Jurusan Fashion Design Hanya Menggambar Saja? Tentu Tidak Kawan, Yuk Kenalan Lebih Dalam Dengan Fashion Design!

Ada banyak nih di antara kamu yang pasti mengira bahwa jurusan fashion design hanya menggambar saja. Yap, sebenarnya ga sepenuhnya salah guys. Bahkan penulis juga mengira bahwa tadinya fashion design ialah jurusan yang bertugas menggambar berbagai bentuk baju, kostum, maupun pakaian yang sering digunakan para model di acara-acara kenamaan. Tentu hal ini engga sepenuhnya salah kok. 

Akan tetapi, tahu ga sih kalau jurusan fashion design engga semudah atau sesederhana yang pernah terbayang di kepala kita lho. Ada beberapa materi sampai skill yang paling tidak harus kita miliki dan ketahui sebelum mendaftar jurusan tersebut. Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan beberapa hal seputar jurusan fashion design kepada kamu nih. Mulai dari materi sampai prospek kerja, semuanya lengkap deh! Langsung kepoin ulasan di bawah ini ya guys!

Jurusan Fashion Design
Photo by Amina Filkins on Pexels.com

Belajar Apa Aja Sih di Fashion Design?

1. Komunikasi 

Siapa bilang kalau mau belajar komunikasi hanya dilakukan di jurusan Ilkom saja? Tentu tidak kawan-kawan. Komunikasi sendiri sebagai cabang ilmu yang cukup sering dan hampir digunakan di seluruh ranah kehidupan nih. Namun, di fashion design sendiri kamu akan mempelajari komunikasi khusus yang ada di dunia mode. 

2. Komposisi suatu bahan

Ternyata tugas dari fashion design engga hanya menggambar pakaian aja lho guys. Kamu juga diminta untuk melakukan beberapa eksperimen terhadap suatu bahan untuk mengetahui komposisi di dalamnya. Apakah bahan tersebut rentan terhadap panas atau justru sebaliknya, apakah bahan tersebut mengandung bahan yang membahayakan kulit dan sebagainya. 

Kamu juga akan melakukan beberapa percobaan kecil-kecilan di Lab gitu guys. Tentunya hal ini bertujuan untuk mengetahui komposisi bahan yang hendak kamu gunakan dalam membuat suatu pakaian.

3. Sejarah dunia mode

Yap, hampir dalam semua jurusan kamu akan menemui setidaknya mata kuliah mengenai sejarah yang berkaitan dengan cabang ilmu yang kamu pilih. Berhubung kali ini membahas mengenai fashion design, maka kamu juga akan mempelajari berbagai sejarah dari dunia mode.

Baca Juga:  Inilah Mata Kuliah Ilmu Gizi yang Akan Kamu Pelajari di IPB

Mulai dari pakaian yang digunakan pada zaman Victoria, sampai sejarah mode yang ada di Indonesia lho. Dari sanalah biasanya kamu akan menemukan berbagai ide berkaitan dengan pakaian yang hendak kamu buat kedepannya guys

4. Perencanaan pembuatan pakaian

Oke, di tahap ini pun kamu juga ga hanya diminta dalam menggambar saja. Setelah melakukan penelitian terhadap suatu bahan, kamu juga diminta untuk menghitung pengeluaran atau anggaran dari pakaian yang hendak kamu buat guys. Dengan bahan sampai bentuk pakaian yang kamu buat, kira-kira siapa sih sasaran dari karya kamu ini?

Kamu akan mempelajarinya di perencanaan pakaian ini guys!

Skill yang Dibutuhkan di Fashion Design

Beberapa materi yang ada di atas sendiri masih sebagian kecil dari banyaknya materi di jurusan fashion design guys. Selain itu, kamu juga harus mengetahui ada beberapa skill yang dibutuhkan nih di fashion design. Skill ini engga harus kamu miliki secara utuh kok, kamu juga bisa mempelajarinya selagi belajar di jurusan fashion design guys.

1. Kreativitas

Hal pertama yang harus dimiliki oleh anak-anak dari jurusan fashion design ialah kreativitas nih. Kreativitas ini penting banget karena kamu akan selalu berhubungan dengan pembuatan karya setiap waktunya. Tentunya karya yang dihasilkan pun harus unik dan artistic guys, sehingga kreativitas menjadi salah satu kunci yang harus dimiliki.

2. Perhitungan

Next, setelah mengetahui beberapa materi yang ada di jurusan fashion mode dan tidak semuanya hanya berkisar mengenai menggambar, ternyata kemampuan dalam menghitung juga diperlukan guys. Hal ini berkaitan dengan perencanaan yang akan kamu buat sebelum menjahit sebuah karya yang diinginkan.

3. Teliti

Yup, penulis rasa salah satu skill yang wajib banget dimiliki oleh mahasiswa fashion design ialah ketelitian nih guys. Membuat berbagai gambar secara detail, menguji berbagai bahan yang hendak digunakan, sampai membuat perencanaan anggaran,  tentunya memerlukan banget skill ketelitian ini. 

Baca Juga:  7 Tips Bagi Lulusan Fresh Graduate Agar Tidak Menganggur

Oh iya, jangan lupa kamu juga akan bertemu dengan kelas jahit-menjahit yang tentu memerlukan ketelitian dalam pembuatannya guys. So, semangat ya buat kamu!

4. Komunikasi

FYI, anak-anak dari fashion design tidak hanya bekerja secara independen lho. Di dunia pekerjaan sendiri, fashion design akan berhubungan dengan banyak pekerjaan lainnya dan memerlukan komunikasi yang baik antar satu orang dengan yang lain. Tentunya bekerja di dalam tim seperti ini sangat memerlukan kemampuan komunikasi yang baik guys!

5. Pantang menyerah 

Mendapatkan banyak tugas dan berbagai revisi, seringkali membuat mahasiswa menyerah. Namun, karena kamu telah mengetahui risiko dan apa aja yang akan kamu pelajari dalam suatu jurusan, maka sikap paling tepat yang harus kamu lakukan dalam menghadapi setiap tantangan tersebut dengan pantang menyerah ya guys!

Prospek Bekerja Anak Fashion Design di Mana Sih?

1. Designer

Tentunya salah satu impian bagi anak-anak lulusan fashion design ialah menjadi seorang designer kenamaan. Merancang berbagai pakaian menarik dan unik bagi para model menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan. Pekerjaan ini pun sangat cocok bagi kamu yang ekstrovert dan senang bertemu dengan banyak orang. 

2. Marketing untuk fashion

Banyak orang yang seringkali menyebut marketing fashion ini sebagai PR. Memang tidak ada salahnya kok guys, kamu akan bekerja dengan berbagai perusahaan untuk melakukan kerja sama maupun menyebarkan berbagai produk yang dihasilkan dari perusahaanmu. Di sini kamu juga akan berurusan dengan berbagai strategi pemasaran, periklanan, sampai kampanye perusahaan mengenai suatu produk. 

3. Enterpreneur

Yup, engga sedikit lho anak-anak fashion design yang akhirnya memilih karier menjadi seorang entrepreneur yang begerak di jurusan fashion. Tentunya pekerjaan ini sangat menarik lho. Kamu bisa menjadi seorang wirausaha dari toko bahan pakaian atau kain sampai memiliki butik dengan produk buatanmu sendiri guys.

4. Jurnalis

Kamu suka dunia tulis-menulis sekaligus fashion design? Yap, bergabung aja menjadi seorang jurnalis fashion. Pekerjaan ini tergolong seru karena kamu akan langsung terjun ke lapangan guys. Kamu akan sering mengikuti berbagai pameran sampai fashion show di berbagai tempat dan menulisnya menjadi sebuah berita maupun artikel.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 1

5. Production manager

Kalau kamu lebih menyukai pekerjaan yang tergolong dalam tim dan berada di balik layar, maka menjadi seorang manajer produksi dapat menjadi pilihan yang tepat guys. Kamu akan membantu para designer, berbagai staff dalam fashion untuk membuat dan menghasilkan suatu karya menarik nih. 

Sekolah Fashion Terbaik di Indonesia

1. ESMOD Jakarta

Untuk masalah design fashion, ESMOD sendiri menjadi salah satu sekolah bertaraf internasional yang sudah berpengalaman meluluskan berbagai desainer sukses guys. Bahkan tak jarang ESMOD mendapatkan penghargaan di bidang fashion baik tingkat nasional sampai internasional nih. 

2. LCI (LaSalle Collage International Jakarta)

Next, masih dari Jakarta salah satu perguruan tinggi bergengsi bagi para desainer dan fashion di Indonesia ini menerapkan kurikulum internasional guys. Di sekolah ini terdapat berbagai jenis program untuk fashion. Mulai dari industri fashion, fashion digital, fashion design untuk interior sampai make-up.

Selain di Jakarta, LCI juga buka di Surabaya guys. Jadi, untuk kamu yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya bisa langsung mendaftar di LCI Cabang Surabaya ya!

3. Institut Seni Indonesia

Ada dua cabang Institut Seni Indonesia yang memiliki cabang fashion design terbaik. Pertama ada di Jogja dan Denpasar. Keduanya memiliki predikat yang baik dalam jurusan fashion design dan anak-anak yang memang menjiwai fashion design tersebut. 

Yap, di atas ialah beberapa hal mengenai jurusan fashion design. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan ini? Tentunya dalam setiap jurusan yang ada, akan selalu memiliki resikonya masing-masing guys. So, kalau fashion design menjadi passion dan keinginan kamu dari dulu, maka jangan ragu untuk masuk ke jurusan ini guys.

Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Alasan Bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy, Solusi Pra-Kerja di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi seperti ini, kita tidak hanya diterpa masalah kesehatan saja. Melainkan …