6 Cara Mengetahui Potensi Diri Kamu, Super Mudah Lho!

Hai guys! Kalian tahu dong kalau setiap orang pasti memiliki potensi atau kemampuan diri yang berbeda-beda. Karena itu ada beragam pekerjaan dan keahlian yang bervariasi. Ada yang ahli di bidang kesehatan, ada yang ahli di bidang seni, ada yang ahli olahraga, dan masih banyak lagi.

Kamu juga punya potensi diri loh yang mungkin kamu sendiri belum menyadarinya. Untungnya ada cara mengetahui potensi diri dengan mudah yang bisa kamu lakukan sedari dini. Mengetahui potensi diri dapat membantumu untuk menentukan jurusan di SMA, kuliah, sampai profesi kamu di dunia kerja nanti. Gimana sih caranya? Oke, langsung aja yuk simak ulasan di bawah ini ya guys!

Cara Mengetahui Potensi Diri

Cara mengetahui potensi diri
Sumber: Pinterest

1. Melihat nilai yang paling baik dan stabil

Cara mengetehaui potensi diri yang pertama ialah melihat nilai sekolah. Hal ini paling mudah untuk dilakukan, walaupun kurang akurat. Ketika sekolah kamu pasti mendapatkan laporan atas nilai-nilaimu di sekolah bukan? Kamu dapat melihat dari sini, di mata pelajaran apa kamu memiliki nilai paling baik. Namun, tidak cukup hanya yang paling baik, nilai yang bagus tersebut harus terlihat stabil atau tidak naik turun.

Jika nilai kamu baik dan stabil dapat disimpulkan bahwa kamu menguasai mata pelajaran tersebut. Nah, bisa jadi nih potensi yang kamu miliki merupakan mata pelajaran atau berhubungan dengan mata pelajaran tersebut. Hal ini bisa menjadi kurang akurat karena terkadang kamu menemukannya, tetapi kamu sendiri tidak memiliki minat di mata pelajaran tersebut.

2. Mencoba banyak hal baru

Mencoba banyak hal baru membuat kamu menemukan dunia yang lebih luas dan mengetahui banyak hal yang mungkin belum kamu tahu. Di usia muda kamu harus banyak mencoba hal-hal baru sampai kamu menemukan hal yang kamu sukai dan kamu pandai dalam melakukannya.

Baca Juga:  Tips Belajar di Sekolah Selama Pandemi Dengan Efektif dan Aman!

Hal ini penting untuk dilakukan sebelum kamu memasuki dunia kerja, karena nanti tidak akan ada lagi waktu untuk kamu mencoba hal-hal baru. Contoh mencoba banyak hal baru adalah dengan mengikuti organisasi, mengikuti ekstrakurikuler, mengikuti berbagai jenis lomba, bergabung kursus menggambar atau tari, dan masih banyak hal lainnya.

Hal-hal ini membutuhkan proses yang lama, tetapi dapat bermanfaat dan sangat membantu kamu dalam menemukan potensi diri. Jika kamu sudah menemukannya kamu harus berusaha untuk menekuni hal tersebut agar dapat memperdalam potensi serta kemampuan kamu.

3. Berdiskusi dengan orang-orang terdekat

Orang-orang terdekat kamu juga dapat membantu melihat potensi apa yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan orang terdekatmu merupakan orang yang juga ikut melihat kamu bertumbuh dan berkembang sehingga mereka akan dapat mengerti kemampuan dan kegemaran kamu. Bahkan mungkin mereka dapat melihat kemampuan yang tidak kamu sadari selama ini.

Karena itu penting bagi kamu untuk berdiskusi dengan orang-orang terdekat. Bertanyalah kira-kira apa potensi yang ada dalam diri kamu. Kamu juga dapat mengutarakan pendapatmu jika kamu mungkin kurang senang dengan pendapat yang mereka ungkapkan. Melalui diskusi ini, kamu mendapatkan kesimpulan yang mungkin bermanfaat untuk kamu menentukan potensi diri yang akan kamu kembangkan.

4. Berdiskusi dengan orang berpengalaman

Orang berpengalan yang dimaksud adalah orang yang mungkin memiliki pengalaman dibidang yang kamu gemari. Dengan berbicara dan berdiskusi dengan orang yang berpengalaman, dapat menjadi salah satu cara mengetahui potensi diri. Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang bakat minat sekaligus masukan mengenai potensi yang bisa dikembangkan.

Orang berpengalaman juga berasal dari orang yang pernah mengalami masa-masa mencari potensi diri seperti yang saat ini kamu alami. Contohnya adalah orang tua atau kakakmu. Berdiskusi dengan mereka dan mendengarkan mereka berbagi pengalaman, dapat membantumu menemukan cara untuk menemukan potensi diri kamu.

Baca Juga:  7 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Bisa Sambil Rebahan!

Berdiskusi dengan orang berpengalaman juga dapat dengan cara kamu mendengarkan pengalaman mereka dalam bidang pekerjaan yang saat ini mereka tekuni. Mungkin kamu akan merasa tertarik untuk mencobanya atau kamu juga bisa merasa tidak cocok dengan bidang mereka. Sehingga kamu dapat menemukan potensi dalam diri kamu.

5. Mengikuti tes minat bakat

Mengikuti tes minat bakat merupakan cara yang lebih akurat karena menggunakan metode dan analisa yang telah terbukti. Tes minat bakat biasanya digunakan berbagai sekolah dalam menentukan jurusan yang cocok untuk para siswanya. Artinya, tes minat bakat sudah diakui sebagai salah satu cara mengetahui potensi diri secara akurat.

Kamu dapat mengikuti tes minat bakat secara mudah saat ini. Kini ada banyak web yang menyediakan layanan tes minat bakat online secara gratis. Kamu bisa mencobanya sesekali untuk mencari dan mengikuti tes minat bakat, sehingga dapat melihat hasil dan menemukan potensi yang ada dalam diri kamu. Kamu dapat mencarinya di internet dengan kata kunci ‘’tes minat bakat gratis’’.

6. Mengikuti tes psikologi

Mengikuti tes psikologi juga merupakan cara yang akurat. Hasil dari tes psikologi menjelaskan kepribadian dan segala hal yang ada dalam diri kamu, termasuk kemampuan serta kelemahan yang kamu miliki. Sehingga dengan mengikuti tes psikologi kamu dapat langsung mengetahui potensi-potensi diri yang kamu miliki.

Biasanya baik di SMP maupun SMA kamu memiliki kesempatan untuk melakukan tes psikologi. Sekolah memberi kesempatan dan fasilitas bagi siswanya untuk melakukan tes psikologi untuk kepentingan sekolah dan siswanya.

Namun, kamu juga dapat melakukan tes psikologi ini dengan cara mandiri yaitu dengan pergi ke tempat yang menyediakan layanan psikotes. Jika kamu melakukan tes psikologi secara mandiri mungki kamu akan mengeluarkan sedikit biaya.

Baca Juga:  Tips Belajar dan Sukses Ala Kevin Hendrawan

Ternyata ada banyak cara mengetahui potensi diri ya? Mulai dari cara yang bisa kamu lakuin sendiri hingga cara mudah dari ahlinya. Jadi ga ada lagi alasan buat kamu ‘gabisa nemuin’ potensi dalam diri kamu. Semangat terus ya guys buat cari tahu dan kembangin potensi diri kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Gaya belajar yang dimiliki setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kemampuan ot…