Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Hola semuanya! Apa kabarmu nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat, bahagia, dan tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari ya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 11 K13 revisi super lengkap khusus untuk kamu teman-teman. Nah, tanpa menunggu lagi, yuk simak ulasan di bawah ini ya gengs.

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 11 K13 Revisi

rangkuman sejarah

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Semester 1

Sama seperti rangkuman materi sejarah kelas 10, kali ini penulis juga akan membaginya ke dalam dua semester untuk mempermudahmu dalam belajar.

Di semester 1 ini, ada beberapa materi yang mungkin udah ga asing lagi untuk dipelajari guys. Seperti kolonialisasi atau imperialisme di Indonesia pada zaman penjajahan silam.

Oh iya, untuk mengakses rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 11 K13 revisi ini mudah banget lho. Kamu tinggal klik judul rangkuman yang diinginkan dan tadaa! Laman smartphone atau laptopmu akan langsung berpindah ke materi yang diinginkan.

So, yuk langsung belajar bersama-sama lewat rangkuman di bawah ini.

BabRangkuman MateriDownload
1Antara Kolonialisme dan ImperialismePDF
2Perang Melawan Kolonialisme dan ImperialismePDF
3Dampak Perkembangan Kolonialisme dan ImperialismePDF
4Sumpah Pemuda dan Jati Diri KeindonesiaanPDF

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Semester 2

Next, setelah asyik berselancar di berbagai rangkuman materi sejarah semester satu, kini saatnya kita melanjutkan perjalanan ke materi sejarah di semester 2.

Baca Juga:  Materi Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Tirani Matahari Terbit

Pada materi Sejarah Indonesia semester 2 ini, kamu akan memasuki bab tentang kedatangan Jepang sampai kemerdekaan Indonesia.

Oh iya, cara akses setiap materinya masih sama seperti di semester 1 ya guys. So, yuk kita lanjutkan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 11 K13 revisi di bawah ini.

BabRangkuman MateriDownload
5Tirani Matahari TerbitPDF
6Indonesia MerdekaPDF
7Revolusi Menegakkan Panji-Panji NKRIPDF

Nah, itu tadi berbagai materi yang akan kamu pelajari selama kelas 11 ini guys. Bagaimana, sudahkah kamu paham tentang pelajaran Sejarah Indonesia kali ini?

Yap, penulis juga pernah merasakan bagaimana rasanya duduk di bangku kelas 11 SMA guys. Rasanya ga sibuk, tetapi juga sibuk hehehe. Kadang juga merasa kesulitan mengikuti materi sejarah yang banyak banget hafalan dan catatannya.

Akan tetapi, salah satu guru penulis sendiri memberi saran untuk mengatasi hal ini. Cara mempelajari Sejarah Indonesia selain melalui berbagai materi yang monoton, maka kamu bisa membacanya lewat berbagai novel menarik.

By the way, cara ini terbukti ampuh lho guys. Selain meningkatkan minat literasi, membaca buku juga bisa mengasah ketajaman kita dalam berbahasa sekaligus belajar sejarah tanpa beban hafalan yang cukup menjenuhkan.

Oleh karena itu, selain rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 11 K13 di atas, penulis juga akan membagikan beberapa rekomendasi novel sejarah yang menarik banget untuk dibaca. So, langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

Rekomendasi Novel Sejarah Menarik untuk Pelajar

rangkuman materi sejarah indonesia kelas 11 k13 revisi
Old globe on bookshelf background. Selective focus. Retro style. Science, education, travel, vintage background. History and geography team.

1. Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer

Rekomendasi novel sejarah pertama ialah Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Siapa sih yang ga tau novel satu ini? Pada tahun 2019 saja, novel yang menjadi awal mula dari Tetralogi Pulau Buru ini diadaptasi ke layar lebar lho.

Baca Juga:  Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 3 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin

Nah, ceritanya tentang apa sih? Singkatnya, kamu akan diajak menjelajahi isi kepala Minke sang tokoh utama dari novel ini. Minke merupakan seorang pribumi yang masuk ke HBS (sekolah khusus orang-orang keturunan Eropa).

2. Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

Next, rekomendasi novel sejarah yang kedua ialah Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Novel ini bercerita mengenai kisah kelam sekaligus tabu dari Sejarah Indonesia, yakni gerakan aktivis pada tahun 1998.

Secara sederhana, Laut Bercerita akan membawa kita pada kisah seorang pemuda bernama Biru yang yang bergabung dalam sebuah gerakan mahasiswa di tahun ’98. Kisah pergolakan politik dan idealisme turut diangkat dalam novel ini.

Ga hanya itu, Laut Bercerita juga menghadirkan berbagai kisah pribadi dari seorang Biru. Ia yang menjadi sahabat, jatuh cinta, sampai persoalan keluarga menambah kompleksitas dari novel ini.

3. Teh dan Pengkhianat Karya Ikhsaka Banu

Selanjutnya ada Teh dan Pengkhianat karya Ikhsaka Banu. Buku ini berbentuk kumpulan cerita yang terdiri dari 13 cerita pendek berlatar belakang sejarah. Sebelumnya, penulis ingin kasih tahu kalau Ikhsana Banu juga pernah menulis kumpulan cerita berjudul Semua Untuk Hindia (ini bagus banget gengs!).

Oke, lanjut. Nah, Teh dan Pengkhianat akan membawamu menyusuri ketimpangan sosial dan penderitaan yang dialami pribumi selama penjajahan. Tak hanya itu, kisah dalam kumcer ini juga berfokus pada harapan, kemanusiaan, sampai perjuangan mencapai keadilan yang tidak melulu berfokus pada kekayaan saja.

4. Amba Karya Laksmi Pamuntjak

Amba Karya Laksmi Pamuntjak menjadi rekomendasi novel sejarah berikutnya. Buku ini mengangkat kisah seorang perempuan yang mencari kekasihnya sampai ke Pulau Buru. FYI, Pulau Buru merupakan penjara bagi tahan politik di masa Hindia-Belanda sampai Orde Baru.

Baca Juga:  Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 14 Kritik Seni Tari

By the way, kisah Amba tidak hanya romance picisan aja lho gengs. Melainkan ada berbagai nilai tentang perempuan, moralitas, sampai sejarah G 30 S PKI sampai ke Orde Baru. Kisah ini menarik banget untuk dibaca!

5. Burung-Burung Manyar Karya Y.B Mangunwijaya

Rekomendasi novel sejarah yang terakhir ada Burung-Burung Manyar karya Y.B Mangunwijaya. Wah, tulisan Pak Mangunwijaya ini memang patut diacungi jempol gengs. Bagus banget! Hampir semua tulisan beliau mengambil latar belakang sejarah.

Mulai dari Burung-Burung Manyar, Durga Umayi, Rara Mendut, dan masih banyak lagi. Nah, kalau Burung-Burung Manyar sendiri bercerita tentang seorang pemuda yang terikat dengan masa-lalunya sehingga gagal menjalani kehidupan walaupun memiliki pendidikan yang tinggi.

Oh iya, Burung-Burung Manyar juga bisa dikategorikan ke dalam novel psikologis yang mengambil latar belakang penjajahan Jepang dan Belanda di Indonesia.

Nah, itu tadi rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 11 K13 revisi dan beberapa rekomendasi novel sejarah yang bisa menambah pemahamanmu mengenai masa lalu Indonesia.

Selagi masih kelas 11 maka jangan sia-siakan waktu yang kamu miliki ya teman-teman. Sebisa mungkin mengikuti berbagai lomba, organisasi, sampai berbagai kegiatan lainnya untuk menambah sertifikat yang bisa berguna untuk kuliah nanti.

Semangat teman-teman semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …