4 Tips Menentukan Jurusan di SMA! Mudah dan Terjamin Akurat!

Kamu mau masuk SMA dan ingin masuk jurusan IPA? Tapi kata orang-orang masuk jurusan IPA harus pintar dan bikin kamu jadi kurang percaya diri buat masuk ke jurusan yang kamu mau yaitu jurusan IPA. Padahal, kata orang-orang itu ga selalu benar loh. Kedua jurusan di SMA sama-sama membutuhkan kepintaran yang berbeda sesuai dengan mata pelajaran yang akan dipelajari nantinya.

Di jurusan IPA kepintaran yang dibutuhkan di jurusan IPA lebih mengarah kepada ilmu pengetahuan yang berdasar pada teori dan menghitung, sedangkan di IPS lebih mengarah kepada pengetahuan mengenai sosial dan kehidupan. Sehingga untuk ke salah satu jurusan sama-sama dibutuhkan kepintaran. Dilema? Tak perlu khawatir karena di bawah ini ada 4 tips menentukan jurusan di SMA! Yuk, simak ulasannya!

Daftar Isi

Tips Menentukan Jurusan di SMA!

1. Keinginan kamu

Keinginan menjadi salah satu faktor yang akan menentukan jurusan kamu di SMA. Jika kamu berkeinginan masuk ke jurusan IPA, ungkapkan saja keinginanmu dengan jujur. Jangan merasa tidak percaya diri dan justru memilih jurusan yang sebaliknya. Siapa tahu, hal ini akan menjadi pertimbangan ketika pihak sekolah menentukan jurusan kamu.

2. Rekomendasi guru

Rekomendasi dari guru SMP ikut berperan dalam penentuan jurusan kamu di SMA. Hal ini dikarenakan guru SMP pasti akan mengerti kemampuan siswanya selama di SMP serta hal-hal yang dikuasai olehmu. Sehingga, rekomendasi dari guru SMP juga ikut dipertimbangkan. Biasanya rekomendasi ini dibuat oleh guru Bimbingan Konserling atau guru BK. Bisa juga Wali Kelas ketika kamu duduk di kelas 3 SMP. Ketika kamu meminta surat rekomendasi kepada guru tersebut, kamu juga dapat mengutarakan jurusan yang diinginkan.

Baca Juga:  3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Kamu dapat meyakinkan guru tersebut dengan mengatakan bahwa jurusan tersebut sesuai dengan kemampuanmu. Paling tidak guru tersebut dapat mempertimbangkan dan menyesuaikan lagi dengan kenyataan kamu di sekolah. Hal ini bisa jadi membuat guru menulis surat rekomendasi sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan.

3. Tes psikologis

Setelah mendaftar menjadi murid SMA di sekolah pilihan, pastinya kamu akan menjalani suatu tes psikologis terlebih dahulu. Tes psikologis ini hasilnya berupa kemampuan-kemampuanmu dan menentukan jurusan yang seusai dengan kepribadian. Bahkan di hasil tes psikologis terdapat beberapa prospek karir yang sesuai dengan bakat-minatmu. Hal ini untuk menentukan profesi yang dapat kamu pilih di dunia kerja nantinya.

Hasil dari tes psikologis ini merupakan salah satu yang paling mempengaruhi penentuan jurusan karena dipercaya hasilnya yang akurat dengan karakter dan kemampuan kamu.

4. Tes Akademis

Tes akademis bisa dilaksanakan sebelum kamu secara resmi diterima di sekolah tersebut. Hal ini juga sebagai syarat untuk diterima di sekolah tersebut, sehingga hasil dari tes sekaligus untuk menentukan jurusan kamu.

Biasanya dalam tes akademis yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA SMP, dan Matematika. Bukan tinggi dan rendahnya nilai kamu yang menentukan jurusan apa untuk kamu, melainkan ada jenis-jenis soal yang sesuai dengan jurusan IPS dan jenis-jenis soal yang sesuai dengan jurusan SMA. Perbandingan dari kemampuan kamu menjawab kedua jenis soal yang akan menentukan jurusanmu.

Jenis-jenis soal akan dicampur tanpa pemberitahuan. Hal ini bertujuan agar kamu mengerjakan keduanya dengan sebaik mungkin. Tes akademis juga menjadi salah satu faktor penentu yang paling penting karena dari tes ini pihak sekolah dapat melihat kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga:  7 Tips Untuk Jadi Anggota OSIS! Jangan Sampai di Skip Guys!

Yap, itu tadi 4 tips menentukan jurusan di SMA! Jadi, untuk masuk jurusan IPA yang dibutuhkan tidak hanya pintar ya! Dan juga masuk jurusan IPS bukan berarti kamu tidak butuh pintar. Kamu tetap harus belajar untuk dapat masuk ke jurusan mana pun. Apalagi untuk jurusan yang kamu tuju, kamu harus berani untuk terus berjuang.

Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…