7 Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selama masa pandemi, banyak pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan seperti biasanya. Sekolah yang biasanya tatap muka harus dilakukan secara online, bekerja yang biasanya dilakukan di kantor atau perusahaan ada yang harus dilakukan di rumah atau work from home.

Kadang, ada banyak waktu luang yang membuat kamu merasa gabut selama masa pandemi ini. Tapi, ada banyak kegiatan yang bisa membuatmu produktif lho. Apa saja? Yuk simak informasi berikut!

Daftar Isi

7 Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Menulis

Tidak semua orang suka menulis, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Selama masa pandemi ini, kamu bisa menulis untuk mengisi waktu luang yang ada.

Mulai dari menulis puisi, prosa, pantun, cerpen, novel, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar menulis, bahkan menulis proposal, essay beasiswa dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah banyak penerbit dan komunitas yang membuat event menulis bersama maupun lomba-lomba. Ada lomba menulis cerpen, puisi, opini, essay, bahkan novel lho.

Kamu bisa mengasah kemampuanmu sekaligus mengisi kegiatanmu agar tetap produktif. Siapa tahu kamu beruntung dan bisa menang bukan? Bahkan jika kamu bisa menulis novel dengan baik, ada kesempatan untuk menerbitkan buku. Sungguh menarik dan produktif bukan?

2. Membaca buku

Membaca buku memang tidak harus menunggu masa pandemi, karena jika ada waktu luang atau memang ada waktu yang khusus kamu gunakan untuk membaca buku maka akan lebih baik lagi.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

Namun, disaat kamu merasa gabut tapi ingin produktif, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku. Saat ini, membaca buku tidak harus buku dalam bentuk cetak lho.

Kamu juga bisa membaca buku online atau e-book, membaca buku di internet, atau platform membaca lainnya.

Kamu bisa mulai membaca genre buku-buku yang mungkin selama ini tidak pernah kamu baca. Hal ini dapat menambah pengetahuanmu.

Membaca buku tidak harus buku yang berat, mulailah membaca apa yang kamu suka, atau yang ringan seperti kumpulan cerpen. Sejatinya, semua buku pasti akan memberikan manfaat dan moral value yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

3. Mengikuti webinar

Di masa pandemi ini, kamu mungkin ingin sekali mengikuti berbagai seminar yang biasanya diadakan di kampus atau sekolah. Namun, karena harus jaga jarak, maka seminar yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini dilakukan secara online atau yang kita kenal dengan webinar.

Ada banyak webinar yang bisa kamu ikuti lho. Berbagai kampus, perusahaan, dan organisasi sering mengadakan webinar yang bisa menambah pengetahuan sekaligus mengisi waktu luangmu agar tetap produktif.

Tentu saja webinar ini memberikan e-sertifikat yang bisa menambah daftar panjang seminar yang telah kamu ikuti. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Webinar ini ada juga yang dilakukan oleh perorangan lho, biasanya mereka memberikan materi seperti kepenulisan, membuat essay, beasiswa, toefl, dan masih banyak lagi.

4. Mengikuti kursus atau pelatihan online

Jangan sampai selama masa pandemi ini menghalangi kamu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuanmu. Kamu bisa melakukan kegiatan produktif satu ini, yaitu dengan mengikuti kursus atau pelatihan secara online. Ada banyak tempat kursus online gratis dan bersertifikat lho. Jangan sampai ketinggalan ya.

Baca Juga:  Kombinasi Shortcut Keyboard untuk Ngerjain Tugas, Biar Cepat!

5. Membuat kerajinan tangan

Jika kamu bosan dengan kegiatan yang berhubungan dengan gadget atau internet, kamu bisa memilih alternatif satu ini. Yaitu membuat kerajinan tangan. Kamu bisa membuat pernak-pernik seperti kalung dan gelang, belajar merajut, membuat ikat rambut dari kain perca, atau membuat kerajinan tangan lainnya.

Tidak hanya sekedar mengisi waktu luang agar produktif, kamu juga bisa mulai membuka usaha di bidang kerajinan tangan lho. Misalnya, membuat paket kado, doodle, dan masih banyak lagi. Sangat asyik dan menguntungkan bukan?

6. Belajar memasak

Bagi cewek-cewek, kegiatan produktif satu ini juga bisa menjadi pilihan lho. Apalagi kalau bukan belajar memasak. Tidak hanya untuk cewek, cowok-cowok juga bisa belajar memasak lho.

Siapa tahu nanti ingin menjadi chef atau membuka usaha di bidang kuliner. Belajar memasak tidak harus masakan untuk menu utama saja, tapi juga bisa membuat kue, jajanan, dan lainnya.

Akan lebih menyenangkan jika kamu bisa belajar memasak dan tidak menikmatinya sendiri, tetapi juga untuk dijual di sekitar atau usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

7. Bekerja sambilan

Banyak yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini. Ada juga yang penghasilannya mulai berkurang. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk bekerja sambilan.

Salah satu kegiatan produktif ini dapat membantu mengembalikan uangmu yang mulai tipis di masa pandemi ini. Kamu bisa membuka usaha seperti usaha kuliner siap antar, menjadi freelancer, tutor, dan masih banyak lagi. 

Itulah tujuh kegiatan yang bisa kamu lakukan di masa pandemi ini agar tetap produktif. Manfaatkan waktu luang yang ada dengan baik ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Cara Menemukan Passion – Beberapa bulan lagi sudah mau pendaftaran mahasiswa baru. A…