8 Prospek Kerja Jurusan Sosiologi Paling Menarik serta Bergaji Besar

Program studi sosiologi menjadi salah satu yang paling sering dipertanyakan mengenai prospek pekerjaan atau pilihan profesi setelah lulus nanti. Bahkan sebagian masyarakat masih memandang sebelah mata jurusan satu ini karena dianggap sepi peminat atau bahkan kurang memiliki prospek pekerjaan di masa depan. 

Eits, jangan salah teman-teman! Pada kesempatan kali ini, penulis hendak membagikan beberapa rekomendasi prospek kerja jurusan sosiologi yang sangat diperlukan di masa depan. Khusus untuk kamu yang ingin sekali masuk ke program studi sosiologi, maka jangan berkecil hati karena ternyata ada banyak kok lapangan kerja yang tersedia. 

So, tanpa berbasa-basi lagi, langsung aja kita simak ulasan mengenai profesi lulusan sosiologi di bawah ini ya guys! Siapa tahu ada yang berhasil menarik perhatianmu!

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

prospek kerja jurusan sosiologi
Image by Gerd Altmann from Pixabay

1. Sosiolog

Prospek kerja jurusan sosiologi yang pertama adalah menjadi seorang sosiolog. Yap, profesi satu ini bisa dibilang menjadi cita-cita hampir seluruh mahasiswa yang masuk ke jurusan sosiologi. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dalam menilai pekerjaan dari seorang sosiolog. 

Secara sederhana, sosiolog memiliki tugas untuk mempelajari, memahami, serta membuat analisis mengenai perilaku sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Seorang sosiolog diharapkan memiliki kepekaan yang kuat dalam menilai gejala sosial yang ada di masyarakat. 

Lantas manfaatnya untuk apa sih? Hal ini dimanfaatkan untuk melihat lebih jauh adakah kemungkinan yang ditimbulkan dari gejala sosial tersebut. Apakah dapat mengindikasikan terjadinya sebuah kejahatan atau perkembangan suatu kelompok masyarakat. Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang sosiolog guys?

2. Dosen Sosiologi

Next, prospek kerja jurusan sosiologi berikutnya adalah menjadi seorang dosen sosiologi. Eits, jangan salah, jurusan satu ini ternyata memiliki peminat cukup banyak, bahkan perguruan tinggi swasta maupun negeri banyak yang membuka program studi sosiologi guys. 

Baca Juga:  5 Situs Kuliah dan Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa

Oleh karena itu, akan sangat besar peluangmu untuk bekerja sebagai seorang dosen sosiologi. Oh iya, penulis juga seringkali menyinggung bahwa pekerjaan sebagai seorang sosiologi tidak melulu mengharuskanmu mengajar atau belajar lho. 

Sebagai seorang dosen, pekerjaanmu bisa dibilang cukup fleksibel karena kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan lain. Mulai dari menjadi konsultan untuk pemerintah, jurnalis, atau bahkan pengusaha. 

3. Politisi

Prospek kerja jurusan sosiologi berikutnya adalah menjadi seorang politisi. Sebagaimana ilmu sosial yang tak akan jauh-jauh juga dari pembelajaran mengenai politik dan perkembangannya di Indonesia, maka kamu juga akan belajar politik hingga pemerintahan guys. 

Salah satu mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan sosiologi adalah sosiologi hukum, sosiologi ekonomi, bahkan mengenai sistem sosial. Artinya, sosiologi sendiri menjadi sebuah ilmu yang beririsan dengan banyak disiplin ilmu lainnya. 

Nah, untuk menjadi politisi yang handal kamu membutuhkan kemampuan dalam melihat keadaan dan situasi yang terjadi di lapangan dengan cermat. Ini menjadi salah satu yang kamu pelajari juga dalam mata kuliah sosiologi guys. Bagaimana kamu tertarik untuk menjadi seorang politisi?

4. Staf Pemerintahan

Selain menjadi politisi, kamu juga sangat dimungkinkan bekerja di sektor pemerintahan. Baik sebagai seorang staf hingga pejabat publik guys. Lagi-lagi karena fokus dalam jurusan ini yang mempelajari situasi di masyarakat, sehingga memudahkan untuk bekerja di berbagai sektor pemerintahan atau pelayanan publik. 

Kamu bisa bekerja di divisi advokasi, hubungan masyarakat, atau divisi lain yang sesuai dengan keinginan serta passionmu guys. Selain itu, sebagai seorang lulusan sosiologi sangat besar kemungkinan kamu bekerja di bidang pelayanan publik. 

5. Jurnalis

Cukup banyak lulusan sosiologi yang bekerja sebagai seorang jurnalis. Baik jurnalis untuk media dalam negeri maupun luar negeri. Nah, jurnalis memang bisa menjadi salah satu prospek kerja jurusan sosiologi karena sebagai seorang lulusan sosiologi kamu terbiasa untuk mencermati peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat. 

Baca Juga:  10 Jurusan IPS Bergaji Besar di Indonesia! Apakah JurusanmuTermasuk?

Kamu berusaha untuk melihat sebuah situasi dari berbagai sisi, hingga dampak yang mungkin ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tak hanya itu, penulis yakin bahwa kebanyakan rumpun ilmu SOSHUM seperti sejarah, hukum, termasuk sosiologi memaksamu untuk menulis lebih banyak daripada rumpun ilmu SAINTEK. 

Akibatnya, tanpa disadari kamu terbiasa untuk menulis, mulai dari esai, argumentasi, analisis sederhana, hingga karya tulis atau skripsi. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai seorang jurnalis akan sangat sesuai dengan kemampuan yang telah kamu asah guys. 

6. Analis Kebijakan Sosial

Masih berhubungan dengan dunia politik serta pemerintahan, prospek kerja jurusan sosiologi berikutnya adalah sebagai analis kebijakan sosial. Yap, pekerjaan satu ini cukup dibutuhkan di Indonesia atau bahkan beberapa negara berkembang di dunia. Hal ini karena kebijakan tidak serta-merta dibuat tanpa melihat keadaan lapangan. 

Sebagai seseorang yang belajar mengenai kondisi sosial hingga struktur masyarakat, maka akan sangat dimungkinkan untukmu bekerja sebagai seorang analis kebijakan. Lantas apa sih jobdesk sebagai seorang analis kebijakan? 

Salah satu tugas dari analis kebijakan adalah mencermati, mengobservasi, serta melakukan analisis terhadap kebijakan yang akan diterbitkan guys. Apakah kebijakan tersebut menjawab kebutuhan masyarakat, kemudian bagaimana konsekuensi yang ditimbulkan, serta kinerja dari kebijakan tersebut. 

7. Human Resource atau Personalia

Eits, jangan salah guys, ternyata ga hanya lulusan jurusan psikologi aja lho yang bisa menjadi seorang Human Resource atau yang akrab disapa HRD. Prospek kerja jurusan sosiologi satu ini juga bisa dilakukan oleh lulusan ilmu hukum juga guys. Jadi, sangat terbuka lebar untuk segala program studi. 

Nah, sebagai seorang HRD kamu memiliki jobdesk dalam menyelenggarakan rekrutmen untuk suatu perusahaan, mengadakan training, hingga melakukan agenda evaluasi maupun administrasi bagi karyawan perusahaan. 

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Secara singkat, seorang human resource akan berusaha menjaga produktivitas dari para pekerjanya sehingga dapat bekerja dengan maksimal guys. Bahkan apabila terjadi konflik internal antar karyawan, maka HRD yang bertugas untuk menengahi konflik tersebut sehingga tidak mengganggu pekerjaan. 

8. Market Researcher

Prospek kerja jurusan sosiologi yang terakhir adalah menjadi seorang market researcher. Profesi satu ini bisa dibilang low profile, tetapi sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan terutama perusahaan multinasional hingga internasional. 

Buat kamu yang masih asing dengan pekerjaan satu ini, maka penulis akan bantu untuk menjelaskan jobdesk yang dilakukan market researcher. Secara sederhana, market researcher akan berperan dalam melakukan identifikasi terkait hal-hal yang menyangkut marketing dari suatu perusahaan. 

Setelahnya, ia akan melakukan analisis market untuk menghasilkan peluang besar bagi perusahaan serta melakukan penyusunan tehadap suatu produk. Menariknya, pekerjaan satu ini cukup menjanjikan lho guys. Seorang fresh-graduate saja bisa menghasilkan 5.000.000 atau lebih apabila bekerja sebagai market researcher. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi prospek kerja jurusan sosiologi yang mungkin bisa menjadi salah satu profesimu di masa depan. Bagaimana guys? Apakah kini kamu sudah semakin tercerahkan mengenai profesi yang bisa kamu pilih di masa depan? 

Terlepas dari itu, penulis selalu yakin kalau kamu mempelajari sesuatu dengan sungguh-sungguh maka percaya deh kalau akan selalu ada jalan yang tersedia bagimu untuk tumbuh dan berkembang guys. Jadi, kuncinya adalah selalu semangat, pantang menyerah, dan tetap belajar ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Info Terlengkap Jurusan Fisika Murni Beserta 5 Prospek Paling Menjanjikan di Indonesia

Masa-masa di bangku akhir SMA menjadi salah satu waktu paling membingungkan yang dihadapi …