Kamu Anak Jurusan Sastra Inggis? Ketahui Nih 8 Novel Untuk Anak Jurusan Sastra Inggris yang Wajib Banget Kamu Baca!

Wah, ga terasa nih sebentar lagi tahun ajaran baru bagi mahasiswa akan dimulai guys. Di akhir bulan Agustus sampai pertengahan Juli menjadi saat-saat paling mendebarkan bagi angkatan 2021. Namun, sebelum memasuki tahun ajaran baru, ada baiknya kamu mengetahui apa aja sih mata kuliah di jurusanmu.

Nah, kali ini penulis ingin membagikan beberapa novel untuk anak jurusan Sastra Inggris yang wajib banget dibaca. Mumpung masih ada banyak waktu sebelum menemui berbagai tugas kuliah, ada baiknya kamu membaca beberapa novel di bawah ini dulu guys! So, tanpa menunggu, buruan scroll ulasan berikut ya!

Novel Untuk Anak Jurusan Sastra Inggris yang Wajib Dibaca!

1. Pride and Prejudice karya Jane Austen

novel untuk anak jurusan Sastra Inggri
Sumber: Amazon.in

Novel pertama yang selalu ada di jurusan Sastra Inggris adalah Pride and Prejudice karya Jane Austen. Karangan satu ini akan selalu menjadi bacaan wajib bagi mahasiswa Sastra Inggris di seluruh kampus dunia.

Mulai dari Indonesia, sampai kampus kenamaan seperti University of London menggunakan novel ini sebagai rujukan dalam berbagai makalah. Lantas, Pride and Prejudice ini bercerita tentang apa sih?

So, fokus utama dalam novel ini adalah kisah kehidupan sekaligus lika-liku percintaan Elizabeth Bennet. Ia adalah seorang gadis yang berasal dari Desa Longbourn. Elizabeth atau akrab disapa Lizzy, merupakan anak dari Mr. Bennet.

Meskipun kehidupan mereka berkecukupan, karena Mr. Bennet tidak memiliki anak laki-laki maka ketika meninggal Mr. Bennet wajib menyerahkan seluruh harta kekayaannya kepada sang adik yakni Mr. Collins. Dari sinilah, kisah kehidupan dan pergulatan cinta ke-4 anak Mr. Bennet termasuk Lizzy sebagai tokoh utama dimulai.

2. Wuthering Heights karya Emily Bronte

Next, novel untuk anak jurusan sastra inggris yang wajib dibaca ialah Wuthering Heights karya Emily Bronte. Yap, novel ini sendiri termasuk bacaan favorit penulis guys! Gimana engga sih, ceritanya super menarik dan emosinal banget untuk dihayati.

Baca Juga:  Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

Secara sederhana, Wuthering Heights bercerita tentang hubungan terlarang antara Heathcliff dengan Catherine. Cerita bermula dari seorang pria bernama Mr. Lockwood yang terjebak dalam badai salju sehingga terpaksa menginap di rumah seseorang bernama Mr. Heathcliff.

Dari sinilah Mr. Lockwood menyadari adanya kejanggalan pada rumah sekaligus pribadi Mr. Heathcliff. Mr. Heathcliff sendiri merupakan anak angkat Mr. Earnshaw. Seorang pria yang memiliki  2 anak bernama Hindley dan Catherine.

Yap, dugaanmu benar guys! Kisah cinta terlarang ini dikarenakan Catherine sebagai anak Mr. Earnshaw menjalin kisah cinta dengan Mr. Heathcliff. Cinta mereka tumbuh bertahun-tahun sedari dini dan tidak berbuah manis karena Catherine pun menikah dengan pria lain. Lantas, bagaimana dengan Heatcliff? Nah, kelanjutannya bisa kamu baca di novel guys!

3. Hamlet karya William Shakespeare

novel untuk anak jurusan Sastra Inggri
Sumber: Amazon.in

Apabila mendengar nama Shakespeare, maka hal pertama yang terlintas di benakmu pasti kisah cinta tragis Romeo dan Juliet bukan? Usut punya usut gengs, Shakespeare tidak hanya menulis kisah percintaan Romeo Juliet saja. Ada puluhan kisah karangan Shakespeare yang mendunia.

Salah satunya ialah naskah drama terpanjang miliknya yakni Hamlet. Hamlet merupakan kisah yang ditulis Shakespeare sekitar tahun 1590-1600. Naskah ini bercerita tentang balas dendam arwah Raja Hamlet yang dibunuh oleh adiknya sendiri.

Sang anak pangeran Hamlet yang mengetahui hal ini sontak menyusun strategi dan juga menyiapkan berbagai tipu muslihat untuk membunuh pamannya sendiri, Claudius. Yap, naskah drama ini terdiri dari 5 babak panjang dengan banyak tokoh pendukung.

Penulis sarankan untuk membaca Hamlet dengan tingkat kefokusan yang tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak pesan tersirat, tema terselubung, dan juga psikologi tokoh yang memengaruhi jalan cerita.

4. The Great Gatsby karya F. Scott Fitzgerald

Novel untuk anak jurusan Sastra Inggris berikutnya ialah The Great Gatsby karangan F. Scott Fitzgerald. Hehe, namanya memang agak susah guys, tetapi ceritanya engga sesusah nama pengarangnya kok.

Baca Juga:  Download Buku Guru dan Siswa Kelas 12 K13 Revisi 2018

The Great Gatsby adalah kisah tentang Jay Gatsby seorang orang kaya baru yang mengadakan pesta di kediamannya, di Long Island. Berbeda dengan orang kaya pada umumnya, Gatsby memiliki kepribadian yang cukup misterius dan tertutup.

Cerita berlanjut ketika Gatsby bertemu dengan tetangga barunya, Nick dan mengetahui bahwa Nick adalah sepupu dari perempuan yang pernah dicintainya Daisy. Yap, dari sini kamu akan diajak mengunjungi masa lalu Gatsby yang cukup tragis dan kisah cintanya dengan Daisy.

5. Animal Farm karya George Orwell

Kamu Anak Jurusan Sastra Inggris? Ketahui Nih 8 Novel untuk Anak Jurusan Sastra Inggris yang Wajib Kamu Baca!
Sumber: Amazon.ca

Penulis tak pernah bosan menyampaikan bahwa Animal Farm adalah mahakarya brilian yang pernah diciptakan manusia. Kisahnya terkesan ‘main-main’ dan unik yakni mengangkat tokoh berupa babi dan hewan-hewan yang sering kamu jumpai di fabel.

Akan tetapi, kisah tersebut engga ‘semudah’ yang kamu bayangkan lho guys! Animal Farm mengandung kritik yang tajam tentang pemerintahan, kapitalisme, dan juga kemanusiaan.

Sebuah tema yang sangat kontras kalau kamu bandingkan dengan kisah fabel di buku anak-anak. Ga hanya itu, penggambaran dan penempatan tokoh seperti Babi Napoleon maupun Kuda pekerja sangat sesuai dengan kondisi masyarakat.

6. Dunia Sophie karya Jostein Gaarder

Lanjut ke novel untuk anak jurusan Sastra Inggris yang kalah menarik! Dunia Sophie, sebagian besar pembaca menganggap buku ini sebagai bacaan awal untuk memahami dunia filsafat.

Betul banget gengs! Sebelum masuk ke berbagai aliran filsafat dan hakikat filsafat sendiri, ada baiknya kamu membaca buku karangan Jostein Gaarder ini. Dunia Sophie bercerita tentang Sophie seorang gadis normal berusia 14 tahun yang mendapatkan pesan misterius.

Pesan itu bertuliskan “Siapa Aku?”. Yap, dari sinilah petualangan Sophie dimulai! Pesan-pesan pun mulai berdatangan dan misteri tersebut harus dipecahkan olehnya. Yup, Dunia Sophie adalah salah satu bacaan wajib anak Sastra Inggris gengs!

7. The Adventures of Tom Sawyer karya Mark Twain

Kamu Anak Jurusan Sastra Inggris? Ketahui Nih 8 Novel untuk Anak Jurusan Sastra Inggris yang Wajib Kamu Baca!
Sumber: Amazon.com

Novel untuk anak jurusan Sastra Inggris kali ini bisa disebut sebagai salah satu tonggak berdirinya sastra di Amerika. Singkat cerita, novel ini berisi petualangan seorang anak laki-laki bernama Thomas Sawyer. Thomas yang akrab dipanggil Tom adalah seorang anak yang aktif dan senang berpetualang.

Baca Juga:  Rekomendasi Buku Bacaan untuk Guru Pembelajar

Nah, kisah menjadi menarik ketika si kecil Tom jatuh hati kepada anak perempuan bernama Becky Thatcher. Eh sayang-disayang, hati Becky tidak semudah petualangan Tom. Sehingga, dengan rasa kesal dan sedih ia memutuskan untuk berkelana.

Novel ini sangat menarik untuk dibaca dan diulas. Sebagai salah satu novel paling awal dari sastra Amerika, Tom Sawyer cukup mendapat ulasan positif dari para kritikus.

8. Sastra Klasik

Yap, novel untuk anak jurusan Sastra Inggris yang terakhir ialah sastra klasik. Kenapa penulis sebut sebagai sastra klasik? Karena sebenarnya masih ada ribuan novel lain yang patut kamu baca atau paling tidak ketahui.

Beberapa di antaranya ialah buku karya Charlotte Bronte seperti Jane Eyre. Kemudian belasan karya Charles Dickens seperti A Tale of Two City atau The Great Expectations. Karangan Victor Hugo yang tragis berjudul Les Misérables juga ga kalah menarik guys.

Sampai berbagai novel puritan maupun karya penulis kenamaan George Elliot. Ada banyak banget guys! Eits, ga ketinggalan penyair-penyair seperti Emily Dickinson, Sylvia Plath, maupun ratusan naskah karya Willian Shakespeare yang paling tidak kamu baca resensi atau bukunya.

So, itu tadi gengs berbagai novel untuk anak jurusan Sastra Inggris yang wajib banget dibaca! Saran penulis, usahakan untuk membaca buku paling tidak 1-2 buku dalam sebulan untuk kamu yang ingin maupun sudah masuk jurusan Sastra Inggris. So, semangat guys!

Penulis kasih satu quotes super romantis dari novel karya Charles Dickens, Our Mutual Friends.

You could draw to fire, you could draw me to water, you could draw me to the gallows, you could draw me to any death, you could draw me to anything I have most avoided. This and the confusion of my thoughts, so that I am fit for nothing, is what I mean by your being the ruin of me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …