5 Jurusan IPS Paling Diminati Tahun 2021, Anak SMA Wajib Tahu!

Jurusan SOSHUM merupakan kepanjangan dari sosial dan humaniora. Sekarang coba kamu cek guys, apakah jurusan incaranmu termasuk ke dalam SOSHUM atau SAINTEK? FYI, jurusan SOSHUM ga hanya diminati pelajar dari kelas IPS aja lho, melainkan juga banyak anak IPA yang pindah jurusan ke SOSHUM.

Nah, kali ini penulis akan membagikan beberapa jurusan IPS paling diminati tahun 2021 khusus untuk kamu! So, yuk langsung simak ulasan di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Jurusan SOSHUM Paling Diminati Tahun 2021

1. Manajemen

jurusan ips paling diminati tahun 2021
project management Concept. Chart with keywords and icons. hands on working desk doing business

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa jurusan manajemen menjadi favorit anak SMA yang akan berkuliah di jurusan SOSHUM. Hal ini karena prospek kerja yang terlihat menjanjikan. Mahasiswa lulusan manajemen juga dapat bekerja di berbagai bidang.

Umumnya, lulusan manajemen akan berkerja kantoran seperti impian kebanyakan anak SMA di Indonesia. Karena itu, jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Di jurusan manajemen kamu akan mempelajari kegiatan dalam perusahaan yang berhubungan dengan ilmu ekonomi serta bisnis.

Seperti namanya, kamu juga diarahkan untuk mengelola kegiatan yang ada di perusahan seperti finansial, operasional, dan manajemen kantor. Materi kuliah yang akan dipelajari pun seputar bisnis, ekonomi, akuntansi, hingga manajemen mutu dan produktivitas.

Seorang lulusan manajemen memiliki bekal yang cukup untuk bekerja di suatu perusahaan di berbagai bidang dan berbagai jenjang. Contoh saja dalam satu perusahaan ada berbagai posisi yang dapat menjadi peluang kamu, yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan lainnya.

2. Ilmu komunikasi

Ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Hal ini karena semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kebutuhan akan kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga banyak anak SMA yang tertarik dengan jurusan ini.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Seni dan Budaya

Jurusan ilmu komunikasi akan mempelajari materi komunikasi dalam berbagai tingkat, komunikasi antar individu, media, komunikasi periklanan atau publisitas, komunikasi intercultural, komunikasi media sosial, hingga komunikasi melalui seni.

Setelah mempelajari hal tersebut, kamu juga akan dididik untuk menguasai strategi komunikasi. Sehingga ketika bekerja dapat memberikan ide kreatif dalam masalah komunikasi dan produksi. Salah satu contohnya dalam produksi iklan.

Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja dalam dunia penyiaran TV ataupun radio. Jika kamu ingin menjadi content creator, maka kamu pun dapat mengambil jurusan ini.

3. Hukum

jurusan ips paling diminati tahun 2021
law and justice concept objects

Bergerak di bidang hukum merupakan pekerjaan yang memerlukan dedikasi tinggi karena akan berjuang untuk membela kebenaran dan menegakkan keadilan. Hal ini tentu sangat menarik bagi para siswa SMA.

Layaknya pekerjaan dokter, lulusan hukum juga dapat bekerja di bidang yang pasti dengan gaji yang tergolong tinggi. Namun, masuk dalam jurusan hukum juga tidak mudah, terutama karena daya saing.

Jika masuk dalam jurusan hukum, maka kamu akan belajar mengenai berbagai sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam kegiatan bisnis. Mulai dari Perundang-undangan negara, hukum dasar negara, hingga hukum Internasional akan kamu pelajari selama berkuliah.

Selain materi yang harus dikuasai, mahasiswa lulusan jurusan hukum juga harus berani dan tegas guna menangani kasus hukum nantinya. Prospek kerja jurusan hukum tidak perlu kamu ragukan karena piliihan karier setelah lulus akan sangat luas serta lowongan pekerjaan yang tidak sedikit.

Ahli hukum tentu sangat dibutuhkan bagi oleh intansi negara, perusahaan, hingga tokoh besar seperti selebritas. Masyarakat juga membutuhkan ahli hukum jika terjangkit suatu kasus.

4. Akuntansi

Lulusan jurusan akuntansi dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan. Hampir setiap jenis perusahaan membutuhkan tenaga akuntansi sehingga prospek kerja lulusan jurusan akuntansi juga menjanjikan. Beberapa anak SMA dari jurusan IPS pun sudah pernah dibekali dengan materi akuntansi.

Baca Juga:  9 Fakta Jurusan Ilmu Perpustakaan yang Jarang Diketahui! Dijamin Lebih dari Ekspetasimu Guys!

Jurusan akuntansi mempelajari mengenai materi metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Hal ini menyebabkan jurusan akuntansi dekat dengan berhitung atau matematika. S

elama kuliah kamu akan dibimbing untuk dapat membuat laporan keuangan, melakukan analisis laporan keuangan, dan menilai prospek kedepan melalui laporan keuangan. Karena itu, kamu akan menjadi ahli dalam bidang keuangan.

Seperti materi kuliah yang diberikan, kamu akan bekerja di berbagai perusahaan dengan posisi akuntan atau posisi keuangan lain. Selain bekerja di perusahaan, kamu juga dapat bekerja menjadi pegawai bank atau makelar properti.

Segala pekerjaan yang berhubungan dengan uang dapat kamu coba. Gaji yang ditawarkan juga tidak sedikit. Rata-rata gaji yang akan kamu terima ketika awal adalah sekitar 4 juta.

5. Hubungan internasional

jurusan ips paling diminati tahun 2021
worldwide business concept

Lulusan jurusan hubungan internasional dapat bekerja di internasional. Sesuai dengan namanya, lulusan hubungan internasional akan mengurus masalah hubungan antar negara atau internasional. Dibekali kemampuan untuk bekerja secara internasional, tentu posisi yang ditawarkan juga tidak main-main.

Hubungan internasional akan mempelajari bagaian upaya suatu negara untuk menghadapi tantangan internasional. Contoh masalah yang harus dikuasai mahasiswa jurusan ini adalah masalah perdagangan dunia, isu keamanan, hingga masalah lingkungan dan sosial secara global.

Sehingga, salah satu pelajaran yang akan kamu dapatkan adalah studi perdamaian internasional. Karier yang dapat kamu jalani setelah lulus dari jurusan hubungan internasional sangat beragam. Namun, biasanya pelajar yang masuk dalam jurusan ini sudah bercita-cita untuk menjadi diplomat setelah lulus kuliah.

Hal ini karena banyaknya manfaat menarik yang didapatkan ketika bekerja menjadi seorang diplomat atau kementerian luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa bekerja menjadi profesi lain seperti PNS dan Politisi.

Baca Juga:  Lelah Kuliah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Itu dia, beragam jurusan SOSHUM paling diminati tahun 2021. Sedikit informasi mengenai materi kuliah hingga prospek kerja juga sudah kamu ketahui. Maka sekarang adalah waktu kamu untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan diri kamu. 

Menentukan jurusan kuliah yang akan kamu tekuni harus sesuai dengan minat dan bakat kamu ya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan prospek karier yang baik dan sesuai dengan kemampuanmu. Semangat selalu menggapai impian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…