Jadwal SNMPTN Tahun 2022 Beserta 5 Tips Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

Halo teman-teman semua! Selamat datang di Bulan Desember! Wah, ga terasa ya kita sudah sampai di penghujung tahun 2021 nih. Kira-kira bagaimana kabarmu selama setahun ini teman-teman? Semoga selalu baik ya. Ngomongin akhir tahun, artinya berbagai ujian sekolah, try out, sampai UTBK udah ada di depan mata nih.

Sudah sampai mana guys persiapanmu dalam menghadapi perkuliahan di tahun depan? Oh iya, selain UTBK ternyata ada satu jalur yang ga kalah penting nih dan bisa kamu ikuti juga. Apalagi kalau bukan SNMPTN. Kemarin, LTMPT selaku badan resmi yang menyelenggarakan UTBK sampai SNMPTN merilis jadwal SNMPTN tahun 2022 lho! Yuk, simak infonya di bawah ini.

Daftar Isi

Jadwal SNMPTN

snmptn tahun 2022
NoJadwalTanggal
 1. Sosialisasi PDSS01 Desember 2021 – 08 Februrari 2022
 2. Sosialisasi SNMPTN01 Desember 2021 – 28 Februrari 2022
 3.Launching Kegiatan PMB04 Januari 2022
 4.Penetapan Siswa Eligible04 Januari – 08 Februari 2022
 5.Pengisian PDSS08 Januari – 08 Februrari 2022
 6.Pendaftaran SNMPTN14 – 28 Februrari 2022
 7.Pengumuman Hasil SNMPTN29 Maret 2022

*Seluruh kegiatan pada hari yang ditentukan akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Alur Kegiatan SNMPTN 2022

snmptn tahun 2022

1. Pengumuman kuota dari masing-masing sekolah sesuai  dengan jumlah siswa

2. Registrasi akun LTMPT dari sekolah masing-masing.

3. Registrasi akun LTMPT bagi siswa

4. LTMPT akan menginformasikan jumlah siswa yang eligible mendaftar SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah.

Baca Juga:  8 Daftar Sertifikat untuk SNMPTN, Penting Guys, Jangan Lupa Dicatat ya!

5. Berdasarkan jumlah siswa yang eligible, LTMPT akan menentukan jumlah siswa sesuai dengan akreditasi dari masing-masing sekolah.

6. Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)

7. Pendaftaran SNMPTN

8. Pemilihan PTN dan program studi. Siswa hanya dapat memilih maksimal dua PTN.

9. Mengunggah portofolio, khususnya bagi siswa yang memilih program studi mengenai seni dan olahraga.

10. Seleksi jalur SNMPTN

11. Penguman hasil SNMPTN

12. Daftar ulang. Bagi siswa yang lolos SNMPTN 2022 harap melakukan daftar ulang sesuai dengan masing-masing PTN.

Tips Mempersiapkan SNMPTN

1. Simak Informasi Sekolah

snmptn tahun 2022
Teenager girl studying at home on a laptop

Tips mempersiapkan SNMPTN tahun 2022 yang pertama ialah menyimak baik-baik berbagai informasi dari sekolah. Yap, berhubung SNMPTN ini biasanya diisikan langsung dari masing-masing sekolah maka kamu wajib banget nih menyimak berbagai info penting yang disiarkan.

Ga hanya itu guys, biasanya dari pihak Kemdikbud, universitas tertentu, sampai LTMPT seringkali mengadakan berbagai webinar yang membahas mengenai SNMPTN sampai UTBK. Bahkan seringkali dibeberkan berbagai tips dalam mengikuti SNMPTN dan UTBK guys.

So, kamu wajib banget nih untuk follow sosial media dari LTMPT dan juga universitas impian kamu ya. Pastikan jangan sampai ada informasi yang terlewat satupun!

2. Riset Jurusan dan Universitas

snmptn tahun 2022
Large group of happy college students celebrating their graduation day outdoors while throwing their caps up in the air.

Next, yang paling penting dari persiapan SNMPTN tahun 2022 ialah melakukan riset jurusan dan juga universitas. Pertama-tama, pastikan dulu bahwa kamu memilih jurusan sesuai dengan passion dan keinginanmu guys. Kamu juga bisa mencari tahu berbagai info jurusan yang kamu minati di internet atau website resmi universitas tertentu.

Kedua, saatnya kamu memilih universitas. Kira-kira mana aja sih universitas yang menyediakan jurusan tersebut, lalu berapa akreditasi jurusan tersebut di kampus yang kamu inginkan. By the way, kamu juga bisa cek berapa banyak kakak kelasmu yang kini berkuliah di kampus tersebut. Hal ini juga berpengaruh terhadap SNMPTN guys.

3. Memenuhi Persyaratan yang Ada

snmptn tahun 2022

Tips mempersiapkan SNMPTN tahun 2022 berikutnya ialah memenuhi segala persyaratan yang ada. Yap, penulis sudah sempat singgung di atas kalau pengisian SNMPTN biasanya dilakukan oleh pihak sekolah guys. Namun, bukan berarti kamu lepas tangan gitu aja ya.

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Banyak Diminati SNMPTN UI

Pastikan bahwa sekolah sudah benar-benar mengisi data milikmu dengan tepat. Kamu bisa memastikannya dengan bertanya secara rutin ke guru BK atau guru yang menangangi SNMPTN di sekolahmu.

Selain itu, apabila diperlukan berkas-berkas tambahan maka jangan tunda pengumpulannya ya guys. Kalau bisa setelah pemberitahuan langsung bisa dikerjakan. Hal ini meminimalisir kelupaan atau kesalahan fatal lainnya antara kamu sebagai pelajar dan juga guru. Toh, SNMPTN ini demi kebaikanmu ke depan juga bukan? So, berikan yang terbaik dan jangan setengah-setengah ya guys!

4. Kumpulkan Seluruh Piagam

snmptn tahun 2022
hands holding trophy and certificate recieved award winning from business campiagn contest

Apakah kamu termasuk siswa yang rajin mengumpulkan piagam? Wah, kamu beruntung banget nih. Di SNMPTN tahun 2022, piagam juga memberikan pengaruh yang besar lho guys.

Eits, tetapi ada persyaratannya juga. Jadi, engga sembarang piagam bisa kamu masukkan guys hehehe. Salah satu piagam yang tidak bisa kamu cantumkan dalam pendaftaran SNMPTN tahun 2022 ialah piagam webinar dan piagam peserta. Yap, pihak LTMPT hanya menerima piagam kejuaraan saja guys.

Selain itu, juga ada standar untuk piagam kejuaraan yang kamu raih nih. Di tahun 2021 saja, hanya diizinkan piagam juara 1 di tingkat provinsi, juara 1 sampai 3 di tingkat nasional, dan juara 1 sampai 3 di tingkat internasional.

Apabila tidak ada jenjang 1 sampai 3 pun, diusahakan piagam yang kamu cantumkan ialah yang ‘terbaik’ di tingkat provinsi, kemudian nasional, dan juga internasional. So, kalau selama pandemi ini kamu rajin mengikuti lomba baik individu atau kelompok, maka jangan ragu cantumkan dalam SNMPTN tahun 2022 nanti ya guys.

5. Jangan Lupa Berdoa Kawan

snmptn tahun 2022
Women raise their hands to ask for blessing from God.

Tips mempersiapkan SNMPTN tahun 2022 yang terakhir ialah berdoa dan menyerahkannya kepada Yang Mahakuasa. Kamu udah berusaha semaksimal mungkin nih untuk memberikan yang terbaik dalam SNMPTN nanti, jadi langkah terakhir yang ga boleh ketinggalan adalah menyerahkan segala keputusannya pada Yang Mahakuasa.

Baca Juga:  Sekolah Kedinasan yang ada di Surabaya

Ingat guys, apapun nanti hasil SNMPTN kamu wajib menerima dan bersyukur ya. Kalau diterima berarti memang kamu pantas mendapatkan itu, tetapi jika belum diterima maka masih ada kesempatan untuk berkompetisi secara nyata saat UTBK 2022 nanti.

Penulis harap kamu memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin dalam seluruh rangkaian SBMPTN tahun 2022 ya guys. Jangan patah semangat Kawan, terus berusaha dan ikhlas!

Nah, itu tadi rangkaian alur, tips, sampai jadwal SNMPTN tahun 2022. Bagaimana? Sampai sini, pastinya kamu semakin semangat dan tidak sabar dong dalam menghadapi SNMPTN? Penulis berharap kamu dapat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan SNMPTN maupun UTBK tahun 2022 ya guys.

Kesempatan ini memang datang 2 kali atau lebih hanya saja momentnya hanya sekali untuk menjadi kelas 12 yang deg-deg an karena mempersiapkan SNMPTN untuk pertama kali. So, enjoy dan tetap semangat teman-teman! Jangan lupa stay positive thinking ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap,…