9 Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Sosiologi yang Menarik Banget Untuk Dibaca

Siapa nih di antara kamu yang ingin masuk ke jurusan sosiologi di tahun 2022? Atau siapa nih di antara kamu yang kini duduk di bangku semester satu perkuliahan di jurusan sosiologi? Yap, sosiologi sendiri menjadi salah satu jurusan menarik karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari manusia dan masyarakat.

Nah, kali ini penulis ingin memberikan beberapa rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi atau mungkin calon mahasiswa sosiologi. Buku-buku di bawah ini mungkin tidak asing bagi kamu yang udah menjalani perkuliahan di jurusan sosiologi selama setengah tahun.

Akan tetapi, juga ada beberapa rekomendasi buku menarik lainnya lho. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung aja simak rekomendasinya di bawah ini ya teman-teman! Semoga kamu suka!

Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Sosiologi

1. The Sociology Book Explained

rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi

Rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi yang pertama adalah The Sociology Book Explained yang ditulis oleh Mitchell Hobbs dan Sarah Tomley. Buku ini menarik banget karena disajikan dengan berbagai ilustrasi atau gambar-gambar untuk mendukung setiap penjelasan.

Menurut penulis sendiri, buku ini sangat cocok untuk dibaca anak SMA yang mungkin ingin mendalami sosiologi lebih dalam lagi. Di dalamnya akan ada deskripsi mengenai sejarah sosiologi, tokoh-tokoh sosiologi, dan perkembangan sosiologi dari masa ke masa. Highly recommended banget buat pemula!

2. Sosiologi Suatu Pengantar

Next, rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi berikutnya adalah Sosiologi Suatu Pengantar karya Soerjono Soekanto. To be honest, ada banyak buku berjudul Pengantar Sosiologi yang dijual di pasaran.

Akan tetapi, penulis sendiri sangat merekomendasikan buku karya Soerjono Soekanto ini karena kelengkapan materi dan pembahasan yang ringan. Untuk mahasiswa baru atau calon mahasiswa sosiologi, maka buku pengantar ini sangat penting untuk dibaca.

Oh iya, selain buku karya Soerjono Soekanto maka ada satu buku Pengantar Sosiologi yang tak kalah komprehensif dan menarik guys. Buku tersebut berjudul Pengantar Sosiologi karya Kamanto Sunarto. So, kalau kamu tertarik mendalami sosiologi maka jangan lupa membaca kedua buku di atas ya!

3. Teori Sosiologi Klasik dan Modern

rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi
Sumber: berbagaibuku.me

Next, buku berjudul Teori Sosiologi Klasik dan Modern menjadi salah satu buku yang wajib kamu baca nih. Buku ini ditulis oleh Doyle Paul Johnson. Menurut penulis sendiri, buku ini menarik banget untuk dibaca karena isinya yang cukup lengkap dan dibahas dengan bahasa yang masih mudah untuk dimengerti.

Kamu akan diajak untuk mengetahui bagaimana awal muda kemunculan sosiologi, sampai kritik terhadap pemikiran sosiologi klasik. By the way, buku ini sendiri menjadi salah satu buku yang wajib dibaca oleh mahasiswa sosiologi di Universitas Indonesia lho guys. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membaca?

4. Teori Sosiologi

Okei, rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi selanjutnya berjudul Teori Sosiologi, Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern karya George Ritzer.

Yap, selain judulnya yang cukup panjang, bukunya pun dinilai cukup tebal. Ritzer yang dikenal sebagai salah satu sosiolog paling masyhur sepanjang masa menulis berbagai teori sosiologi yang masih digunakan, diteliti, bahkan dikembangkan hingga kini.

Mulai dari berbagai paradigma fakta sosial sampai perilaku-perilaku sosial. Kamu juga akan diajak untuk mengetahui bagaimana teori-teori utama dari pakar sosiolog terdahulu, kemudian membandingkannya dengan pemikiran postmodernisme.

5. Sosiologi Perubahan Sosial

rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi

Berikutnya ada buku berjudul Sosiologi Perubahan Sosial karya sosiolog asal Polandia, yakni Piotr Sztompka. Yap, pembacaannya memang agak susah, tetapi bukunya sangat worth it untuk dibaca guys.

Buku ini akan membawamu untuk menganalisis bagaimana perubahan sosial bisa terjadi ditinjau dari sudut pandang historis dan teori sosiologi makro. Kamu akan menemukan bagaimana teori dari evolusinisme, materialisme historis, sampai revolusionisme.

Menurut penulis sendiri, buku ini memang sangat menarik dan bisa dibilang merupakan bacaan lebih lanjut dari berbagai teori sosiologi yang ada di rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi di atas.

6. A General View of Positivism

Rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi berikutnya ditulis oleh bapak sosiologi dunia, yakni Auguste Comte. Buku satu ini mungkin bukan buku yang wajib dibaca dari setiap universitas, tetapi sangat worth it untuk dibaca karena berbagai teori-teori yang langsung ditulis oleh Comte sebagai bapak sosiologi.

Secara singkat, buku ini terdiri dari beberapa bagian seperti pandangan umum dari positivisme, aspek sosial positivisme, positivisme pada kelas kerja, pengarh positivisme terhadap perempuan, hingga agama pada manusia.

FYI, positivisme sendiri merupakan salah satu mazhab dalam cabang ilmu filsafat. Jadi, akan ada berbagai korelasi serta teori kritis yang sangat menarik untuk dibaca dari buku karya Auguste Comte ini.

7. The Division of Labour Society

rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi

Rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi satu ini juga ga kalah menarik. Dari Comte, kali ini penulis akan mengenalkanmu dengan salah satu sosiolog favorit penulis yaitu Emile Durkheim.

Durkheim menulis salah satu buku menarik berjudul The Division of Labour Society. Buku ini menganalisis bagaimana pembagian kelas kerja di dalam masyarakat dengan kaitannya dalam menciptakan sebuah perasaan solidaritas yang turut membangun tatanan sosial dan moral dalam masyarakat.

Secara garis besar, buku ini membahas bagaimana pengaruh kelas kerja dalam masyarakat pada hampir sebagian besar aspek kehidupan manusia hingga berpengaruh pada tatanan sosial secara global.

8. Kisah Sosiologi

Berikutnya kita sedikit refreshing dengan buku-buku yang tak kalah menarik nih. Kali ini ada buku berjudul Kisah Sosiologi Pemikiran yang Mengubah Dunia dan Relasi Manusia karya Kevin Nobel Kurniawan.

Buku satu ini merangkum berbagai teori sosiologi dari pakar klasik dan kontemporer seperti Durkheim, Weber, Marx, Simmel, Parsons, dan  10 sosiolog lainnya. Namun, tenang guys, teori-teori tersebut akan dibahas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga sangat cocok dibaca mahasiswa baru.

9. Sosiologi

rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi

Rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi yang terakhir berjudul Sosiologi karya Max Weber. Buku satu ini lebih kompleks karena berkaitan dengan situasi perpolitikan, kekuasaan, birokrasi, dan bagaimana pengaruhnya terhadap agama sampai kondisi sosial masyarakat.

FYI, buku Sosiologi karya Weber dibagi ke dalam 4 bagian utama yang masing-masingnya menganalisis berbagai permasalahan yang berbeda. Weber juga secara cerdas mengemas berbagai analisanya menggunakan metode-metode sosial hingga logika luar biasa. Highly Recommended banget guys!

Yap, itu tadi beberapa rekomendasi buku untuk mahasiswa sosiologi atau mungkin calon mahasiswa sosiologi. Sebagai salah satu jurusan yang mengkaji masalah sosial, maka kamu wajib banget untuk membaca banyak buku, artikel, atau berbagai pengetahuan lain yang umumnya berbentuk teks.

So, jangan capek-capek untuk terus menambah khazanah ilmu pengetahuan ya guys. Awalnya memang ga mudah, tapi sangat worth it untuk dijadikan sebuah habits. Oh iya, jangan lupa untuk selalu membeli buku secara resmi baik melalui offline atau online store ya guys! Semangat teman-teman semua! See you on top!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu punya rencana masuk STIS? Tapi masih bingung buat nyari contoh soalnya? Berikut ini b…