Apa Itu MPLS di Sekolah? Pengertian, Maksud , Tujuan dan Manfaat dari MPLS!

Masa orientasi sekolah atau MOS merupakan kegiatan mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan sekolah dan peraturan-peraturannya.

Namun, mulai tahun ajaran 2018/2019, MOS diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disebut MPLS.

Apa itu MPLS? MPLS merupakan kegiatan yang berlangsung pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh seluruh siswa baru.

Apa Itu MPLS
Photo by Kobe – on Pexels.com

Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Sederhananya, MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah untuk memperkenalkan siswa baru tentang segala hal tentang sekolah. Pengenalan tidak hanya terbatas pada siswa dan guru baru atau lama, tetapi juga komponen lainnya.

Sedangkan untuk sekolah dengan sistem college atau perguruan tinggi, Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan pengenalan lingkungan sekolah dan budaya sekolah dengan beberapa komponen. Melalui MPLS mahasiswa baru dibekali melalui pemberian materi dan games dengan program presentasi almamater yang meliputi:

  • Pengenalan lingkungan dan budaya terkait dengan penggarapan kehidupan di kamar tidur.
  • Menghormati semua aturan disiplin sekolah.
  • Edukasi tentang bahaya narkoba.
  • Orientasi kegiatan organisasi kemahasiswaan

Lingkungan sekolah Pendahuluan Jadwal kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berkembang selama 3 hari dan berlangsung di lingkungan sekolah.

Maksud dan Tujuan dari MPLS

Dalam memahami apa itu masa induksi, tentunya kegiatan bagi seluruh siswa baru SMP dan SMA memiliki maksud dan tujuan, antara lain sebagai berikut:

  1. Pengenalan lingkungan sekolah.
  2. Menggali konten potensial pada siswa baru.
  3. Ini membantu siswa baru beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan sekolah dan lingkungannya yang meliputi infrastruktur, aspek keselamatan dan fasilitas umum.
  4. Menumbuhkan antusiasme, motivasi, dan cara belajar yang lebih efektif sebagai pembelajar baru.
  5. Mengembangkan interaksi positif antara siswa dengan warga sekolah lainnya, seperti guru dan pegawai sekolah.
  6. Menumbuhkan sikap dan perilaku positif yaitu kemandirian, kejujuran, saling menghargai, menghargai persatuan dan kesatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat untuk mencapai peserta didik yang memiliki integritas, etos kerja dan semangat gotong royong.
Baca Juga:  9 Rekomendasi Lomba Class Meeting Online dan Offline Paling Seru Plus Menarik

Manfaat dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Mengapa MPLS diwajibkan untuk semua mahasiswa baru? Tentu tidak lepas dari manfaat yang diperoleh dari kegiatan MPLS itu sendiri.

Apa saja manfaatnya? Secara umum manfaat MPLS sebenarnya tidak berbeda dengan maksud dan tujuan kegiatan tersebut, sebagaimana telah dijelaskan di atas, yang terdiri dari 5 poin

. Pada dasarnya, MPLS berguna untuk membantu siswa baru mempelajari semua tentang sekolah, termasuk nilai, sistem, budaya, aturan, dll.

Di sekolah dengan sistem boarding school, salah satu manfaat MPLS adalah siswa belajar tentang seperti apa kehidupan di asrama. Dari semua penjelasan di atas, sudah jelas apa itu MPLS serta tujuan dan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kisah Inspiratif Kesuksesan Tirto Utomo Pendiri AQUA

Kali ini saya akan berbagi tentang sebuah kisah kesuksesan Tirto Utomo, seorang yang telah…