7 Syarat Kuliah Jurusan Psikologi

Setiap jurusan mempunyai syarat-syarat khusus dalam proses seleksi calon mahasiswa baru. Begitu juga dengan jurusan Psikologi yang ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Karena masih ada beberapa kesempatan untuk masuk perguruan tinggi bagi siswa kelas 12, sebaiknya kamu simak artikel ini untuk mengetahui apa saja sih syarat kuliah jurusan Psikologi. Yuk simak baik-baik ya!

Syarat Kuliah Jurusan Psikologi

1. Lulus dari sekolah

Ini tentu saja merupakan syarat utama jika kamu mendaftarkan kuliah, kamu harus lulus terlebih dahulu dari sekolahmu. Jika kamu ingin mendaftarkan kuliah jurusan Psikologi, kamu bisa dari lulusan SMA/MA/SMK/SMF. Beberapa universitas hanya menerima mahasiswa dari SMA/MA saja. Tapi ada juga beberapa universitas yang menerima lulusan siswa SMK.

Tidak hanya untuk lulusan SMA/sederajat, kamu yang dari program vokasi pun bisa mendaftarkan untuk menjadi mahasiswa baru. Bagi kamu yang baru saja lulus dari SMA/sederajat, kamu bisa mendaftar dengan mengikuti seleksi yang ada. Ada juga universitas yang menerima lulusan SMA maksimal 2 tahun terakhir. Jadi, masih ada kesempatan bagi yang ingin mencoba ya teman-teman.

2. Berasal dari jurusan IPA/IPS

Pada umumnya, universitas akan menerima calon mahasiswa jurusan Psikologi yang berasal dari jurusan IPA maupun IPS. Jurusan Psikologi bisa dipelajari oleh semua jurusan. Ada juga universitas yang menerima calon mahasiswa dengan latar pendidikan jurusan Bahasa maupun SMK. Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing universitas baik negeri maupun swasta.

3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru

Pasti kamu sudah tidak asing dengan berbagai macam seleksi masuk perguruan tinggi. Mulai dari SNMPTN, UTBK, SBMPTN, Ujian Mandiri, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin kuliah di jurusan Psikologi, tentu saja syaratnya kamu harus lolos tes seleksi. Baik yang diadakan secara nasional atau yang diadakan oleh pihak universitas.

Baca Juga:  Jurusan Fashion Design Hanya Menggambar Saja? Tentu Tidak Kawan, Yuk Kenalan Lebih Dalam Dengan Fashion Design!

4. Bebas NAPZA

Bebas NAPZA atau bebas dari Narkoba, Alkohol, Psikotropika dan Zat adiktif) merupakan salah satu syarat penting untuk masuk sebuah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Beberapa universitas akan meminta surat keterangan bebas narkoba atau bebas NAPZA untuk pemberkasan bagi calon mahasiswa baru.

Ada yang diminta untuk kelengkapan saat mendaftar, ada juga diminta saat sudah menjadi mahasiswa baru. Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Kamu bisa melihat di website atau bertanya kepada pihak universitas untuk memenuhi syarat tersebut.

5. Sehat jasmani dan rohani

Kesehatan yang prima adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa untuk menjalani perkuliahan hingga selesai. Oleh karena itu, pada umumnya universitas akan menerapkan syarat sehat jasmani dan rohani.

Ada yang meminta surat keterangan sehat saat pendaftaran, ada juga yang harus mengikuti tes kesehatan saat sudah lolos seleksi mahasiswa baru. Beberapa tes kesehatan yang harus diikuti mahasiswa baru adalah tes kesehatan mata, tidak ada penyakit menular, tes darah, dan masih banyak lagi. Hal ini berbeda-beda untuk masing-masing universitas. Tergantung kebijakan yang diterapkan.

6. Berkas-berkas untuk calon mahasiswa baru

Berkas-berkas adalah salah satu syarat penting untuk masuk kuliah di jurusan Psikologi. Berkas-berkas yang disiapkan oleh calon mahasiswa baru ditentukan oleh kebijakan masing-masing universitas. Terkadang kebijakannya berbeda untuk beberapa jalur pendaftaran atau jalur masuk universitas.

Pada umumnya, berkas-berkas yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat masuk kuliah jurusan Psikologi bagi mahasiswa baru adalah:

  1. Foto berwarna 2×3 atau 3×4 atau 4×6
  2. Formulir pendaftaran (Bagi yang masuk melalui jalur selain SNMPTN/SBMPTN)
  3. Bukti pembayaran pendaftaran (Bagi yang masuk melalui jalur selain SNMPTN/SBMPTN)
  4. Fotocopy rapor kelas 12 semester 5 dan 6
  5. Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  6. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran
  7. Fotocopy identitas (KTP)
  8. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit
  9. Surat keterangan bebas narkoba
  10. Surat rekomendasi beasiswa (Bagi yang mengajukan beasiswa selain KIP)
Baca Juga:  Daftar Sekolah Seni Terbaik di Indonesia, dari Aceh sampai Sumatera Barat!

Beberapa universitas terkadang mempunyai berkas-berkas dan persyaratan yang berbeda untuk menjadi calon mahasiswa baru jurusan Psikologi. Kamu dapat melihat daftarnya pada website universitas yang kamu tuju atau menanyakannya ke bagian Penerimaan Mahasiswa Baru masing-masing universitas.

7. Tambahan berkas untuk mahasiswa pindahan/alih jalur

Masuk kuliah jurusan Psikologi tidak hanya untuk calon mahasiswa baru yang baru lulus saja. Kamu yang sudah kuliah dan ingin pindah jurusan juga bisa mendaftarkan kuliah di jurusan Psikologi. Beberapa universitas menerima mahasiswa pindahan. Baik dari jurusan lainnya maupun dari D3.

Pada umumnya, berikut adalah berkas-berkas tambahan yang harus kamu lengkapi jika kamu adalah mahasiswa pindahan:

  1. Bukti pembayaran pendaftaran mahasiswa pindahan
  2. Bukti pembayaran biaya konversi
  3. Fotocopy Ijazah D3
  4. Fotocopy Transkrip nilai D3
  5. Surat keterangan pindah bagi yang belum lulus D3
  6. Surat keterangan akreditasi

Itulah beberapa syarat untuk kuliah di jurusan Psikologi. Kamu bisa mulai memenuhi persyaratan diatas dengan menyiapkan berkas-berkasnya mulai dari sekarang. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang berminat untuk masuk jurusan Psikologi nanti ketika akan masuk kuliah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan…