Info Jurusan Akuakultur Untuk Kamu Pecinta Ikan! Ops, Ada 4 Prospek Paling Menguntungkan di Jurusan ini!

Ada ga sih di antara kamu yang memelihara ikan cupang? Hehe, semenjak pandemi budidaya ikan cupang sepertinya meningkat di kalangan masyarakat Indonesia nih. Ga tanggung-tanggung, dari remaja sampai orang tua turut memelihara ikan hias satu ini. Nah, siapa nih di antara kamu yang sepertinya tertarik banget untuk mendalami budidaya ikan?

Kebetulan banget gengs! Kali ini penulis ingin membagikan beberapa info jurusan akuakultur khusus untuk kamu penggemar ikan. Yap, siapa tahu kan dari hobi bisa menjadi pekerjaan. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung simak ulasan di bawah ini ya gengs!

Kenalan Dulu Dong Dengan Jurusan Akuakultur

info jurusan akuakultur
Drone point of view over a large fish farm, organic aquaculture and freshwater fishing.

Jurusan akuakultur mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar dari kamu nih. Nama lain dari jurusan ini ialah budidaya perairan. Yap, pastinya cocok banget untuk kamu yang lagi kegandrungan memelihara berbagai jenis ikan.

Jurusan ini tergolong sedikit peminat gengs. Padahal kamu harus ingat kalau Indonesia sendiri disebut sebagai negara maritim. Artinya, sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut. Nah, coba bayangkan, seberapa besar prospek pekerjaan yang bisa kamu lakukan apabila mengambil jurusan ini di Indonesia?

Tentunya sangat besar bukan. Info jurusan akuakultur lainnya ialah jurusan ini tidak memiliki banyak mata kuliah perhitungan walaupun termasuk dalam kategori SAINTEK. So, gimana? Apakah kamu tertarik buat mempelajari jurusan ini guys?

Belajar Apa Aja Sih di Jurusan Akuakultur?

info jurusan akuakultur
Young female worker of trout farm watching fish in pools, writing in notebook

1. Biologi

Yap, info jurusan akuakultur yang pertama ialah sebagian besar mata kuliah di sini ialah biologi. Kamu yang menyukai biologi pastinya cocok banget untuk masuk jurusan ini guys.

Nah, mendengar kata biologi pasti kamu kepikiran mengenai jurusan kedokteran bukan? Jangan salah gengs! Biologi di jurusan ini mempelajari zoologi terutama mengenai biota laut sampai ekologi.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Ga hanya itu, selayaknya dokter yang mempelajari penyakit pada manusia, kamu juga akan mempelajari berbagau parasit maupun penyakit yang menyerang ikan dan biota laut. Wah, menarik banget bukan?

2. Kimia

Waduh, pasti kamu langsung membayangkan berbagai perhitungan rumit beserta nama-nama unsur kimia yang memusingkan bukan? Eits, tenang aja gengs. Kimia yang akan dipelajari di jurusan ini ga serumit itu kok.

Fokus kimia di jurusan akuakultur ialah kimia organik Kawan. Kamu akan mempelajari berbagai reaksi dari senyawa organik seperti karbon, oksigen, maupun nitrogen gengs. Oh iya, ga lupa kamu juga akan mempelajari berbagai enzim sampai nutrisi yang baik untuk ikan lho!

3. Manajemen

Pasti sebagian dari kamu langsung berpikir, “Lho ini kan jurusan SAINTEK, kok ada mata kuliah SOSHUM juga sih?” Tenang gengs! Sebelum masuk jurusan ini, kamu wajib tahu salah satu info jurusan akuakultur paling menarik nih.

Yap, walaupun jurusan akuakultur termasuk ke dalam kategori SAINTEK, ternyata ada  beberapa mata kuliah SOSHUM di dalamnya. Pertama, manajemen. Kedua, Ilmu ekonomi dasar.

Mata kuliah ini berguna dalam proses pembudidayaan ikan. Kamu juga akan mempelajari beberapa dasar wirausaha biota laut guys. Karena dalam budidaya kamu ga hanya fokus pada kesehatan dan penangkaran ikan aja, melainkan juga sampai proses pendistribusian biota laut.

4. Oseanografi

Jangan salah sangka dulu ya gengs! Oseanografi yang diajarkan di sini cukup berbeda dengan yang ada di jurusan oseanografi gengs. Tenang, ga ada fisika, mekanika fluida, maupun perhitungan gelombang yang rumit di sini, hehehe.

Nah, kamu wajib banget mempelajari dasar oseanografi di sini. Yap, cukup dasar-dasarnya aja gengs. Seperti pengenalan tentang laut, unsur-unsur yang ada di dalam laut, sampai mikrobiologi sekaligus ekologi perairan.

Baca Juga:  7 Alasan Memilih Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Universitas dengan Jurusan Akuakultur Terbaik di Indonesia

info jurusan akuakultur
Interior Of Busy University Campus Building With Students

1. Universitas Brawijaya

Info jurusan akuakultur berikutnya ialah tentang universitas dengan jurusan budidaya perairan terbaik di Indonesia. Yap, di peringkat pertama terdapat kampus yang berada di Malang, Jawa Timur nih.

Untuk masuk ke jurusan akuakultur di Universitas Brawijaya, kamu wajib memiliki skor UTBK minimal 610. Yap, walaupun termasuk ke dalam jurusan dengan passing grade rendah di UB, tetapi penulis sarankan jangan sampai sepelekan nilai UTBK-mu apabila ingin masuk ke jurusan ini ya guys.

2. Universitas Diponegoro

Next, kita beralih ke salah satu universitas yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Universitas Diponegoro atau akrab disapa UNDIP, merupakan salah satu perguruan negeri bergengsi di Indonesia gengs.

Untuk masuk ke jurusan akuakultur di UNDIP, maka kamu memerlukan skor UTBK minimal 590. So, jangan lupa untuk belajar sungguh-sungguh ya guys!

3. Universitas Airlangga

Yap, universitas dengan jurusan akuakultur terbaik kali ini berasal dari Jawa Timur gengs. Jurusan akuakultur di UNAIR memerlukan nilai UTBK minimal 580, untuk bisa masuk ke jurusan ini guys.

Prospek Pekerjaan Jurusan Akuakultur

info jurusan akuakultur
Female worker working in fish farm, giving food to fish in storage tanks.

1. Wirausaha

Yap, info jurusan akuakultur ini udah menjadi rahasia umum gengs. Kebanyakan lulusan dari jurusan ini memang memilih pekerjaan sebagai wirausaha. Kenapa? Karena ada banyak mata kuliah yang menunjang profesi wirausaha.

Mulai dari pengenalan mendalam mengenai biota laut, berbagai budidaya penangkaran sampai perawatan, dan ga ketinggalan mata kuliah manajemen maupun ekonomi yang menjadi paket komplit untuk menjadi wirausaha.

Hal ini juga berbanding lurus dengan banyaknya biota laut Indonesia yang bisa dibudidayakan gengs. Ga hanya itu, sisi positif dari pekerjaan ini ialah kamu juga mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di luar sana.

Baca Juga:  5 Jurusan IPA Paling Diminati Tahun 2021, Prospeknya Sangat Menjanjikan

2. Dosen

Yap, seperti halnya semua jurusan di dunia perkuliahan yang membutuhkan pengajar maka prospek pekerjaan sebagai dosen bisa menjadi salah satu referensi untukmu guys. Tentunya apabila kamu memiliki skill untuk mengajar maka pekerjaan satu ini sangat tepat untukmu guys!

Oh iya, kamu yang tertarik mendalami ilmu tentang budidaya perairan juga bisa mengambil kuliah lanjutan untuk gelar master gengs. Toh, ada banyak kesempatan beasiswa apabila kamu sungguh-sungguh Kawan!

3. Peneliti

Next, info jurusan akuakultur berkaitan dengan prospek pekerjaan ialah kebutuhan peneliti di bidang biota laut bagi Indonesia. Yup, sebagai negara maritim pekerjaan satu ini memang berpeluang besar.

Setiap harinya ada banyak ikan, udang, kerang, maupun biota laut yang terus mengalami pembaharuan. Bahkan tak jarang ada banyak penemuan spesies baru yang tentunya membutuhkan peran besar peneliti.

Ga hanya itu gengs, kamu yang tertarik dengan rekayasa teknologi juga bisa bekerja di sektor penelitiaan. Tentunya untuk membantu masyarakat Indonesia dalam memajukan teknologi di bidang kelautan.

4. Staff Kementerian Kelautan

Nah, prospek pekerjaan yang terakhir ini khusus untuk kamu yang ingin berkarier di bidang pemerintahan dan negara nih. Sebagai lulusan akuakultur, tentunya kamu sangat dibutuhkan oleh Kementerian Kelautan gengs.

Kamu bisa menjadi staff yang menangani masalah budidaya biota laut maupun turun ke lapangan langsung untuk mengobservasi perkembangan budidaya laut di Indonesia. Hal ini akan menyenangkan banget untuk dilakukan karena kamu akan bertemu langsung dengan nelayan sampai menikmati keindahan laut Indonesia guys.

Nah, itu tadi berbagai info jurusan akuakultur yang menarik banget untuk diketahui. Yah, walaupun jurusan ini termasuk low profile, tetapi ada banyak peluang dan prospek yang bisa kamu dapatkan apabila belajar dengan sungguh-sungguh.

So, tunggu apa lagi? Mantapkan dirimu dan jangan lupa tetap belajar ya gengs! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…