Rangkuman Materi Matematika Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap Khusus Untukmu

Selamat datang di kelas 12! Tahun terakhir dari rangkaian masa paling indah semasa sekolah yakni SMA. Gimana guys kabarmu? Selalu sehat, tetap semangat, dan anti loyo ya.

Hari ini nih, penulis mau membagikan kepadamu rangkuman materi Matematika kelas 12 K13 revisi khusus untuk kamu yang hendak ujian guys. Semoga rangkuman di bawah ini bisa membantumu mengingat materi selama setahun di kelas 12. Oke, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya teman-teman!

Rangkuman Materi Matematika Kelas 12 K13 Revisi

rangkuman matematika

Rangkuman Materi Matematika Kelas 12 Semester 1

Pertama-tama, kita menuju rangkuman matematika di semester 1 guys. Oh iya, untuk mengakses rangkuman tersebut, kamu tinggal klik judul materi yang diinginkan dan tadaa! Laman laptop atau smartphonemu akan langsung berpindah ke materi Matematika yang diinginkan gengs.

BabRangkuman MateriDownload
1Dimensi TigaPDF
2StatistikaPDF

Rangkuman Materi Matematika Kelas 12 Semester 2

Yap, setelah puas mencatat berbagai informasi penting dari rangkuman materi semester 1, tiba saatnya kita melanjutkan materi ke semester 2 guys.

Masih dengan cara yang sama, kamu bisa langsung mengakses materi rangkuman sepuasnya. Eits, jangan lupa untuk mencatat berbagi info penting di dalamnya ya.

BabRangkuman MateriDownload
3PeluangPDF
4Kekongkruenan dan KesebangunanPDF

Nah, itu tadi rangkuman materi Matematika kelas 12 K13 yang telah penulis rangkum dalam satu klik aja gengs. Gimana? Sudah semakin paham atau kian pusing?

Baca Juga:  Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 6 Indonesia Dalam Panggung Dunia

By the way, kelas 12 ini menjadi salah satu masa paling sulit bagi sebagian besar pelajar, betul tidak? Harus memikirkan ujian, kuliah, belum lagi overthinking mengenai masa depan?

Kira-kira nih, kamu udah pada tahu belum guys mau ambil jurusan apa waktu kuliah nanti? Atau sampai sekarang masih bingung, dilematis, dan merenung gini?

Eits, jangan kelamaan merenung ya. Keburu UTBK, eh tiba-tiba udah ospek MABA aja. Berhubung kamu berada di tahun terakhir SMA, maka penulis ingin membagikan juga beberapa tips memilih jurusan kuliah. So, buat kamu yang penasaran, langsung simak uraian di bawah ini ya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

rangkuman materi matematika kelas 12 K13 revisi
A young woman is using a laptop comfortably in the living room at home.

1. Apa Sih yang Kamu Sukai?

Banyak yang bilang kalau pekerjaan ga hanya soal uang aja lho gengs, melainkan juga apakah kamu menikmati dan bahagia dengan pekerjaan yang kamu jalani? Yap, penulis rasa kalimat tersebut ada benarnya juga.

Nah, salah satu tujuan kuliah sendiri ialah memberikanmu batu loncatan yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau kesukaanmu guys. So, penulis berharap kamu kuliah sesuai dengan passion atau apa yang kamu sukai.

2. Mata Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah yang kedua ialah mengecek mata kuliah apa sih yang akan kamu temui di kampus. Hal ini penting banget lho guys, jangan sampai kamu berekspetasi terlalu tinggi dulu sebelum melihat ‘medan perang’ yang akan kamu hadapi selama 4 tahun menempuh pendidikan sarjana.

Kamu bisa lihat, apakah mata kuliah ini sesuai dengan keahlianmu atau tidak. Bisa juga mengecek kemampuanmu dalam sebuah mata kuliah. Eits, tenang aja gengs.

Wirahadie.com juga telah merangkum beberapa info jurusan kuliah khusus buat kamu. Untuk kamu yang tertarik bisa langsung klik link serba-serbi jurusan kuliah di sini ya.

Baca Juga:  Materi PKN Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

3. Prospek Pekerjaan

Setelah mengecek mata kuliah apa saja sih yang akan kamu temui di kampus nanti, maka jangan lupa untuk mengetahui prospek pekerjaan setelah lulus nanti. Yap, walaupun mengejar passion, tetapi kita juga realistis guys sama cita-cita. Kamu bisa mulai riset tentang prospek pekerjaan dari jurusan yang diinginkan.

Kira-kira, di mana sih kamu akan bekerja setelah lulus kuliah nanti? Atau apakah sektor pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginanmu? Hal-hal seperti bisa kamu pastikan sewaktu melakukan riset prospek pekerjaan gengs.

4. Pilih PTS atau PTN?

Yap, tips satu ini juga ga boleh dianggap remeh lho. Selain mata kuliah, kamu juga wajib memilih perguruan tinggi yang akan menjadi tempatmu menuntut ilmu. Kenapa? Hal ini akan berpengaruh besar terhadap lingkungan tempatmu tumbuh.

Mulai dari UKM, organisasi kampus, sampai network yang akan kamu bangun di masa depan bisa berasal dari teman-teman di perkuliahan gengs. Selain itu, kamu juga bisa melihat nih prospek dari sebuah universitas.

Apakah universitas tersebut menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri (khususnya untuk kamu yang ingin melanjutkan S2)? Atau perusahaan apa aja sih yang berafiliasi dengan kampusmu? Jangan lupa cek ya guys.

5. Mulai Sekarang Juga!

Tips memilih jurusan kuliah yang terakhir ialah memulai sekarang juga! Apa tuh maksudnya? Jadi, penulis harap kamu bisa memulai pembelajaran untuk masuk perguruan tinggi sedini mungkin ya guys.

Penulis yakin, semakin matang persiapan yang kamu miliki maka semakin besar juga kemungkinan kamu meraih cita-cita tersebut. Ingat, ga ada perjuangan yang mengkhianati hasil.

Nah, itu tadi rangkuman materi Matematika kelas 12 K13 revisi khusus untuk kamu yang akan mengakhiri masa-masa indah di SMA. Yap, setiap awal akan selalu ada akhir. Namun, jangan lupa, setiap akhir bisa menjadi awal yang baru.

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 10 How To Use Photoshop

Yuk, mulai siapkan dan rencakan mimpimu dari sekarang. Semangat teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap,…