Info Jurusan Sosiologi Beserta 5 Mata Kuliah Menarik, Khususnya Untuk Kamu yang Senang Membaca!

Siapa nih di antara kamu yang senang melihat sekaligus mempelajari perilaku dalam masyarakat? Kamu hobi banget mempertanyakan kenapa bisa kemiskinan terjadi atau bagaimana sih suatu masyarakat bisa terbentuk? Nah, kalau kamu termasuk orang yang kepo tentang hal demikian, kali ini penulis membawa kabar gembira nih.

Khusus untuk kamu angkatan 2022 yang mungkin bingung masuk jurusan apa, kali ini penulis ingin membagikan berbagai info jurusan sosiologi nih. Apa sih jurusan sosiologi itu? Belajar apa aja? Apa hubungannya dengan perilaku masyarakat dan keingintahuan di atas? Cari jawabannya dengan membaca ulasan di bawah ini ya!

Kenalan yuk dengan Jurusan Sosiologi

info jurusan sosiologi

Untuk kamu yang masuk ke penjurusan IPS di SMA, tentu udah ga asing dengan mata pelajaran sosiologi dong. Yap, sosiologi merupakan cabang ilmu sosial yang berfokus untuk mempelajari interaksi dalam suatu masyarakat.

Di dalamnya kamu akan bertemu dengan berbagai materi menarik. Mulai dari konflik sosial sampai permasalahan gender. Ga hanya itu gengs, salah satu info jurusan sosiologi yang wajib kamu ketahui ialah ilmu ini ga pernah berdiri sendiri. Akan selalu bergabung dan diperlukan dalam ilmu lain, seperti hukum, ekonomi, agama, dan masih banyak lagi.

Oh iya, info jurusan sosiologi lainnya ialah banyak beasiswa yang diberikan universitas luar negeri bagi kamu yang berminat mempelajari ilmu satu ini. Mulai dari Science’s Po di Paris sampai University College London di Inggris, setiap tahunnya rajin memberikan beasiswa bagi kamu yang berminat mempelajari  sosiologi di kampus tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Jurusan Farmasi dan Prosfek Kerjanya

Belajar Apa Aja di Jurusan ini?

info jurusan sosiologi
Sociology concept. Book on a wooden background.

1. Teori Pengantar Sosiologi

Setelah mengetahui secara sederhana apa itu sosiologi, info jurusan sosiologi selanjutnya ialah mata kuliah yang akan kamu pelajari guys. Yap, seperti biasa akan penulis mulai dari pengantar ilmunya terlebih dahulu.

Nah, di mata kuliah ini, kamu akan bertemu dengan berbagai tokoh sampai pengenalan lebih lanjut tentang apa sih sosiologi itu, objek apa saja yang dipelajari, subjek dari ilmunya, dan masih banyak lagi.

FYI guys, teori sosiologi itu dibagi menjadi dua nih. Pertama, ada teori sosiologi klasik. Kedua, ada teori sosiologi modern. Perbedaannya apa sih? Cari tahu secara detail dan lengkap di mata kuliah ini ya.

2. Psikologi Sosial

Next, ada mata kuliah psikologi sosial. Penulis sempat singgung nih di atas kalau sosiologi sendiri merupakan ilmu yang berkaitan dengan banyak disiplin ilmu lainnya. Salah satunya ialah psikologi sosial.

Apa sih psikologi sosial itu? Ada dua unsur nih yang menjadi fokus dalam mata kuliah ini, psikologi dan sosial. Artinya, kamu akan mempelajari berbagai perilaku manusia (psikologi) dalam konteks sosial (bermasyarakat).

By the way, pelajaran ini ga hanya kamu pelajari di jurusan sosiologi aja lho. Ternyata di jurusan psikologi, kamu juga akan membahas mata kuliah satu ini guys.

3. Masalah Sosial

Info jurusan sosiologi satu ini ga boleh terlewatkan gengs. Kalau dari tadi penulis hanya menjabarkan tentang teori saja, kali ini di jurusan sosiologi kamu akan mempelajari juga masalah sosial.

Bisa dibilang, masalah sosial atau konflik sosial ini menjadi poin terpenting saat kamu mempelajari sosiologi. Ga akan ada teori yang bermunculan kalau engga dimulai dari sebuah masalah guys.

Kira-kira masalah sosial apa sih yang dipelajari? Banyak guys. Mulai dari kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, konflik antar kelas sosial, dan masih banyak lagi. Mata kuliah satu ini memang menarik banget untuk dipelajari.

Baca Juga:  10 Tips Mencari Beasiswa Bagi Mahasiswa S1 Untuk Membantu Biaya Kuliah

4. Gender

Ini dia nih salah satu mata kuliah super menarik di jurusan sosiologi, apalagi kalau bukan gender. Mata kuliah satu ini memang menjadi kesukaan banyak mahasiswa sosiologi gengs. Tentunya dalam mata kuliah ini kamu akan belajar seputar gender, kelas gender, serta konflik sosial yang berhubungan dengan gender.

5. Sosiologi dengan ilmu lain

Last but not least, di jurusan sosiologi kamu juga akan mempelajari berbagai ilmu yang beririsan dengan sosiologi guys. Mulai dari sosiologi hukum, sosiologi ekonomi, sosiologi lingkungan, filsafat sosiologi, dan masih banyak lagi.

Jadi, ilmu sosiologi ini memang memiliki dasar pengetahuan yang luas banget. Secara kan kita hidup dalam lingkup bermasyarakat, tentu dong akan ada banyak masalah yang timbul dan bisa menjadi dasar dari pembentukan teori-teori sosiologi.

Universitas dengan Jurusan Sosiologi Terbaik

info jurusan sosiologi
“The Radcliffe Camera and All Souls College in Oxford, UK”
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Padjajaran
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Brawijaya
  5. Universitas Udayana
  6. Universitas Negeri Solo

Prospek Pekerjaan Jurusan Sosiologi

info jurusan sosiologi
During the monthly homeowners meeting, a mature adult homeowner talks about problems he has had with wildlife on his property.

1. Sosiolog

Setelah mengetahui berbagai info jurusan sosiologi seputar mata kuliah sampai universitas, kali ini penulis juga akan membagikan beberapa prospek pekerjan di jurusan sosiologi.

Pertama, tentunya ada sosiolog. Yap, sosiolog sendiri merupakan sebutan bagi kamu yang memiliki keahlian khusus di bidang sosiologi. Kerjanya ngapain sih? Banyak gengs. Kamu bisa menjadi seorang peneliti sampai penulis.

By the way, sosiolog ini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan, lembaga swadaya, pemerintah, sampai universitas lho. Apalagi di luar negeri? Wah, banyak banget deh prospek pekerjaan untuk seorang sosiolog.

2. Dosen

Kedua, kamu bisa banget menjadi seorang dosen. Yap, jurusan sosiologi sendiri sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun gengs. Apalagi dengan berbagai akses untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S2 sampai S3.

Baca Juga:  Yuk Kenalan Dengan Teknik Lingkungan, Salah Satu Jurusan Unik yang Ada di Indonesia!

Ga hanya itu, kini ada banyak universitas yang membuka progdi sosiologi. So, akan menjadi sebuah kesempatan emas untukmu menjadi seorang dosen di berbagai universitas tersebut.

3. Jurnalis

Yap, seseorang yang mempelajari sosiologi pasti ga akan jauh-jauh dengan yang namanya buku. Selain itu, kamu juga mempelajari berbagai isu sosial secara mendalam disertai berbagai teori pendukung.

Basic inilah yang akan membantumu menjadi seorang jurnalis yang handal. Sekarang ini, ada banyak perusahaan media baru yang tentunya membutuhkan jurnalis-jurnalis yang tak kalah handal.

So guys, kalau kamu menaruh perhatian lebih di dunia tulis-menulis sekaligus tertarik mendalami sosiologi, maka pekerjaan menjadi jurnalis bisa menjadi prospek yang baik untuk masa depanmu.

4. Staff Pemerintahan

Siapa bilang seorang lulusan sosiologi ga bisa bekerja di pemerintahan? Tentu bisa dong. Ada banyak banget lembaga pemerintahan yang membutuhkan jurusan sosiologi di berbagai divisi gengs.

Kamu bisa bekerja di Kementerian Sosial, BUMN, atau berbagai lembaga lain yang tentunya ga akan jauh-jauh berkutat untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Eits, masuk ke dalam mata kuliahmu lagi bukan??

5. Berafiliasi dengan Berbagai Perusahaan

Penulis sudah sempat singgung nih kalau jurusan sosiologi ini dekat dengan banyak disiplin ilmu. Menjadi prospek bagimu juga untuk bekerja secara lebih fleksibel guys. Mulai dari perusahaan di bidang hukum, menjadi seorang aktivis, Lembaga Bantuan Hukum, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi berbagai info jurusan sosiologi untuk kamu yang mungkin masih ragu-ragu, bingung, atau bahkan kamu yang senang membaca. Sstt, usut punya usut, jurusan sosiologi ini memang cocok banget buat kamu yang gemar membaca gengs.

Bisa menjadi pertimbangan apabila kurang yakin untuk masuk ke jurusan sastra. So, penulis hanya bisa menyarankan untuk tetap semangat dan ikuti passionmu ya guys. Selamat belajar dan jangan lupa bahagia😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…