Perbedaan Ilmu Pemerintahan dengan Ilmu Politik

Dalam bernegara tentunya kita akan mengenal yang namanya pemerintahan. Begitu juga dengan kata politik yang sering dipakai dalam sektor pemerintahan. Mungkin kalian bertanya tanya, kenapa ada 2 jenis ilmu yang berbeda dalam 1 bidang? Berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan ilmu pemerintahan dengan ilmu politik.

Perbedaan Ilmu Pemerintahan dengan Ilmu Politik

1. Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan suatu organisasi, entah itu organisasi yang berlembaga yudikatif, eksekutif, legislatif ataupun organisasi lainnya yang diatur oleh UU. Selain itu, kamu juga harus bisa mengkaji permasalahan organisasi, manajemen, administrasi dan lain lain.

Selain dibekali ilmu pemerintahan, kamu juga dibekali skill negosiasi, komunikasi, berpikir logis, berpikir kritis, problem solving dan dapat melakukan analisis. Semua skill tersebut akan digunakan ketika masa pembelajaran. Dan bahkan skill itu tidak hanya digunakan ketika kuliah saja, namun juga ketika di dunia kerja nanti.

Mata kuliah ilmu pemerintahan juga banyak dan menunjang dari kompetensi dasar bagi lulusan ilmu pemerintahan. Diantaranya ialah pendidikan kewarganegaraan, pengantar ilmu politi, statistik sosial, pengantar ilmu pemerintahan, ekologi pemerintahan, sistem hukum indonesia, etika politik dan pemerintahan, hukum tata pemerintahan dan lain sebagainnya.

Bagaimana dengan prospek kerja lulusan ilmu pemerintahan? Di bidang apa nanti akan kerja? Prospek kerja ilmu pemerintahan cukup beragam. Kamu bisa menjadi spesalis hubungan masyarakat, pengawas dan penyelidik properti pemerintahan, peneliti politik, konsultan politik, wartawan, dosen dan lain sebagainnya.

Universitas yang menyediakan jurusan pemerintahan cukup banyak, dan rata rata semuanya negeri. Diantaranya Universitas Brawijaya, UGM, Universitas Hasanudin, UNDIP, Universitas Lampung dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun jurusan terkait dengan ilmu pemerintahan adalah ilmu politik, kearsipan, administrasi publik, demografi dan pencatatan sipil, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

2. Ilmu Politik

Hampir sama seperti ilmu pemerintahan, bedanya adalah ilmu politik adalah suatu cabang ilmu yang membahas mengenai teori dan praktek politik serta deskripsi, analisis sistem politik, dan perilaku politik. Jadi kalau ilmu pemerintahan membahas tentang pemerintahan sedangkan ilmu politik tentang perpolitikannya.

Skill yang harus dimiliki oleh akademisi ilmu politik adalah kemampuan negosiasi, berpikir rasional, meneliti, komunikasi, observasi, problem solving dan melakukan analisis. Karena di ilmu politik kamu akan mempelajari mengenai suatu masalah perpolitikan serta memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut, maka skill tersebut harus kamu miliki.

Untuk mata kuliah yang akan kamu hadapi ketika di ilmu perpolitikan adalah pengantar ilmu politik, ilmu antropologi, metodologi ilmu politik, politik perkotaan, sistem politik indonesia, pemerintahan dan politik desa, pemilu dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain mempelajari politik indonesia, kamu juga akan mempelajari politik diberbagai negara di dunia.

Mungkin kamu bertanya tanya, apakah dengan kuliah jurusan ilmu politik akan menjadi pejabat? Tidak harus, kamu bisa menekuni jenis karir yang lain, seperti diplomat, PNS, politisi, jurnalis, penyiar, Atase perdagangan luar negeri dan lain lain.

Sudah banyak universitas yang membuka jurusan ilmu politik. Diantaranya ialah UGM, UI, UNPAD, Universitas Brawijaya, UNDIP, UNNES, dan lain lain. Buat kamu yang jurusan IPS, kamu bisa menaruh pilihan ilmu politik di daftar jurusan pilihanmu.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan antara ilmu pemerintahan dengan ilmu politik? Informasi ini diharapkan dapat memberikan pencerahan buat kamu yang ingin memilih jurusan dan agar tidak salah jurusan. Walaupun sebenarnya kedua ilmu ini saling berkaitan satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ide Dekorasi Kelas Tema Wayang dan Tips Dekorasinya

Ide Dekorasi Kelas |¬†Pernah kepikiran tentang dekorasi kelas tema wayang? Dekorasi kelas a…