18 Tips Merawat HP Agar Tetap Awet, Khusus untuk Pelajar!

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Zaman sekarang, HP sangat kita butuhin ya. Apalagi saat pandemi, gadget seperti laptop dan HP sangat dibutuin untuk belajar dan bekerja.

Nah, dengan intensitas penggunaan HP yang sering, hal itu bisa bikin performa HP jadi menurun. Di kesempatan kali ini, aku mau bagiin beberapa tips supaya HP kamu tetep awet meski sering dipakai. Baca sampai abis ya!

Tips Merawat HP Agar Tetap Awet

1. Matikan Bluetooth Saat Tidak Dipakai

Tips yang pertama adalah matiin Bluetooth saat kamu nggak pakai ya. Tujuannya supaya HP kamu nggak akan melakukan unduhan yang tidak perlu serta mencegah adanya penyusup yang bisa saja membaca data yang ada di ponselmu. Jadi, kalau sudah selesai menyalakan Bluetooth, jangan lupa dimatiin ya.

2. Jangan Sering Terpapar Cuaca Ekstrem

Tips yang kedua pasti sering diremehin. Cuaca sangat berpengaruh loh, entah itu panas atau dingin. Performa HP bisa menurun jika suhu turun dibawah minus 40 derajat celcius ataupun terlalu kama kamu biarkan terpapar panas di suhu lebih dari 45 derajat celcius. Nggak main-main loh! Kerusakannya bisa permanen. Yuk, jaga suhu HP agar tetap stabil ya.

Baca Juga:  10 Inspirasi Agenda Belajar Unik 2021!

3. Hindari Kabel Charge Palsu

Tips selanjutnya adalah tetap pakai kabel pengecas yang diberikan HP sejak awal kamu beli ya. Jangan pakai kabel abal-abal yang murah dan nggak asli! Biasanya kabel palsu kualitasnya dibawah standar dan belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai HP mu.

4. Bersihkan Lubang Charge Secara Teratur

Jangan malas lakuin ini ya. Selama kita menggunakan HP, kita pasti nggak sadar kalau ternyata banyak debu yang menempel loh! Baik nempel di lubang atau kabel pengecas.

Cara terbaik adalah dengan membersihkannya. Kamu bisa secara hati-hati membersihkan lubang cas dengan tusuk gigi kayu. Sedangkan untuk kabel, secara perlahan-lahan gunakan korek kuping ya lembab.

5. Jangan Abaikan Ancaman Malware

Tips yang kelima ini super penting loh! Kadang kita sering mengira kalau virus hanya bisa ditemukan di computer atau laptop. Ternyata HP juga bisa loh!

Malware di HP mu bisa saja mencuri data pribadi bahkan melacak lokasimu loh! Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan tidak memasang atau mengunduh aplikasi yang mencurigakan.

tips merawat hp agar tetap awet

6. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Tips selanjutnya agar HP tetap awet adalah dengan mengecasnya sesuai kebutuhan. Jangan terlalu sering membiarkan HP mu diisi daya penuh hingga 100 persen. Dengan begitu, baterai ponselmu bisa lebih tahan lama. Sangat disarankan untuk mengecas HP diantara 30 hingga 80 persen agar HP tetap berumur panjang!

7. Jangan Mengandalkan Case HP!

Hayo, jangan mengira casing bisa melindungi segalanya ya! Mungkin saat jatuh kamu nggak lihat ada retakan di layar ponselmu. Tapi kamu nggak tau loh di dalamnya, Bisa saja ada komponen yang rusak akibat ponselmu yang sering jatuh. Jadi, tetap berhati-hati saat membawa HP agar tidak jatuh ya!

8. Lakukan Update Secara Berkala

Nah, tips selanjutnya juga berguna banget. Kamu harus update perangkat lunak ponselmu secara berkala ya. Tujuannya supaya kinerja ponselmu semakin bertambah, memperbaiki masalah keamanan, dan kamu mungkin akan dapat fitur baru. Jadi, jangan lewatkan update ponselmu ya!

Baca Juga:  6 Tips Semangat Walau Tugas Numpuk! Yuk, Cobain Mulai Sekarang!

9. Charge HP Sebelum Mati Total

Siapa disini yangs sering ngecas HP saat baterainya 0 persen? Itu nggak boleh banget ya! Kalau sekali dua kali masih oke, kalau keseringan yang bahaya. Kalau terlalu sering, usia ponselmu nggak akan tahan lama loh! Sangat disarankan untuk mengecas HP ketika baterainya dibawah 30 persen. 

10. Hindari Game yang Terlalu Berat

Buat kamu yang suka nge-game, alangkah baiknya kalau kamu nggak mengunduh game yang ukurannya relatif besar. Karena spesifikasi ponsel berbeda-beda ya! Kalau spesifikasi HP-mu kurang memadai, bisa-bisa ponselmu cepat lemot dan nggak akan bertahan lama. Jadi, kamu bisa mengecek spesifikasi game yang akan kamu unduh ya.

tips merawat hp agar tetap awet

11. Jaga Layar Agar Tetap Ringkas

Tips selanjutnya adalah tetap buat layar beranda HP mu ringkas. Jangan terlalu banyak menaruh aplikasi di layar beranda ya. Kalau layar berandamu berantakan dan memuat semuanya hanya dalam satu tempat, yang ada kinerja HP mu semakin menurun loh!

12. Hindari Penggunaan HP Selama Charging

Yang ini penting banget ya! Pasti kamu semua udah tau kalau saat ponselmu sedang diisi daya, jangan dipakai ya, seperti dibuat main game atau menelepon. Kebiasaan ini bisa bikin baterai jadi lebih mudah menggembung karena beban daya terlalu besar. Ponsel kamu bisa rusak loh kalau kebiasaan ini nggak dihentikan.

13. Hindari Mengisi Memori Hingga Penuh

Nah, kalau memori ponselmu penuh, itu bisa ganggu kinerja ponselmu loh! Saran dari aku, kamu bisa menggunakan penyimpanan berbasis Cloud untuk menyimpan data atau foto-fotomu. 

14. Hindari Meletakkan Ponsel di Saku

Ini mungkin sering dibicarain ya. Tapi sebenernya kenapa nggak boleh? Iya gengs, panas badanmu bakal bikin ponselmu ikutan panas dan baterainya jadi gampang habis.

Baca Juga:  Tips Mengerjakan Soal UNBK Agar Hasil Maksimal

Selain itu, kalau kamu sering taruh ponsel di saku celana apalagi di belakang, bisa-bisa kamu lupa untuk keluarin dan ketimpa dengan badanmu saat kamu duduk. Haduh, jangan sampai ya!

15. Jauhkan dari Medan Magnet

Hayo, siapa yang baru tahu kalau ternyata ponsel nggak boleh didekatkan dengan magnet loh! Medan magnet ternyata bisa merusak speaker yang ada di ponselmu.

Nah, kalau kamu jarang mendekatkan ponselmu dengan magnet, suara yang keluar dari ponselmu bisa jernih dan lebih stabil. Buat kamu yang sering pakai speaker HP untuk dengerin lagu, tips ini wajib banget dipakai ya!

tips merawat hp agar tetap awet

16. Lakukan Pencadangan Data

Nah, tips ini berguna banget buat kamu yang akan ganti ponsel nih! Dengan melakukan pencadangan, data seperti kontak, video, foto, atau dokumen lainnya bisa tetap tersimpan bila kamu akan mengganti ponsel. Selain itu, pencadangan data juga bikin RAM ponsel bekerja lebih ringan. Hal ini bikin ponsel tambah awet dong!

17. Gunakan Screen Protector

Tips selanjutnya adalah dengan pakai screen protector alias pelindung layar. Screen protector akan sangat berguna untuk menjaga layar ponselmu dari goresan. Selain itu, layar LCD ponselmu akan tetap selamat saat HPmu nggak sengaja jatuh ya. Jadi jangan lupa untuk selalu memasang pelindung layar.

18. Rutin Bersihkan Cache

Tips terakhir ini sering diremehin. Padahal dengan menghapus cache secara rutin, kinerja HP kita jadi semakin baik loh! Untuk bersihin cache, kamu nggak perlu khawatir karena data yang penting tidak akan terhapus. Saat menghapus cache, file yang terbuang adalah file yang umumnya jadi sumber masalah. Jangan takut bersihin cache ya!

Itu aja gengs beberapa tips dari aku agar ponsel yang kamu pakai tetap awet. Sebisa mungkin kurangi penggunaan ponsel yang berlebih ya, agar kamu nggak ketergantungan. Semoga tips dari aku bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. …