Info Jurusan Agribisnis Super Lengkap, Mulai dari Mata Kuliah Sampai 4 Prospek Pekerjaan Terbaik

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran via daring ya. Tahu ga sih kalau Indonesia termasuk sebagai salah satu negara agraris di dunia? Yap, negara agraris merupakan negara yang sebagian besar penduduknya bekerja di pertanian.

Berhubung Indonesia termasuk ke dalam negara agraris, maka kali ini penulis mau membagikan berbagai info jurusan agribisnis. Waduh, jurusan apa sih? Oke deh, kamu yang penasaran langsung simak ulasan di bawah ini ya!

Kenalan Yuk dengan Jurusan Agribisnis

info jurusan agribisnis
country countryside farming farmland field food fresh fruit background textured wallpaper inspiration design Australia

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan jurusan yang satu ini nih. Gapapa gengs, penulis akan mengenalkan ke kamu berbagai info jurusan agribisnis secara lengkap pake banget hehehe.

So, kita mulai dengan kenalan dulu! Mendengar nama agribisnis, pasti terbayang di benak kamu dua kata ‘agri’ dan ‘bisnis’ bukan? Yap, kamu betul banget gengs. Jadi, agribisnis merupakan jurusan yang menggabungkan agri (pertanian) dengan kemampuan berbisnis.

By the way, kalau ngomongin pertanian pasti pikiran pertamamu melayang ke sawah-sawah hijau di pedesaan yang sejuk bukan? Tepat banget, tetapi jangan sampai salah persepsi kalau jurusan agribisnis lulus jadi petani ya.

Info jurusan agribisnis yang harus banget kamu inget nih, kalau jurusan ini memanfaatkan pertanian sebagai cabang bisnis yang dapat dikembangkan secara terus-menerus guys.

So, kamu akan mempelajari mulai dari proses produksi, pengelolahan tanah sawah, sampai manajemen bisnis juga.

Baca Juga:  Daftar PTN S1 Psikologi Terakreditasi A di Indonesia

Wah, luas banget bukan? Yap, jurusan agribisnis termasuk prodi multidisipliner yang artinya mempelajari banyak ilmu IPA maupun IPS secara bersamaan. Masih kepo tentang info jurusan agribisnis lainnya? Yuk, lanjut scroll ya!

Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

info jurusan agribisnis
young technical woman working in a field of lettuces with a folder

1. Ekonomi

Nah, di atas kan penulis sempat singgung bahwa jurusan ini termasuk ilmu multidispliner bukan? So, wajar kalau kamu akan mempelajari ekonomi walaupun jurusan agribisnis termasuk dalam kategori SAINTEK.

Mata kuliah ekonomi akan sangat membantumu untuk menjalankan bisnis dengan baik dan efisien gengs. Jadi, mulai dari dinamika pasar khususnya di bidang agraris, lalu bagaimana cara bernegosiasi, sampai pemasaraan produk akan kamu pelajari secara mendalam.

2. Biologi

Info jurusan agribisnis selanjutnya ialah mata kuliah biologi yang menjadi temanmu selama berkuliah di prodi ini. Yap, setelah mempelajari ilmu sosial maka kamu perlu belajar ilmu sains juga gengs.

Di jurusan agribisnis, biologi menjadi salah satu mata kuliah utama selain ekonomi guys. Banyak pelajaran mengenai botani yang akan kamu temui di sini. Khususnya untuk tanaman pertanian atau hortikultura.

By the way, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari ilmu pangan sedikit-sedikit gengs. Yah, 1-2 SKS mengenai ilmu pangan dan gizi juga.

3. Sosiologi

Wuih-wuih, memang kompleks banget jurusan satu ini. Next, info jurusan agribisnis yang wajib kamu ingat nih kalau jurusan ini juga mempelajari antropologi masyarakat Indonesia sebagai negara agraris lho.

Ga hanya itu, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah tentang kependudukan, sosiologi dasar, maupun usaha pertanian di Indonesia. Gimana? Masih semangat ya untuk masuk jurusan satu ini?

4. Kimia

Kembali ke mata kuliah SAINTEK, selain biologi kamu juga akan bertemu sedikit banyak pelajaran kimia. Kimia yang diajarkan engga yang rumit-rumit kok. Hanya pengantar ilmu kimia dan kimia dasar saja.

Baca Juga:  Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Di jurusan ini, kimia bermanfaat untuk mengetahui obat-obatan yang tepat dalam membasmi hama kemudian berbagai pestisida yang mungkin berbahaya atau dianjurkan pada tanaman pertanian gengs.

Universitas dengan Jurusan Agribisnis Terbaik

info jurusan agribisnis
Sumber: Jawapos.com

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas dengan jurusan agribisnis terbaik pertama jatuh kepada IPB. Yap, Institut Pertanian Bogor ini memiliki progdi agribisnis yang bagus banget gengs. FYI, jurusan agribisnis di IPB termasuk salah satu jurusan favorit juga lho.

2. Universitas Brawijaya (UB)

Next, info jurusan agribisnis kali ini mengenai universitas dengan jurusan agri terbaik. Di urutan kedua ada Universitas Brawijaya. Bertempat di Malang, Jawa Timur, jurusan ini emang cocok banget menjadi rumah bagi anak-anak agribisnis.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Yup, UGM sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia juga gamau kalah nih gengs. Jurusan agribisnis di UGM sendiri termasuk dalam progdi yang memiliki banyak peminat. Bahkan mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Di sini jurusan agribisnis termasuk ke dalam Faperta atau Fakultas Pertanian. Ga hanya itu gengs, menurut salah satu alumni UGM jurusan agribisnis UGM juga mempelajari klimatologi di awal semesternya.

4. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Info jurusan agribisnis berkaitan dengan universitas yang terakhir ada UNPAD. Yap, UNPAD atau Universitas Padjajaran memiliki akreditasi A lho! FYI, untuk masuk ke agribisnis UNPAD maka kamu wajib memiliki skor paling tidak 625 ke atas gengs.

Prospek Pekerjaan Jurusan Agribisnis

info jurusan agribisnis
Farmer harvesting in the greenhouse

1. Wirausaha

Info jurusan agribisnis yang penulis denger dari alumni ialah kebanyakan lulusan jurusan ini bekerja sebagai wirausaha guys. Yap, kurang apalagi deh? Mulai dari ekonomi, manajemen, sampai ilmu pertanian di pelajari lho

Jadi, ketika lulus kebanyakan lulusan agribisnis langsung membangun usaha pertanian. Mulai dari obat-obatan pertanian, membuka toko pupuk, memberdayakan berbagai tanaman hortikultura, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  iLab Gunadarma: Fasilitas Laboratorium Kebanggaan Gunadarma

2. Manajer di perusahaan pertanian

Yup, penulis singgung sedikit di atas mengenai mata kuliah manajemen dan ekonomi yang akan ditemui para mahasiswa jurusan agribisnis. Hal ini membuat prospek pekerjaan sebagai manajer perusahaan pertanian sangat besar gengs.

Perusahaan pertanian di Indonesia juga banyak lho! Kebanyakan hanya low profile aja. Padahal perusahaan tersebut melakukan kegiatan produksi sampai distribusi di seluruh Indonesia maupun ekspor-impor.

So, seorang manajer lulusan agribisnis pasti dibutuhkan di banyak perusahaan. Pertama, mereka paham mengenai objek yang diperjual-belikan. Kedua, lulusan agribisnis mendapat pelajaran khusus mengenai manajemen dan dinamika pasar.

3. Dosen

Next, info jurusan agribisnis berikutnya yaitu prospek pekerjaan sebagai dosen. Terhitung ada cukup banyak kampus yang membuka jurusan satu ini gengs. Selain itu, peminat jurusan agribisnis juga meningkat lho setiap tahunnya.

So, prospek pekerjaan sebagai dosen sangat cocok untuk kamu lulusan agribisnis yang juga tertarik untuk mengajar. Umumnya sih, para dosen mengajar di tempat mereka menimba ilmu dulu. Entah sewaktu S1 maupun S2.

4. Peneliti LIPI

Info jurusan agribisnis yang terakhir nih, ada prospek pekerjaan sebagai peneliti LIPI. Apakah kamu termasuk orang yang senang melakukan penelitian, membaca ribuan jurnal, dan melakukan pengembangan?

Yap, kamu juga bisa lho menjadi seorang peneliti. Melihat kamu ga hanya mempelajari ilmu biologi aja, melainkan juga ilmu antropologi yang mempelajari bagaimana pola kehidupan manusia negara agraris.

Nah, itu tadi info jurusan agribisnis yang sudah penulis rangkum dengan super lengkap. Penulis harap untuk kamu yang tertarik masuk jurusan ini dapat belajar sungguh-sungguh ya! Semangat guys, kamu pasti bisa kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…