7 Rekomendasi Novel Sejarah yang Super Menarik untuk Dibaca

Siapa nih di antara kamu yang hobi banget untuk membaca buku? Yap, membaca menjadi salah satu kegiatan yang mengandung sejuta manfaat untukmu lho. Dengan membaca kamu bisa melatih kemampuan memori, ketajaman, hingga menambah kosakata. 

Akan tetapi, pernah ga sih guys kamu merasa ‘cukup bosan’ dengan berbagai tulisan yang mungkin tersedia di toko buku kesayanganmu? Yap, mungkin inilah saatnya kamu menjelajahi berbagai genre baru di dalam tulisan guys. Salah satunya adalah novel sejarah. 

Yap, di kesempatan kali ini, penulis ingin memberikan rekomendasi novel sejarah yang menarik banget untuk kamu baca guys. Kira-kira ada apa aja ya? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Rekomendasi Novel Sejarah yang Menarik Banget

1. Max Havelaar – Multatuli

rekomendasi novel sejarah

Rekomendasi novel sejarah yang pertama berjudul Max Havelaar karya Multatuli. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tidak asing dengan novel satu ini bukan? Yap, di pelajaran Bahasa Indonesia, sejarah, atau bahkan IPS ketika SMP maupun SMA pasti satu atau dua kali terdengar judul buku ini. 

Max Havelaar sendiri bercerita mengenai seorang distributor kopi asal Belanda bernama Batavus Droogstoppel yang bertemu dengan seorang penulis bernama Stern. Di luar berbagai pemikiran radikal Stern, terselip berbagai kritik mengenai kebijakan kolonialisme Belanda maupun tergerusnya rakyat kecil akibat monopoli dagang. 

Menariknya, Max Havelaar sendiri memiliki alur cerita yang sangat kompleks dan mengharuskanmu untuk membaca keseluruhan isi buku agar mendapat sebuah pesan secara utuh serta plot twist yang menarik. Sejauh ini, Max Havelaar menjadi salah satu novel sejarah yang paling berpengaruh di Indonesia. 

Baca Juga:  12 Website Download Buku Gratis dan Legal Paling Terpercaya! Cocok Banget Untuk Pecinta Buku

2. Amba – Laksmi Simanjuntak

rekomendasi novel sejarah

Berikutnya ada Amba karya Laksmi Simanjuntak yang masuk ke dalam beberapa rekomendasi novel sejarah Indonesia yang menarik banget untuk kamu baca guys. Laksmi Simanjutak sendiri merupakan salah satu penulis Indonesia paling berpengaruh dengan berbagai tulisannya yang masih eksis hingga kini. 

Amba sendiri bercerita tentang seorang perempuan bernama Amba yang pergi ke Pulau Buru untuk mencari kekasihnya. Sang kekasih sendiri bernama Bhisma, seorang dokter yang ditangkap pemerintah Orde Baru. Perjalanan pun membawa Amba kepada sebuah situasi dan kehidupan baru di luar kehidupan normalnya di sebuah kota kecil Jawa Tengah. 

Sebagian dari kita mungkin merasa bosan dengan novel sejarah, tetapi penulis bisa menjamin kalau kamu tidak akan bosan membaca salah satu masterpice dari Ibu Laksmi ini. Betul-betul menarik dan membuatmu tak bisa berhenti membaca hingga lembar terakhir di dalam buku!

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck – Buya Hamka

rekomendasi novel sejarah

Rekomendasi novel sejarah berikutnya berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka. Yap, siapa sih yang ga kenal tulisan satu ini? Novel ini begitu melegenda bahkan hingga saat ini. Tak hanya itu, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck menjadi salah satu novel yang wajib banget dibaca mahasiswa sastra. 

Secara singkat, novel ini bercerita mengenai kehidupan di Minangkabau dengan berbagai masalah adat yang ada di tanah tersebut. Mulai dari perihal warisan, perjodohan, hingga kawin paksa yang dibalut dengan status sosial yang sangat kuat. 

Novel ini akan membukakan pandanganmu mengenai kehidupan di Minangkabau dan permasalahan sosial yang mungkin masih relate hingga saat kini. Penulis sangat merekomendasikanmu novel ini sebagai salah satu bacaan ketika liburan atau weekend nanti guys. 

Baca Juga:  Ketahui Yuk, 6 Buku untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pelajar

4. Laut Bercerita – Leila S. Chudori

rekomendasi novel sejarah

Kalau rekomendasi novel sejarah satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari kamu! Yap, penulis sangat yakin! Namun, sudahkah kamu betul-betul membaca novel satu ini? Novel kali ini berjudul Laut Bercerita karya Leila S. Chudori yang memang sangat trend di kalangan remaja hingga dewasa muda. 

Secara singkat, Laut Bercerita akan dibagi ke dalam dua bagian dengan latar waktu berbeda. Bagian pertama merupakan sudut pandang seorang aktivis bernama Biru Laut yang menimba ilmu di UGM Yogyakarta. Sedangkan bagian kedua bercerita mengenai kisah Asmara Jati sebagai adik dari Laut yang memiliki pandangan berbeda dari kakaknya. 

Tidak hanya menyinggung permasalahan politik atau sejarah di masa Orde Baru menjelang reformasi, Laut Bercerita juga bercerita tentang perjalanan cinta, konflik keluarga, kepercayaan, persahabatan, dan pesan-pesan yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari seorang manusia. 

5. Orang-Orang Proyek – Ahmad Tohari

rekomendasi novel sejarah

Ahmad Tohari menjadi salah satu penulis yang tak akan pernah luput dari deretan rekomendasi novel sejarah di Indonesia. Seorang penulis yang sudah puluhan tahun menggeluti bidang sastra dan menulis cerpen hingga novel dengan ciri khas sarkastik maupun sudut pandang yang unik. 

Novel kali ini berjudul Orang-Orang Proyek yang mengambil sudut pandang mengenai kehidupan orang-orang yang bekerja dalam sebuah proyek pembangunan. Di dalamnya terdapat cerita ironi mengenai kepentingan penguasa, pemerintah, dan orang kecil yang saling bertabrakan dengan tujuan sama yakni uang sebagai kelangsungan hidup manusia. 

Sama seperti kebanyakan novel atau cerpen karya Ahmad Tohari yang mengambil sudut pandang orang kecil dengan tabrakan kepentingan elit maupun penguasa. Di dalamnya kamu akan bertemu dengan sejarah politik di Indonesia hingga bagaimana sebuah partai bekerja untuk mewujudkan kepentingannya. 

6. Catatan Harian Anna Frank – Anna Frank

rekomendasi novel sejarah

Beralih dari novel-novel di dalam negeri, kali ini penulis juga ingin memberikan rekomendasi novel sejarah asal luar negeri yang menarik banget untuk kamu baca. Buku kali ini bisa disebut sebagai autobiografi karena ditulis langsung oleh penulisnya berdasarkan kejadian yang ada di dalam hidupnya. 

Baca Juga:  Downlod Buku Guru Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Catatan Harian Anna Frank berisi mengenai kehidupan sehari-hari dari seorang gadis berketurunan Yahudi bernama Anna. Kehidupannya berubah ketika Jerman di bawah pimpinan Hitler memerintahkan penghabisan warga keturunan Yahudi di Jerman. 

Dari sinilah dimulailah perjalanan Anna dan keluarganya untuk bersembunyi dari kejaran tentara NAZI. Overall, Catatan Harian Anna Frank merupakan salah satu buku yang menggambarkan secara realistis gambaran kehidupan Yahudi di masa perang dunia kedua. Ceritanya pun ditulis dengan ringan dan menghanyutkan!

7. Moemi – Marion Bloom

rekomendasi novel sejarah

Rekomendasi novel sejarah yang terakhir berjudul Moemi karya Marion Bloom. Yap, novel satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian dari kamu guys, tetapi jujur sangat menarik buat dibaca lho. 

Novel ini mengambil latar belakang dari peristiwa perang Puputan yang ada di Bali, di mana seorang bayi terpisah dari keluarganya. Tak hanya itu, sang bayi yang bernama Moemi memiliki kemampuan istimewa dalam melihat peristiwa di masa depan. Menariknya, novel ini mengambil sudut pandang dari anak blasteran (Indo-Belanda) dalam melihat kekerasan dan kekejaman tentara Jepang di Indonesia. 

Menurut penulis sendiri Moemi karya Marion Bloom merupakan salah satu novel underrated yang sangat menarik untuk dibaca terutama karena menggunakan latar belakang sejarah Indonesia sebagai landasan atau tema utama cerita yang diangkat. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi novel sejarah yang menarik banget untuk dibaca. Penulis ga pernah bosan mengingatkanmu akan pentingnya membaca buku guys. Mau bagaimanapun membaca adalah sebuah cara untukmu berkembang bahkan keliling dunia tanpa harus keluar rumah. 

Selamat membaca dan salam literasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Rekomendasi Novel Fantasi Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Baca!

Membaca novel fantasi menjadi sebuah sensasi yang menyenangkan untuk dilakukan, terutama d…