10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja akan menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa masuk ke dalam kampus yang bergengsi.

Peringkat kampus selaras dengan kualitas yang diberikan. Kampus mana yang masuk 10 besar sebagai kampus terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi Ditjen Dikti pada tahun 2020? Yuk simak informasi berikut!

10 Kampus Terbaik di Indonesia

kampus terbaik di Indonesia
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

1. Institut Pertanian Bogor

Kampus yang terletak di Bogor ini mendapatkan skor 3.648 yang menjadikan Institut Pertanian Bogor atau yang dikenal sebagai IPB University sebagai kampus yang menempati peringkat pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Kampus D3 IPB terletak di Cilibende, Bogor. Sedangkan kampus S1 dan Pascasarjana terletak di Dramaga, Bogor. Kampus yang terkenal dengan almamater warna birunya ini, merupakan salah satu kampus yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia mendapatkan skor 3.414. Kampus yang terletak di kota Depok ini mendapatkan peringkat kedua sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020.

Kampus ini terkenal dengan jaket almamater kuning ini menjadi salah satu kampus yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Banyak jalur untuk masuk ke Universitas Indonesia, bisa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang biasa disebut UGM ini mendapatkan skor 3.315 yang menjadikan UGM sebagai kampus dengan peringkat ketiga kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Kampus yang terletak di kota pelajar tepatnya di Sleman, Yogyakarta ini juga menjadi salah satu kampus bergengsi yang diminati para calon mahasiswa baru.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 2

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIR menjadi kampus dengan peringkat keempat sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020 dengan skor 3.299. Kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini dibagi menjadi tiga kampus, yaitu Kampus A, Kampus B, dan Kampus C yang tersebar di beberapa daerah di Surabaya.

5. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau ITB mendapatkan skor 3.275 yang menjadikan kampus ini mendapatkan peringkat kelima sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020. ITB merupakan salah satu kampus impian para calon mahasiswa baru yang ingin memperdalam ilmu teknologi.

Selain itu, ada juga jurusan bisnis di kampus ini lho. ITB terdiri dari tiga kampus, yaitu Kampus Ganesha di Bandung, Kampus Jatinangor di Sumedang, dan Kampus Cirebon di Cirebon, Jawa Barat.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang dikenal dengan ITS mendapatkan peringkat keenam sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Skor yang didapatkan oleh ITS sebesar 3.218.

Kampus yang terletak di Surabaya ini menjadi salah satu kampus tujuan calon mahasiswa yang ingin belajar tentang teknologi. ITS terdiri dari tiga kampus, yaitu Kampus Sukolilo, Kampus Manyar, dan Kampus Cokroaminoto.

7. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau yang dikenal dengan UNHAS ini mendapatkan peringkat ketujuh sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Skor yang didapatkan oleh UNHAS sebesar 3.161.

Kampus ini terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. UNHAS menjadi salah satu kampus tujuan yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. UNHAS berdiri pada tanggal 10 September 1956.

8. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau UB mendapatkan skor 3.161 yang menjadikan kampus ini sebagai kampus terbaik di Indonesia dengan peringkat kedelapan pada tahun 2020. Kampus yang terletak di Malang, Jawa Timur ini menjadi salah satu kampus yang diminati oleh calon mahasiswa baru.

Baca Juga:  Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?

Ada banyak jalur untuk masuk ke program sarjana Universitas Brawijaya, yaitu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi MAndiri (SMUB), Seleksi Alih Program (SAP) S1, dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Disabilitas.

9. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau UNDIP menduduki peringkat kesembilan sebagai kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020 dengan skor yang diraih sebesar 3.111.

Kampus yang menjadi salah satu kampus tujuan favorit calon mahasiswa baru ini terletak di Semarang, Jawa Tengah. Kampus utama UNDIP terletak di daerah Tembalang dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan.

10. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau yang dikenal dengan UNPAD, mendapatkan skor 3.007 yang menjadikan kampus ini sebagai kampus terbaik di Indonesia dengan peringkat kesepuluh pada tahun 2020. UNPAD terletak di Bandung dan Jatinangor.

Itulah sepuluh kampus terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Ada kampus impianmu? Jika ada, yuk sama-sama berjuang untuk masuk kampus yang kamu tuju. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *