Rangkuman Materi TPS 2022 Super Lengkap, Khusus Untuk Kelas 12 Sampai Gap Year

Wah, ga terasa nih guys sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2021 menuju tahun 2022. Waktu bergulir sangat cepat ya. By the way, karena sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2022, artinya berbagai ujian pun akan semakin dekat. Mulai dari ujian sekolah sampai UTBK.

Nah, kali ini penulis akan membagikan rangkuman materi TPS 2022 khusus untuk kamu yang kini duduk di bangku kelas 12. Yap, penulis pernah kok merasakan berbagai beban berat di masa-masa tersebut. So, semoga rangkuman di bawah ini bisa membantumu ya guys. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Isi

Apa sih TPS itu?

rangkuman materi tps
Standardized Test with yellow pencil

Sebelum masuk ke rangkuman materi TPS 2022, penulis mau mengajakmu untuk mengenal sekilas mengenai TPS atau Tes Potensi Skolastik. Jadi, setiap tahunnya TPS ini selalu ada sebagai tes yang digunakan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Di tahun 2019, SBMPTN terdiri dari TPS dan TPA. Kemudian, tahun 2020 hanya terdiri dari TPS sebagai standar untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri. Berbeda dengan tahun 2021 yang kembali menggunakan TPS dan TPA sebagai tes wajib masuk ke PTN.

TPS ini berguna untuk mengukut kemampuan kognitif yang kamu miliki guys. Yah, bisa dibilang mirip-mirip dengan tes IQ gitu guys. Ada berbagai materi yang diujikan di dalamnya. Mulai dari kemampuan memahami bacaan sampai kemampuan menghitung.

Rangkuman Materi TPS 2022

rangkuman materi tps
Closeup shot of a young man writing on a note pad

1. Pengetahuan Kuantitatif

Rangkuman materi TPS 2022 yang pertama ialah pengetahuan kuantitatif. Tes ini memiliki beberapa sub-materi seperti operasi bilangan bulat, pecahan, akar atau pangkat, pertidaksamaan, aritmatika, dan geometri.

Baca Juga:  5 Manfaat Ikut Try Out UTBK dan Jadwal Try Out Ruangguru

Untuk kamu yang mengambil tes SOSHUM, mungkin materi seperti ini terbilang cukup sulit untuk dikerjakan. Namun, tenang guys. Soal pengetahuan kuantitatif ini biasanya engga terlalu banyak dan juga angkanya terbilang masih dasar.

Dalam mempelajari materi pengetahuan kuantitatif, penulis sarankan agar kamu membuat kumpulan rumus-rumus yang bisa dibawa kemanapun dan mampu dibaca kapanpun. Ga hanya itu, sama seperti matematika, kunci mengerjakannya ialah memperbanyak berbagai latihan soal dengan berbagai variasi angka.

By the way guys, sebenarnya dalam ujian UTBK khususnya SOSHUM terdapat sub tes mengenai matematika SOSHUM. Hanya saja, di tahun 2021 sendiri materi ini tidak dikeluarkan oleh LTMPT. Penulis hanya ingatkan agar kamu tetap mempelajari matematika SOSHUM walau tidak banyak. Kemungkinan keluarnya materi ini memang kecil, tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga bukan?

2. Penalaran Umum

Rangkuman materi TPS 2022 yang kedua ialah penalaran umum. Secara garis besar, tes ini membagi materi ke dalam tiga sub-materi. Ada memahami informasi, memahami paragraf argumentatif, membaca teks grafik atau tabel, dan menganalsis tabel, grafik, sampai kurva.

Tes satu ini sangat mengedepankan kemampuanmu dalam berlogika guys. Ga hanya itu, tes ini juga membutuhkan kecepatan dalam berpikir. Paling tidak kamu mengerjakan satu soal dalam waktu satu menit karena umumnya UTBK hanya memberikan waktu 22 menit per materi (berlaku untuk TPS dan TPA).

Ada tips sederhana untuk mengerjakan jenis tes satu ini guys, dikarenakan bacaan yang panjang dan cukup banyak maka penulis sarankan untuk membaca soal terlebih dahulu. Setelah kamu membaca soal, maka coba cari kata kunci yang ditanyakan ke dalam bacaan yang tersedia. Baru deh kamu bisa menjawab soal.

Baca Juga:  5 Jenis Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kamu Wajib Tahu Nih!

Hal tersebut lumayan worth it digunakan karena bisa menghemat waktu. Oke, penulis akan membedah sedikit materi yang ada di penalaran umum ini. Dimulai dari memahami informasi. Umumnya soal dari materi ini akan berbentuk permintaan pendapat atau pernyataan benar salah.

Kedua, untuk sub-materi paragraf argumentatif maka hal pertama yang harus kamu lakukan dialah memaham ciri penting argumen, yakni memiliki data atau fakta. Terakhir, untuk membaca tabel atau menganalisis grafik maka diperlukan tiga hal penting yang harus kamu ingat. Maksud, kesimpulan, dan pokok dari tabel tersebut.

3. Memahami Bacaan dan Menulis

Oke, kalau rangkuman materi TPS yang pertama dan kedua masih berkisar mengenai logika maka di materi ketiga ini ada tes memahami bacaan dan menulis. Sekilas, materi dalam tes ini sangat kental dengan pelajaran Bahasa Indonesia.

Kamu akan mempelajari berbagai huruf konsonan, huruf diftong, gabungan kata, penggunaan huruf kapital, tanda baca, pemenggalan kata, konjungsi, sampai penggunaan kata serapan.

Meskipun tergolong materi Bahasa Indonesia sederhana, tes memahami bacaan dan menulis ini ga boleh disepelekan guys. Dibutuhkan ketelitian super dalam mengerjakan tes satu ini. Kamu juga wajib mengerjakan dengan cepat karena keterbatasan waktu yang diberikan dalam mengerjakan UTBK.

Penulis sendiri menyarankan agar kamu mempelajari materi ini dengan memahami konsep-konsep yang ada. Jangan hanya mengandalkan hafalan saja, karena ada banyak kasus di mana pelajar blank akibat gugup saat mengerjakan tes UTBK.

Pahami baik-baik penggunaan konjungsi, kata depan, tanda baca, sampai ciri khas dari kata serapan. Dengan begini akan lebih mudah bagimu dalam mengerjakan soal memahami bacaan dan tulisan.

4. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Rangkuman materi TPS 2022 yang terakhir ialah materi pengetahuan dan pemahaman umum. Oh iya, perlu diketahui bahwa sub-materi di bagian ini terdiri dari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ya guys.

Untuk Bahasa Indonesia sendiri tidak berbeda jauh dengan materi penalaran umum dan kemampuan memahami bacaan. Kamu akan menemukan beberapa soal yang berkaitan dengan pemahaman terhadap suatu bacaan sampai analisis yang bisa kamu berikan dalam wujud kesimpulan sampai pemecahan masalah.

Baca Juga:  Simak 10 Soal UTBK 2021 SOSHUM Materi Sejarah!

Oh iya, kamu juga akan menemukan beberapa soal mengenai pemahaman istilah sampai penggunaan idiom. Tak jarang kemampuan berlogika seperti silogisme akan dimasukkan ke dalam sub tes ini guys.

Sementara itu, untuk materi Bahasa Inggris umumnya kamu akan menemukan bacaan. Kemudian mencari pernyataan benar salah, menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang tersedia, sampai mengisi kalimat yang rumpang.

Jangan lupa mempelajari berbagai jenis paragraf ya guys. Mulai dari paragraf induktif, deduktif, dan campuran. Isi paragraf seperti dari khusus ke umum atau dari umum ke khusus juga seringkali menjadi soal rutin dari sub-materi ini.

Terakhir, jangan lupa mempelajari konjungsi dalam Bahasa Inggris sampai soal-soal berkaitan dengan gagasan utama. Umumnya akan ada banyak soal dengan jenis mirip, hanya saja berlainan bacaan yang ada di tiap tahunnya.

Itu tadi rangkuman materi TPS 2022 yang bisa membantumu mengejar ketertinggalan materi guys. Buat kamu yang sedang belajar UTBK, linjur, sampai gap year, penulis cuma mau titip pesan, selalu semangat ya. Jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan.

Ingat guys, memang ga ada jalan yang mudah untuk mencapai keindahan. So, selalu semangat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental ya. Kamu pasti bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap,…