Jurusan Etnomusikologi Beserta 5 Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan selalu bahagia di manapun kamu berada ya. Siapa nih di antara kamu yang masih dilematis dalam memilih jurusan di perkuliahan? Ada banyak faktor nih biasanya, mulai dari saran orang tua yang kurang sesuai sama passion sampai prospek kerja yang menurutmu jarang di Indonesia. 

Salah satu jurusan yang seringkali dianggap sebelah mata oleh masyarakat Indonesia adalah jurusan etnomusikologi. Waduh-waduh, jurusan apa tuh? Kamu mungkin baru mendengar program studi satu ini bukan? Eits, jangan salah, program studi ini memiliki prospek yang cukup tinggi juga lho di Indonesia. 

So, jurusan etnomusikologi akan belajar tentang apa aja sih? Kemudian prospek kerjanya di mana aja? Buat kamu yang tertarik untuk mendalami kemampuan dan ilmu tentang musik, mungkin jurusan ini bisa menjadi pertimbanganmu guys!

Kenalan dengan Jurusan Etnomusikologi

jurusan etnomusikologi
Image by Gerhard Bögner from Pixabay

Siapa nih di antara kamu yang masih asing dengan jurusan etnomusikologi? Yap, penulis rasa masih banyak pelajar Indonesia yang asing dengan program studi satu ini guys, sehingga penulis berinisiatif untuk mengenalkanmu terlebih dahulu sekilas tentang jurusan ini sebelum masuk ke berbagai mata kuliah maupun prospek pekerjaan. 

Secara sederhana, jurusan ini menggabungkan dua unsur disiplin ilmu yaitu antara jurusan seni musik dengan antropologi guys. Artinya, di dalam program studi ini kamu akan belajar seni musik ditinjau dari sudut pandang antropologi atau perkembangan seni dan kebudayaannya.

Hal ini termasuk bagaimana suatu masyarakat dipengaruhi juga dengan keberadaan berbagai seni musik, yang mungkin dikembangkan ke dalam bentuk pengiring dalam sebuah tarian atau mungkin upacara keagamaan. Tak hanya itu, di dalam etnomusikologi terdapat beberapa teori yang juga akan kamu pelajari sebagai tambahan sudut pandang guys.

Mata Kuliah Jurusan Etnomusikologi

materi seni budaya kelas 11 bab 9 part 1
Compose Concept. Pencil and sheet music on the piano keyboard

1. Pengantar Musik Nusantara

Nah, mata kuliah jurusan etnomusikologi yang pertama adalah pengantar musik nusantara. Berhubung kamu mempelajari musik dan juga perkembangan sosiologis di dalamnya, maka akan sangat penting bagimu untuk mempelajari sejarah dari musik nusantara guys. Bagaimana perkembangan hingga esksitensinya saat ini. 

Pada mata kuliah ini, kamu juga akan mempelajari berbagai aliran di dalam musik nusantara yang sedikit banyak memengaruhi terbentuknya berbagai musik modern atau pop di Indonesia. Bagaimana, menarik bukan guys?

2. Dasar-dasar Musik Barat

Yap, perkembangan musik nusantara hingga saat ini juga tidak lepas dari kebudayaan barat yang dahulu pernah melekat guys. Tak hanya itu, mata kuliah dasar-dasar musik barat juga bisa menjadi salah satu perspektif baru dalam mempelajari etnomusikologi.

3. Seni Pertunjukkan

Yap, hampir semua jurusan seni akan sangat berkaitan dengan seni pertunjukkan guys. Termasuk pula di dalam jurusan etnomusikologi yang mempelajari seni musik dengan antropologi. Di dalamnya kamu akan belajar mengenai seni pertunjukkan, khususnya yang berkaitan dengan musik-musik tradisional. 

Misalnya dalam sebuah upacara adat maupun tarian tradisional yang biasanya menjadi ciri khas dari suatu daerah guys. Maka dari itu, kamu akan menemukan adanya perbedaan alat musik antara satu daerah dengan daerah lain, serta ciri musiknya sendiri-sendiri guys. 

4. Antropologi 

Berhubung kamu jurusan etnomusikologi sendiri terdiri dari dua disiplin ilmu, maka kamu juga akan mempelajari secara khusus antropologi sebagai bagian dari etnomusikologi guys. 

Antropologi sendiri akan mengenalkanmu dengan berbagai seluk-beluk maupun unsur kebudayaan yang menjadi salah satu unsur lahirnya peradaban manusia. Hal inilah yang kemudian dikaitkan dengan perkembangan musik yang sedang terjadi hingga saat ini. 

Universitas dengan Jurusan Etnomusikologi

jurusan astronomi
Portrait of a female student on graduation day from university
  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
  2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta 
  3. Institut Seni Indonesia Surakarta
  4. Universitas Sumatera Utara

Prospek Kerja Jurusan Etnomusikologi

info jurusan arkeologi
graduate student participating in an archaeological dig

1. Antropolog

Prospek kerja jurusan etnomusikologi yang pertama ialah menjadi seorang antropolog. Yap, beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan jobdesk yang dikerjakan seorang antropolog bukan? Namun, antropologi memiliki peranan yang penting terutama dalam perkembangan suatu masyarakat di tengah zaman modern. 

Seorang antropolog juga erat kaitannya dengan berbagai aktivitas penelitian. Mulai dari meneliti asal-usul dari suatu masyarakat, kemudian menilik kondisi sosial-sosiologis yang membentuk suatu masyarakat hingga menganalisis masalah sosial yang terjadi di dalam sekelompok masyarakat.

2. Dosen

Next, kalau kamu merupakan seseorang yang senang mengajar sekaligus belajar, maka profesi menjadi seorang dosen akan sangat menyenangkan bagimu guys. Kamu bisa menjadi seorang dosen antropologi atau bahkan etnomusikologi. 

Berhubung di Indonesia masih cukup jarang pengajar di bidang etnomusikologi secara spesifik, maka pekerjaan satu ini akan sangat memiliki peluang yang tinggi di tengah tingginya minat pelajar dalam jurusan etnomusikologi guys. 

3. Kurator Seni

Sedangkan, apabila kamu tertarik untuk mendalami seni khususnya seni musik maka salah satu prospek kerja jurusan etnomusikologi yang sangat mungkin kamu pertimbangkan ialah menjadi seorang kurator seni. Yap, kurator seni sendiri merupakan profesi yang cukup sering ditemui bagi lulusan jurusan seni. 

Kurator seni memiliki tugas yang penting, terutama dalam menganalisis perkembangan seni di Indonesia hingga kancah internasional guys. Ga hanya itu, seorang kurator juga berperan dalam mempertimbangkan tata letak dalam suatu pameran seni hingga kebijakan berkaitan pengelolaan koleksi seni. 

4. Komposer Musik

Prospek kerja jurusan etnomusikologi selanjutnya ialah menjadi seorang komposer musik. Pekerjaan satu ini tidak akan pernah lepas dari seorang yang belajar atau memiliki passion di bidang musik. 

Seorang komposer musik sendiri akan sangat dibutuhkan, terutama di tengah kemajuan industri musik yang kini sangat masif guys. Kamu bisa menjadi seorang komposer musik, baik musik modern maupun musik tradisional guys. Bahkan kamu bisa menggabungkan keduanya juga lho. 

Menariknya, pendapat seorang komposer musik sendiri tidak main-main guys. Apalagi jika kamu bergabung ke dalam sebuah manajemen musik yang besar dan sudah terkenal, sehingga akan ada banyak proyek yang kamu tangani juga guys

5. Seniman

Prospek kerja seorang lulusan jurusan etnomusikologi yang terakhir ialah menjadi seorang seniman. Seniman sendiri merupakan pekerjaan yang terbilang cukup fleksibel lho! Kamu bisa bekerja menjadi seniman full time atau bahkan di sela-sela waktu dari pekerjaan utamamu guys. 

Berkaitan dengan musik, maka kamu bisa menciptakan berbagai jenis lagi atau musik sesuai dengan kreativitasmu sendiri guys. Berhubung di zaman kini tersedia berbagai platform yang memudahkanmu dalam mengunggah berbagai karya secara bebas, maka kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin guys. 

Nah, di atas adalah informasi lengkap mengenai jurusan etnomusikologi guys. Mulai dari mata kuliah yang akan kamu temui hingga prospek kerja setelah kamu lulus dari program studi ini guys. Apakah kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini? 

Penulis rasa, jurusan etnomusikologi tidak hanya tentang mempelajari ilmu musik yang dipadukan dengan antropologi guys, melainkan juga tentang bagaimana tetap melestarikan musik sebagai salah satu bagian dari kebudayaan. Yap, kalau kamu ingin masuk ke jurusan ini, jangan lupa untuk belajar sungguh-sungguh ya! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…