7 Alasan Memilih Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kamu sedang bingung mau kuliah jurusan apa ketika sudah lulus nanti? Kamu anak IPA yang tertarik di bidang kesehatan dan sosial?

Salah satu jurusan yang recommended buat kamu adalah jurusan Kesehatan Masyarakat. Kenapa kamu harus memilih jurusan ini? Yuk simak informasi berikut!

Jurusan Kesehatan Masyarakat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

7 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Ilmu terapan yang luas

Mungkin kamu banyak yang berpikir bahwa jurusan ini sangat berhubungan dengan kedokteran bukan? Ternyata walaupun di bidang kesehatan, jurusan Kesehatan Masyarakat sangat berbeda dengan jurusan kedokteran lho.

Jurusan ini tidak hanya membahas kesehatan tapi juga membahas bidang sosial. Jadi, jurusan ini merupakan ilmu terapan yang luas antara bidang kesehatan dan sosial. Kamu yang suka bidang sosial walaupun anak IPA, sangat cocok untuk memilih jurusan ini.

2. Memberikan banyak kemampuan di segala bidang

Tidak hanya melulu belajar soal kesehatan, kamu juga akan belajar mengenai hal-hal menarik ketika kuliah di jurusan ini lho.

Mulai dari mengasah kemampuan public speaking, kemampuan mengolah data, kemampuan menyajikan data dalam bentuk grafis yang menarik, kemampuan menginterpretasikan data, dan masih banyak lagi.

3. Prospek kerja yang menjanjikan

Setelah kamu lulus dari jurusan Kesehatan Masyarakat, kamu bisa mendaftarkan diri untuk bekerja di berbagai bidang.

Bidang yang kamu tuju tidak hanya seputar lingkungan kesehatan saja, kamu juga bisa bekerja di bidang sosial karena jurusan ini masih berhubungan dengan masyarakat dan sosial.

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan, menjadi peneliti, dan melanjutkan pendidikan pascasarjana. Tentunya gaji yang ditawarkan juga tinggi lho. Sungguh menjanjikan bukan?

4. Jaringan yang luas

Adanya ikatan mahasiswa dan alumni membuat jurusan ini mempunyai jaringan yang luas. Dengan adanya jaringan yang luas, kamu bisa terus mengasah ilmu dan kemampuanmu di bidang kesehatan masyarakat. Kamu juga bisa saling sharing mengenai kasus, ilmu baru, pengalaman, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  7 Tips Agar Cepat Akrab dengan Teman Kost

5. Memberikan manfaat yang luas

Tidak hanya berguna bagi diri sendiri, ilmu yang kamu dapatkan ketika kamu kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat akan bermanfaat bagi sesama dan memberikan dampak yang luas.

Ilmu ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerahmu, untuk perusahaan, lingkungan, dan masih banyak lagi.

6. Kesempatan untuk mengabdi

Bekerja tidak selamanya soal uang, kamu yang ingin mengabdi untuk masyarakat juga bisa memilih jurusan ini demi terciptanya kesehatan masyarakat yang lebih baik dan terus membaik.

Dengan kuliah di jurusan ini kelak kamu dapat mengabdikan diri untuk kesehatan masyarakat baik di wilayah daerahmu, kota, provinsi, negara, bahkan dunia.

7. Dibutuhkan kapan saja

Lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat selalu dibutuhkan oleh masyarakat, lingkungan, dan negara. Tidak hanya untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan masyarakat di masa kini tetapi juga untuk di masa yang akan datang.

Seiring berkembangnya zaman, maka lingkungan kita akan berubah dan berpengaruh pada kesehatan. Sehingga, tenaga di bidang kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Itulah tujuh alasan kenapa kamu harus memilih kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat. Apakah sudah cukup meyakinkanmu untuk memilih jurusan ini?

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang mungkin tertarik dengan jurusan Kesehatan Masyarakat tetapi masih ragu untuk memilihnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan…