Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Hai teman-teman semua! Selamat datang di jenjang SMA. Wah, ga terasa ya kini kamu akan memulai masa putih abu-abu yang katanya menjadi momen paling menyenangkan selama sekolah.

Nah, hari ini penulis akan membagikan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 10 K13 revisi khusus untuk kamu aja gengs. Harapannya, semoga di tahun ajaran yang baru ini kamu bisa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Oke, tanpa menunggu lama lagi, tuk langsung simak ulasan di bawah ini ya teman-teman.

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 10 K13 Revisi

rangkuman sejarah

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Semester 1

Sama seperti pembelajaran sewaktu SMP, di SMA pun setiap mata pelajaran akan dibagi ke dalam dua semester. Di semester pertama ini kamu akan mempelajari berbagai hal seputar asal mula sejarah sampai manusia purba guys.

Oh iya, untuk mengakses berbagai rangkuman tersebut caranya mudah banget lho. Kamu tinggal klik judul rangkuman materi yang diinginkan dan tadaa! Laman website di smartphone atau laptopmu akan langsung berpindah menuju rangkuman yang diinginkan.

BabRangkuman MateriDownload
1Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan IndonesiaPDF

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Semester 2

Yap, dalam materi Sejarah Indonesia kelas 10 semester 1, kamu hanya menjumpai 1 materi aja gengs. Walaupun begitu, materi yang dibahas juga cukup banyak dan luas. Nah, di semester 2 ini juga terdiri dari dua bab aja kok. Bahkan mungkin pernah kamu pelajari sewaktu SMP dulu lho.

Baca Juga:  Materi Sejarah Indonesia Kelas 10 Bab 3 Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara

Oh iya, cara mengakses rangkuman materinya juga sama ya gengs. So, yuk langsung cek 2 bab materi Sejarah Indonesia di bawah ini.

BabRangkuman MateriDownload
2Pedagang, Penguasa, dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)PDF
3Islamisasi dan Silang Budaya di NusantaraPDF

Nah, itu tadi rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 10 K13 revisi yang penulis buat berdasarkan buku keluaran Kemdikbud guys.

Apakah sampai sini kamu masih bisa mengikuti pelajaran sejarah dengan baik? Penulis harap masih bisa mengikuti sekaligus tetap semangat dalam belajar ya teman-teman.

By the way, kali ini penulis juga ingin membagikan beberapa tips menghafal materi sejarah yang mungkin bisa membantumu untuk menghadapi ulangan sampai ujian. So, langsung simak ulasan di bawah ini ya gengs.

Tips Menghafal Materi Sejarah

rangkuman materi sejarah indonesia kelas 10 k13 revisi
Open book with history doodles and lettering. Education vector illustration.

1. Membuat Bagan

Tips kali ini penulis buat khusus untuk menghafal materi mengenai keluarga kerajaan. Nah, terkadang keluarga atau silsilah kerajaan hanya ditulis dalam bentuk uraian. Jujur hal ini susah sekali untuk diingat.

Sehingga, penulis sarankan agar membuat bagan khusus untuk keluarga kerajaan. Dengan cara ini kamu akan menjadi lebih paham sekaligus mudah untuk mengingat silsilah penting sampai yang saling berhubungan seperti Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia.

2. Menggunakan Highlighter

FYI guys, terkadang penulis sendiri menggunakan highlighter untuk menghafal. Kok bisa? Yap, highlighter kan berwarna-warni nih, seringkali kita lebih mengingat warna beserta letak dari uraian daripada isinya.

Dengan menggunakan highlighter, penulis harap kamu lebih bisa fokus khususnya saat membuka materi secara cepat sebelum ujian dimulai. Ga hanya itu, seperti yang telah disinggung di atas, warna dari highlighter sendiri akan lebih mudah diingat.

Baca Juga:  Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 11 Pertunjukkan Seni Musik

3. Rangkuman Seminggu Sekali

Next, tips menghafal materi sejarah berikutnya ialah membuat rangkuman seminggu sekali. Yuk coba kita bandingkan ya gengs. Lebih enak membuat rangkuman seminggu sekali atau belajar dari satu buku paket sehari atau seminggu sebelum ujian?

Yap, tentu lebih enak untuk membuat rangkuman seminggu sekali. Selain lebih santai, kamu juga bisa mengingat materi sejarah tanpa perlu repot-repot menghafal atau menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam).

4. Flashcards

Selanjutnya, ada flashcards. Yup, menggunakan flashcards saat belajar memang lebih menyenangkan daripada harus memaksa otak untuk mengingat segala bacaan yang mungkin terkesan monoton bagi beberapa pelajar.

Oh iya, karena bentuk flashcards yang kecil maka kartu-kartu ini juga bisa kamu bawa kemana-mana guys. Misalnya, saat dalam perjalanan menuju sekolah, saat menunggu dijemput atau bahkan sembari melakukan aktivitas lainnya.

5. Membaca novel sejarah

Tips menghafal materi sejarah yang terakhir ialah membaca novel sejarah. To be honest, penulis menggunakan cara ini mulai dari SMP sampai SMA. Berhubung membaca juga memberikan banyak manfaat maka penulis mencoba untuk rajin-rajin membaca novel sejarah.

Nah, karena membaca novel sendiri bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja maka tanpa sadar cerita-cerita sejarah di dalam novel tersimpan erat dalam ingatan penulis. Alhasil seringkali penulis menjawab berbagai soal berdasarkan sejarah yang seringkali menjadi latar belakang sebuah novel.

Nah, itu dia rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 10 K13 revisi beserta tips menghafal materi sejarah. Penulis harap, pelajaran ini ga hanya menjadi sampingan aja untuk dipelajari. Kalau bisa kamu memang sungguh-sungguh mempelajari materi ini, meskipun tidak memiliki impian untuk kuliah di jurusan sejarah.

Baca Juga:  Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 1 Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa

Ingat guys, Ir. Soekarno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya,” So, jangan lupa tetap semangat belajar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …