6 Resolusi Tahun Ajaran Baru Untuk Pelajar, Yuk Mulai Produktif dari Sekarang

Hai gengs! Gimana nih kabarnya? Nggak kerasa, udah masuk tahun ajaran baru nih. Nah, kalau udah masuk tahun ajaran baru, kita juga harus punya resolusi dong. Masa dari tahun ke tahun, kita berasa sama terus, kan bosen ya hehe.

Di bawah ini, mimin udah rangkum beberapa resolusi tahun ajaran baru untuk pelajar yang bisa kamu terapin untuk nambah semangat belajarmu! Cekidot!

Daftar Isi

Resolusi Tahun Ajaran Baru untuk Pelajar

1. Lebih Aktif Ikut Kegiatan di Sekolah atau Luar Sekolah

resolusi tahun ajaran baru untuk pelajar
Small group of adolescent students are having a conversation in youth club.

Nah, kamu harus punya resolusi yang satu ini nih! Aktif ikut kegiatan baik di luar maupun di dalam sekolah itu bagus loh, khususnya untuk nambah pengalaman. Hmm, mimin tau sih kalau di masa pandemi ini, banyak aktivitas yang dibatasi. Namun, kalau kamu berusaha untuk lebih aktif ternyata ada banyak jalan terbuka loh buat kalian hehe.

Nah, kegiatan yang bisa kamu ikutin salah satunya adalah lomba. Mimin yakin banyak lomba online yang diadakan oleh sekolah kalian. Contoh yang paling simpel nih, lomba 17 Agustus. Biasanya sekolah ngadain beberapa lomba kayak bikin poster, menyanyi, menggambar, bahkan ada lomba bikin Tiktok loh!

Lomba-lomba itu bisa coba kamu ikuti. Lumayan, selain untuk nambah pengalaman, kamu bisa mengasah kemampuan dan skill kalian loh. Eits, kalau lomba, jangan takut kalah ya. Kalah menang waktu lomba udah biasa kan gengs? Jangan mudah nyerah ya!

Baca Juga:  Perjuangan Seorang Guru Honorer yang Ikhlas Mengabdi

2. Tentukan Target

Apa sih arti hidup kalau kita nggak memiliki target? Setuju nggak gengs? Target itu penting banget loh, apalagi buat kita semua yang masih pelajar. Kalau dari awal kita udah nentuin target, pasti kita bakal termotivasi untuk mencapai tujuan kita.

Akan tetapi, kalau udah nentuin target, kamu juga harus berjuang supaya sampai ke tujuan yang diinginkan. Jangan pernah berhenti di tengah jalan, keep going! Contoh target belajar ala mimin nih, misalnya kamu menargetkan untuk dapat nilai sembilan ke atas untuk mata pelajaran kimia. Otomatis, kita harus belajar tekun dong.

Contoh yang lain, di tahun ajaran baru, kamu pengen supaya nilai beberapa pelajaran yang biasanya rendah bisa naik, karena nilai itu akan memengaruhi masuknya kamu ke universitas. Nah, kalian juga harus bersungguh-sungguh belajar kan biar tercapai? Fighting gengs!

3. Kurangi Kebiasaan Menunda

resolusi tahun ajaran baru untuk pelajar
Rubber stamp and business cards with the text postponed. Delayed event announcement concept. 3D illustration.

Hayo, siapa disini yang pengen harinya produktif? Semua pasti mau lah ya. Nah, kalau niatnya pengen produktif dan mengubah diri di tahun ajaran baru, coba deh kurangi kebiasaan yang satu ini. Apalagi kalau bukan menunda?

Yap, menunda ini adalah kebiasaan yang harus kamu buang jauh-jauh dari hidup, apalagi kalau kamu punya resolusi untuk menjadi orang yang lebih produktif. Kebiasaan menunda bisa bikin pekerjaanmu jadi tambah banyak, kita semakin panik karena dikejar deadline, dan terburu-buru.

Hasilnya apa? Pekerjaanmu jadi nggak maksimal deh. Nggak mau kayak gitu kan gengs? Nah, kalau nggak mau kayak gitu, kurangi kebiasaan menunda ya gengs! Nggak rugi kok, kalau kita bisa ngelakuin sesuatu tanpa ditunda.

4. Hemat

Nah, hal satu ini bisa kamu jadiin resolusi ya! Meski terlihat muda, tapi nggak semua orang bisa berhemat loh. Bahkan, beberapa orang mengatakan kalau berhemat itu susah. Namun, nyatanya nggak kok gengs! Asalkan kita punya niat dan tekad.

Baca Juga:  6 Pelajaran Dari Lagu No More Dream

Hemat itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti mematikan lampu kalau nggak digunakan, mematikan keran air apabila selesai dipakai, dan masih banyak lagi.

Khususnya di masa seperti sekarang, pasti banyak dari kamu yang mungkin terdampak ekonominya terutama orang tua. Nah, kamu bisa nyoba untuk ngurangi beban mereka dengan berhemat.

Banyak cara untuk berhemat loh, misalnya nabung, nggak belanja untuk hal-hal yang memang tidak perlu, atau bisa juga dengan membiasakan diri untuk makan di rumah. Dijamin lebih sehat dan hemat. Iya nggak gengs?

5. Eat More Healthy Food

resolusi tahun ajaran baru untuk pelajar
Healthy food clean eating selection: fish, fruit, vegetable, seeds, superfood, cereals, leaf vegetable on gray concrete background copy space

Yang satu ini bisa banget kalian jadiin resolusi! Buat kamu yang ngerasa selama ini hobi makan junk food, nggak ada kata terlambat untuk berubah kok hehe. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, makanan sehat itu penting banget loh untuk meningkatkan imun.

Buat kamu yang belum terbiasa, mungkin hal ini susah dilakuin ya. Tapi percaya deh gengs, kalau kamu ada niat semua pasti bisa. Kata siapa makan dan hidup sehat harus mahal?

Makan sehat itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti ganti cemilan dengan buah, makan nasi dengan protein dan sayur, minum banyak air putih, dan masih banyak lagi deh. Jangan terlalu sering jajan juga apalagi jajan makanan yang tinggi gula atau garam. Yuk gengs, nggak ada kata terlambat untuk mengubah pola makan. Semangat!

6. Mengembangkan Bakat dan Kemampuan

Nah, hal satu ini jangan kamu tunda-tunda lagi deh! Selagi masih pelajar, kita harus benar-benar menemukan apa bakat dan minat kita supaya kita bisa kembangkan dan maksimalkan lagi. Kalau kita udah nemuin apa bakat kita, pasti kita lebih gampang ke depannya seperti lebih mudah milih jurusan dan mencari pekerjaan.

Baca Juga:  Dedi Corbuzier: Sekolah? Gak Guna!

Pasti enak kan kalau kita punya pekerjaan yang sesuai dengan bakat kita. Cara tau bakat dan minat kita gimana? Sebenernya, itu bisa dilihat dari hal-hal kecil. Coba tanya ke dirimu. Kamu punya hobi apa? Kalau weekend, kamu suka ngapain? Kamu lebih semangat saat ngapain?

Nah, pertanyaan simpel itu bisa coba kalian tanyakan ke dirimu. Kalau masih bingung, coba deh tanya ke orang terdekat atau kalau masih tetep bingung, kamu bisa coba ikut tes bakat minat. Know your passion. Follow it, dream it, live it.

Nah, itu tadi yang bisa mimin sampein. Sebagai pelajar, kita nggak boleh berhenti berkarya. Apalagi di masa sekarang. Pandemi nggak bikin semangat kita jadi pudar, kan gengs? Yuk sama-sama berdoa, semoga di tahun ajaran baru, semakin banyak hal baik yang terjadi. Stay safe and healthy gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Cara Mengatur Keuangan bagi Pelajar Paling Efektif

Hai gengs! Gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang sehat ya. Nah, seperti ya…