juga:  5 Situs Kuliah dan Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa

Pertama, ada seni pertunjukkan yang terdiri dariprodi seni karawitan, tari, musik, dan teater. Kedua, ada prodi seni kriya, televisi & film, seni murni, fotografi, sampai DKV. ISI Padang Panjang sendiri terkenal dengan seni tari, kriya, dan karawitan yang memiliki akreditasi A guys!

8. Institut Seni Budaya Aceh

Terakhir, ada Institut Budaya Aceh yang terletak di Kota Jantho . ISBI Aceh sendiri tergolong sebagai salah satu institut seni baru di Indonesia guys. Kampus ini baru diresmikan pada tahun 2014 oleh presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. 

ISBI Aceh memiliki 2 fakultas yang terdiri dari FSP atau Fakultas Seni Pertunjukkan dan FSRD atau Fakultas Seni Rupa dan Desain. Untuk program studi, FSP memiliki 3 prodi yaitu seni karawitan, seni tari, dan teater. Sementara FSRD menawarkan program seni murni (rupa, lukis, dan grafis) dan seni kriya (kriya kayu, logam, keramik, sampai kulit). 

Yap, di atas ialah beberapa sekolah seni yang ada di Indonesia guys. Mulai dari yang diujung Indonesia yakni Aceh sampai beragam sekolah seni di Pulau Jawa nih. Buat kamu yang ingin masuk ke sekolah seni, maka jangan lupa untuk memastikan apa saja yang akan dipelajari dalam prodi yang kamu ambil. Ingat guys, sekolah seni umumnya memiliki sistem pembelajaran yang sedikit berbeda daripada universitas atau kampus pada umumnya. 

Selamat Mendaftar Kawan!    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Alasan Bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy, Solusi Pra-Kerja di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi seperti ini, kita tidak hanya diterpa masalah kesehatan saja. Melainkan …