8 Jenis Kecerdasan Manusia Beserta Ciri-Cirinya, Kamu yang Mana Nih?

Halo guys! Apa kabarnya nih? Tanpa terasa udah memasuki akhir tahun 2020 saja nih! Nah, ngomongin akhir tahun tentunya kamu udah ga asing juga dengan berbagai resolusi untuk 2021 kan?

By the way nih, kali ini aku mau share beberapa hal soal kecerdasan manusia guys. Jangan salah lho, siapa tahu setelah mengetahui beberapa kecerdasan manusia ini kamu jadi semakin termotivasi untuk mengetahui bakat dan minatmu secara mendalam guys

Hal ini juga penting untuk diketahui lho guys! Tentunya setelah mengetahui bakat atau minatmu secara alamiah maka di tahun 2021 nanti kamu bisa semakin termotivasi dan menjadi pribadi yang lebih berkembang guys. Oke, langsung aja ya simak ulasan di bawah ini!

Kenalan Yuk Dengan 8 Jenis Kecerdasan Manusia

So, sebelum mengenal 8 jenis kecerdasan manusia ga ada salahnya untuk mengetahui sedikit sejarah mengenai 8 kecerdasan ini. Semua berawal dari sebuah buku berjudul Frames id Mind yang ditulis oleh seorang ahli psikolog yang berasal dari Amerika yakni Howard Gardner di tahun 1983. Gardner akhirnya mendefinisikan adanya perbedaan kecerdasaan manusia dan dibagi menjadi 8 kelompok yang berbeda. 

Selanjutnya, Gardner mengembangkan penelitian ini dan memasukkannya ke dalam berbagai ilmu pengetahuan yang lebih umum untuk kita kenali guys. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa setiap manusia paling tidak memiliki 1 jenis kelebihan ini.

Lalu buat kamu yang bertanya dari mana kecerdasan ini berasal? Jawabannya adalah berasal dari genetika yang akhirnya dikembangkan melalui setiap pengalamanmu guys

Jadi, bisa dikatakan lho bahwa setiap manusia yang terlahir di dunia ini memiliki kecerdasan masing-masing. Jangan insecure atau merasa rendah diri lagi ya guys!

Semua karena setiap manusia memiliki kecerdasannya masing-masing. Penelitian ini pada akhirnya dipublikasikan oleh sebuah lembaga Waterford Teacher’s Centre. 

8 Jenis Kecerdasan Manusia

Jenis Kecerdasan Manusia
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Kecerdasan Musik

Kecerdasan manusia yang pertama yakni mengenai musik atau lebih tepatnya kemampuan dalam mengenali irama musik. Kecerdasan ini didapatkan melalui sensitivitasmu dalam mendengar sebuah suara atau getaran.

Baca Juga:  Skill yang Harus Dikuasai Saat Sekolah dan Kuliah

Biasanya nih, kamu yang memiliki kecerdasan ini dapat dengan cepat mengenali sebuah nada, ketukan, sampai pola tertentu dalam musik. Tak hanya itu, kamu dapat dengan mudah beradaptasi untuk memainkan suatu alat musik sampai memiliki kemampuan bermain musik secara otodidak. 

Ciri-ciri lain dari kecerdasan musik ini adalah kamu juga cukup sensitif dalam mendengar berbagai kicauan burung, suarang hujan di atap, sampai pola suara yang berada di sekita kamu. Tak jarang kamu dapat mengenali nada tertentu sampai membuat suatu karya berdasarkan instrument musik tersebu guys!

2. Kecerdasan naturalis

Selanjutnya, ada jenis kecerdasan manusia bernama naturalis. Mungkin sebagian dari kamu masih asing nih dengan kecerdasan satu ini. Secara singkat, kecerdasan ini diartikan sebagai kemampuan dan keterikatan khusus antara manusia dengan alam.

Kamu yang memiliki kecerdasan naturalis akan merasa seperti mengenal dengan akrab, merasa adanya pemahaman tertentu secara alamiah mengenali alam guys

Ciri-ciri lainnya adalah kemampuan secara alami untuk mengenali lingkungan alam secara cepat dan mengklasifikasi berbagai flora maupun fauna.

Namun, kecerdasan naturalis juga bisa ditandai dengan kecintaan terhadap hewan, tumbuhan, sampai objek alam tertentu guys. Salah satu tokoh naturalis yang mungkin sering kamu dengan namanya ialah Charles Darwin.

3. Kecerdasan interpersonal

Next, buat kamu yang senang bertemu orang, melakukan interaksi tertentu, sampai bekerja sama dengan sebuah tim maka bisa jadi kamu termasuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal lho!

Kecerdasan ini bisa disebut sebagai suatu keterampilan khusus yang dimiliki seseorang untuk berkomunikasi atau melakukan suatu hubungan tertentu kepada orang lain guys

Selain itu, kecerdasan interpersonal ini juga biasanya dimiliki oleh seorang ektrovert murni. Di mana mereka senang melakukan aktivitas secara bersama-sama, melakukan kegiatan bersama suatu tim, maupun kemudahan dalam beradaptasi di lingkungan yang baru. Intinya, mereka yang memiliki kecerdasan interpersonal ini adalah seorang komunikator yang baik!

Baca Juga:  10 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan MIPA! Dijamin Sukses di SMA!

4. Kecerdasan kinestik

Wuih, denger kata kinestik harusnya kamu udah ga asing lagi dong guys? kecerdasan satu ini bermula dari kemampuan tubuh untuk mengetahui berbagai kegiatan fisik tanpa pengetahuan secara teoritisnya guys.

Secara sederhana, kamu dapat mengetahui cara bermain bulu tangkis secara tepat atau cara mengendari sepeda sebelum kamu diajari oleh orang tua, guru, atau bahkan pelatih. 

Bagi kamu yang memiliki kecerdasan kinestik ini umumnya menyukai berbagai aktivitas fisik dan ga melulu olahraga ya guys! Bisa juga bermain peran, menari, sampai menciptakan koreografi tertentu lho. Kamu juga paling ahli dalam memainkan gerakan fisik maupun bahasa tubuh guys!

5. Kecerdasan intrapersonal

Kalau di atas sudah ada kecerdasan interpersonal, maka kali ini juga ada kecerdasan intrapersonal guys. Kecerdasan ini bisa disebut sebagai suatu kemampuan khusus seseorang dalam mengenali dan mendalami dirinya sendiri secara tepat.

Sederhananya, kamu dapat berpikir secara lebih kritis mengenai sebuah tujuan, aktivitas, sampai kehidupan secara lebih dalam daripada orang lain. 

Untuk kamu yang memiliki kecerdasan intrapersonal biasanya memiliki suatu kekuatan tersendiri dalam memotivasi diri, memiliki spiritualitas yang tinggi, dan lebih tenang daripada orang di sekitarmu. 

6. Kecerdasan visual

Siapa nih di antara kamu yang dapat dengan mudah mengenali berbagai bentuk unik suatu bangunan sampai membuat berbagai dunia fantasi hanya di dalam kepala? Bagi kamu yang memiliki kemampuan demikian, selamat! Kamu termasuk sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan visual. 

Bagi kamu yang memiliki kecerdasan ini, maka kamu akan secara mudah mengenali suatu bentuk, gambar, tekstur tertentu dan menanamkannya di dalam kepala. Suatu kali dari berbagai objek yang telah kamu lihat, maka kamu juga bisa merekonstruksinya kembali di dalam kepala.

Baca Juga:  Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Kamu yang memiliki kecerdasan ini umumnya unggul dalam memecahkan suatu teka-teki, membawa peta, sampai mengenali berbagai jalan di tempat baru. 

7. Kecerdasan matematis

Pastinya udah ga asing dong dengan kecerdasan satu ini. Umumnya seseorang yang memiliki kecerdasan matematis juga sudah bisa dideteksi dari dini. Biasanya kamu dapat dengan mudah mengenali berbagai pola, angka, sampai berbagai simbol-simbol matematis lainnya guys

Ketika kamu memiliki kecerdasan matematis, biasanya akan diikuti dengan kemampuan untuk berpikir secara konseptual, logis, dan abstrak. Kamu juga bisa dikategorikan sebagai seseorang yang kritis terhadap suatu masalah sampai melakukan eksperimen tertentu. Kamu adalah seorang probem solver paling logis!

8. Kecerdasan verbal linguistil

Terakhir, ada kecerdasan manusia dalam membaca, menulis, dan berbicara. Bagi kamu yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki kemampuan khusus dalam membuat suatu tulisan, berbicara di depan umum, bahkan mengenali suatu tulisan atau merasakan sebuah karya berbentuk tulisan secara mendalam. 

Kamu yang memiliki kecerdasan ini sangat cocok untuk menjadi penulis, sastrawan, sampai sebagai kritikus sastra. Kemampuanmu secara alami dalam mengenali suatu karya dan tulisan memang paling hebat di banding yang lainnya!

Nah, di atas adalah 8 jenis kecerdasan manusia guys. Gimana, apakah kamu sudah menemukan kecerdasanmu secara alami? Kalau sudah, jangan lupa dijadikan sebagai resolusi di tahun 2021 ya guys! Pastikan kamu dapat mengembangkan atau mengeksplorasi kecerdasan tersebut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …