Kupas Tuntas 5 Mata Kuliah Peminatan di Jurusan Hukum, MABA Wajib Banget Tahu

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk menjadi jaksa, pengacara, atau bahkan hakim? Kalau kamu memiliki cita-cita di atas, tentu udah ga asing dong dengan jurusan ilmu hukum. Program studi ini wajib kamu ambil untuk menjadi seorang jaksa sampai hakim.

Eits, ternyata guys, di jurusan ilmu hukum sendiri terdapat 2 jenis mata kuliah nih. Pertama, ada mata kuliah wajib dan mata kuliah peminatan di jurusan hukum. So, hari ini penulis ingin membagikan ke kamu secara mendalam mengenai mata kuliah peminatan dalam hukum.

Daftar Isi

Mata Kuliah Peminatan di Jurusan Hukum

1. Hukum Pidana

mata kuliah peminatan di jurusan hukum
Law should know concept, The lawyer explained to the client to plan the case in court.

Mata kuliah peminatan di jurusan hukum yang pertama ialah hukum pidana. Konsentrasi ini termasuk salah satu yang digemari oleh mahasiswa hukum guys. Salah satu alasannya karena studi mengenai hukum pidana sangat diperlukan di Indonesia.

Lalu, apa sih yang dipelajari di mata kuliah hukum pidana? Hal pertama yang pasti kamu pelajari ialah prinsip hukum pidana yang mengatur berbagai perbuatan kejahatan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat.

Hukum pidana juga terkenal sebagai salah satu mata kuliah peminatan yang memiliki banyak sekali pasal-pasal. Bahkan berbagai peraturan mengenai hukum pidana tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau yang akrab disapa sebagai KUHP.

Hampir semua jenis pelanggaran bisa kamu temukan dalam kita Undang-Undang ini guys. Mulai dari pencurian, pembunuhan, terorisme, sampai korupsi. KUHP sendiri disebut sebagai kitab hukum umum saat hukum secara khusus belum dibuat.

Nah, prospek pekerjaan dari mata kuliah peminatan ini apa aja sih? Mulai dari jaksa, pengacara, sampai polisi memerlukan pengetahuan mendalam di bidang hukum pidana. Oh iya, kalau kamu ingin menjadi investigator juga maka peminatan hukum ini wajib banget kamu ambil guys.

Mengapa? Karena selain berbagai pasal dan Undang-Undang, hukum pidana juga mempelajari berbagai pelajaran atau studi mengenai kriminologi, pengadilan HAM (Hak Asasi Manusia), victomologi, dan berbagai materi yang erat kaitannya dengan jurusan kriminologi.

Baca Juga:  Ini Dia 3 Tips Mengerjakan Tes PKN STAN! Skill Academy Dong Solusinya!

2. Hukum Perdata

mata kuliah peminatan di jurusan hukum
Notary Public: Seal embossed on document with pen

Next, mata kuliah peminatan di jurusan hukum kali ini juga sering terbalik-balik dengan hukum pidana. Kira-kira, kamu sudah mengetahui apa sih perbedaan antara hukum perdata dengan hukum pidana?

Perbedaan pertama ialah kitab atau Undang-Undang yang mengatur. Segala peraturan mengenai hukum perdata tersimpan dengan rapi dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Kedua, kajian yang dipelajari dalam dua mata kuliah ini sungguh berbeda teman-teman. Apabila hukum pidana mempelajari tentang berbagai pelanggaran, maka hukum perdata lebih mengatur berbagai hak dan kepentingan antar individu.

Wah, maksudnya gimana sih? Contoh sederhana deh, kalau hukum perdata akan berfokus menangani berbagai kasus seputar perdagangan, warisan, dan lain-lain. Kalau dalam istilah hukum akan kamu kenal sebagai hukum privat.

Materi yang akan kamu pelajari mulai dari hukum mengenai keluarga, perkawinan, investasi, perbankan, hukum waris, sampai sengketa tanah (perseorangan). Intinya hukum perdata lebih berfokus menangani masalah antar individu.

Lalu, prospek pekerjaannya apa aja sih? Mata kuliah peminatan di jurusan hukum ini akan mengarahkanmu menjadi seorang notaris. Yap, kamu yang tertarik menyelesaikan masalah kontrak dan perjanjian dengan sebuah tanda tangan hehe.

FYI, gaji seorang notaris ini ga main-main ga gengs. Beneran besar, bahkan dalam sebuah proyek saja. Namun, kamu harus hati-hati dan cermat dalam membubuhkan tanda tangan. Ingat, tanda tangan seorang notaris ini penting banget.

3. Hukum Administrasi Negara

mata kuliah peminatan di jurusan hukum
Confident delegate making speech at conference or summit

Di urutan ketiga dari mata kuliah peminatan di jurusan hukum ada materi hukum administrasi negara. Kira-kira mendengar kata administrasi negara, hal pertama apa sih yang langsung terlintas di benakmu?

Nah, hukum administrasi negara ini tergolong salah satu peminatan yang menarik banget untuk diikuti. FYI, dibanding 2 konsentrasi di atas, maka mata kuliah satu ini termasuk memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat.

Baca Juga:  Informasi Seputar Pendaftaran Gunadarma untuk Calon Mahasiswa

Lalu, apa sih yang dipelajari di mata kuliah satu ini? Pertama, ada materi yang mempelajari berbagai tindakan dalam menyelenggarakan sebuah pemerintahan. Kalau kamu masuk ke jurusan hukum, maka kamu ga akan asing dengan matkul politik hukum.

Mata kuliah tersebut akan kamu temui di semester satu dan menjadi salah satu landasan dari mata kuliah peminatan di jurusan hukum satu ini. Kamu akan mempelajari berbagai tindakan, kewenangan, dan kebijakan dari lembaga negara atau pemerintahan.

Apakah lembaga tersebut menerapkan prinsip keadilan, asas-asas di dalam hukum, dan masih banyak lagi. Kalau kamu tertarik terjun ke dunia politik lewat jalur hukum, maka mata kuliah ini wajib banget kamu ambil.

Oh iya, karena namanya administrasi negara maka mata kuliah ini akan secara khusus membahas mengenai kebijakan atau norma tentang keuangan ya. So, kalau kamu juga tertarik dengan isu ekonomi maka cocok banget bergabung ke mata kuliah ini.

4. Hukum Tata Negara

mata kuliah peminatan di jurusan hukum
Close-up Of Male Judge In Front Of Mallet Holding Documents

Next, mata kuliah peminatan di jurusan hukum berikutnya ialah hukum tata negara. Kalau konsentrasi ini lebih berfokus lagi mengenai lembaga dalam sebuah negara. Di SMA kamu kenal dong istilah trias politika?

Bahwa negara dibagi dalam 3 kekuasaan, yakni eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Nah, di mata kuliah kali ini kamu akan mendalami berbagai materi seputar ilmu negara, bentuk negara, kebijakan pemerintah, sampai filsafat hukum.

By the way, hukum tata negara ini deket banget dengan hukum administrasi negara. Jadi, bisa jadi ada materi sama yang kamu temui di dunia mata kuliah peminatan di jurusan hukum ini.

Mulai dari hukum konstitusi, hukum tata negara, hukum acara mahkamah konsitusi, dan masih banyak lagi gengs. Prospek pekerjaan dari mata kuliah ini ialah  menjadi seorang anggota DPR atau seorang ketua Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga:  Info Jurusan Oseanografi Paling Lengkap! Ternyata Hanya Ada di 2 Universitas Negeri Indonesia!

5. Hukum Internasional

mata kuliah peminatan di jurusan hukum
Gavel of justice on old world map

Sampailah kita di akhir mata kuliah peminatan di jurusan hukum, yakni hukum internasional. Beberapa pelajar seringkali salah kaprah dan menyamakan mata kuliah hukum internasional dengan jurusan hubungan internasional.

Sama-sama membahas dan berkutat di isu internasional, hanya saja keduanya bekerja di koridor yang berbeda ya gengs. Kamu yang mengambil mata kuliah hukum internasional memang memiliki kesempatan bekerja di berbagai lembaga internasional.

Hanya saja, fokus atau pekerjaanmu tetap akan berada dalam koridor hukum. Sementara itu, hubungan internasional (HI) akan lebih berfokus pada sistem politik dan negosiasi antar negara.

Hukum Internasional ini termasuk salah satu mata kuliah peminatan di jurusan hukum yang memiliki materi super kompleks. Kamu akan mempelajari berbagai hukum laut internasional, migrasi dan refugees, hukum organisasi internasional, hukum perjanjian antar negara dan masih banyak lagi.

Rekomendasi buku hukum yang wajib kamu baca juga banyak gengs. Kamu ga hanya belajar tentang Undang-Undang, melainkan juga kemanusiaan sampai lingkungan.

Nah, itu tadi 5 mata kuliah peminatan di jurusan hukum yang umumnya disediakan di universitas. Sampai di sini, kira-kira kamu udah kebayang mau memilih konsentrasi apa? Penulis harap, kamu benar-benar memikirkannya secara matang gengs.

Kenapa? Karena sistem di perkuliahan juga mewajibkanmu mengambil beberapa mata kuliah khusus sebelum mengikuti mata kuliah peminatan. So, pastikan jangan salah langkah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …