Home SBMPTN Gagal SBMPTN 2019? Pilih 5 PTS Terbaik Berikut!
SBMPTN -

Gagal SBMPTN 2019? Pilih 5 PTS Terbaik Berikut!

Gagal dalam tes SBMPTN maupun Seleksi Mandiri bukan akhir dari segalanya. Anda masih mempunyai banyak kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Perguruan tinggi negeri bukan satu-satunya institusi yang mampu menyediakan pendidikan berkualitas. Jika Kamu belum berhasil lolos dalam seleksi SBMPTN 2019, Kamu bisa mempertimbangkan perguruan tinggi swasta.

Meskipun banyak masyarakat yang memandang PTS sebelah mata, nyatanya perguruan tinggi tersebut mampu bersaing dengan PTN. Hal ini terbukti dari semakin berkembangnya berbagai PTS di seluruh Indonesia dengan jumlah mahasiswa yang semakin meningkat setiap tahunnya. Beberapa PTS bahkan mampu menghadirkan terobosan dan inovasi yang tidak bisa Kamu dapatkan di PTN.

PTS Terbaik Alternatif SBMPTN 2019

Sebagai institusi swasta yang berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas, beberapa PTS di bawah ini telah mampu membuktikan bahwa universitas swasta bukan lagi kelas dua. Berdasarkan daftar 100 universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti, berikut ini adalah 5 PTS terbaik yang bisa Anda pilih sebagai alternatif apabila tidak lolos SBMPTN.

1. Universitas Telkom, Bandung

Kamu pasti pernah mendengar nama Universitas Telkom, bukan? Perguruan tinggi yang terletak di Bandung Jawa Barat ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Jika Kamu mempunyai mimpi untuk bergelut dalam bidang teknologi dan informasi, Universitas Telkom sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar universitas pilihan.

Menurut QS Star, sebuah lembaga riset universitas dan institusi, Universitas Telkom memperoleh bintang lima dalam bidang pengajaran, keterbukaan, fasilitas, hingga sumber daya. Dari sini, Kamu tidak bisa lagi meremehkan kredibilitas serta kualitas universitas swasta yang satu ini.

Universitas Telkom Bandung mempunyai 7 fakultas yang terdiri dari Fakultas Rekayasa Industri, Teknik Elektro, Informatika, Komunikasi Bisnis, Ekonomi Bisnis, Ilmu Terapan, dan Industri Kreatif. Setiap fakultas dan program studi menekankan inovasi pada pengembangan teknologi informasi di Indonesia. Jika Kamu tertarik dalam bidang IT, tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri di Universitas Telkom Bandung.

Baca juga  Peluang Lolos SBMPTN Pilihan Kedua Semakin Tinggi

2. Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarya, Jakarta

Kamu seorang pecinta filsafat? STF Driyakarya bisa menjadi jalan terbaik bagi Anda untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Universitas swasta yang terletak di Jakarta Pusat ini menyediakan jurusan yang berfokus pada Ilmu Filsafat dan Teologi. Tidak heran jika STF Driyakarya banyak diminati oleh calon mahasiswa baru yang ingin mempelajari lebih jauh tentang filsafat.

STF Driyakarya didirikan oleh Prof. Nicolaus Driyakarya. Dalam pengajarannya, universitas ini melandaskan sistem pengajaran pada homo homini socius, yang berarti manusia kawan bagi sesama. Dengan demikian, mahasiswa akan dibiasakan untuk mengkritik dan mengoreksi. Anda bisa menjadikan STF Driyakarya sebagai universitas swasta pilihan dalam daftar prioritas Kamu.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta

Untuk Kamu yang ingin mendalami bidang pariwisata dan perhotelan, STP Trisakti bisa menjadi alternatif yang sangat direkomendasikan jika gagal dalam SBMPTN 2019. STP Trisakti merupakan universitas swasta yang menyediakan program studi dengan jenjang Diploma (D3) dan Sarjana (S1). Kamu bisa memilih jurusan Hospilatity and Tourism, Sarjana Terapan-Usaha Perjalanan Wisata dan lain sebagainya.

STP Trisakti mengusung sistem pengajaran bertaraf internasional yang meliputi teori dan praktek. Dengan sistem tersebut, diharapkan setiap lulusan STP Trisakti mampu menjadi lulusan profesional dan siap kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. Setiap tahunnya, banyak calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di universitas swasta ini.

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Sebagai bagian dari keluarga besar perguruan Muhammadiyah, UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) mampu membuktikan kemampuannya untuk menjadi salah satu PTS terbaik di Indonesia. Hal ini terbukti dengan masuknya UMM sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Tidak heran jika setiap tahunnya ada begitu banyak calon mahasiswa baru yang mendaftar di UMM.

Baca juga  Hati-Hati Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

Universitas swasta ini mempunyai 3 kampus dengan lokasi yang berbeda. Setiap kampus menjadi lokasi belajar untuk program studi dan fakultas yang berbeda pula. Ada banyak sekali pilihan fakultas dan program studi yang ditawarkan oleh UMM. Sebut saja Fakultas Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, Pertanian dan Peternakan, Agama, dan lain sebagainya.

5. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Yogyakarta memang layak menyandang gelar sebagai Kota Pelajar. Bagaimana tidak? Ada beberapa universitas terbaik se-Indonesia yang terletak di kota ini. Jika Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia, Universitas Sanata Dharma menjadi salah satu PTS terbaik se-Indonesia yang terletak di Yogyakarta.

Pada awal berdiri, USD hanya berfokus pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Seiring perkembangannya, universitas swasta ini juga membuka beberapa fakultas baru seperti Fakultas Ekonomi, Psikologi, Farmasi, Sains dan Teknologi, Teologi, dan Sastra. Kualitas lulusan Universitas Sanata Dharma juga mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi negeri.

Universitas Sanata Dharma terletak berdekatan dengan Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. Dalam satu wilayah tersebut, Anda bisa membandingkan bahwa kualitas mahasiswa di USD tidak kalah dengan mahasiswa di dua perguruan tinggi lainnya, yaitu UNY dan UGM.

Singkatnya, Kamu tidak perlu kecewa dan berkecil hati karena belum berhasil lolos dalam seleksi SBMPTN 2019. Jika Kamu tidak ingin menunggu satu tahun untuk mengikuti SBMPTN tahun berikutnya, mendaftarkan diri di universitas swasta menjadi pilihan yang tepat. Kini banyak PTS yang tidak kalah berkualitas jika dibandingkan dengan PTN. Tentukan alternatif pilihan Kamu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Kamu termasuk siswa jurusan IPA atau IPS kah saat di SMA dulu? Pemilihan jurusan IPA ataup…