5 Cara Mengenali Bakat Minat dengan Mudah! Cukup dari Rumah Aja Kok Guys!

Cara Mengenali Bakat – Siapa nih di antara kamu yang masih suka bingung atau dilematis, kira-kira apa sih bakat atau minat yang dimiliki? Atau bahkan kamu yang kini hendak naik ke jenjang SMA juga masih bingung mau melanjutkan ke jurusan MIPA atau IPS karena belum menemukan minat yang dimiliki? Tenang guys, kali ini penulis ada solusi untuk kamu!

So, artikel kali ini penulis mau share tentang 5 cara mengenali bakat minat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan super mudah! Gimana sih caranya? Penasaran? Yuk, langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Cara Mengenali Bakat Minat dengan Mudah!

1. Renungkan apa yang kamu sukai

Cara mengenali bakat minat yang pertama ialah merenungkan apa yang kamu sukai sejak dini. Kamu bisa pikirkan kira-kira aktivitas apa yang kamu sukai sejak kecil dulu. Misalnya, apakah dulu kamu suka menyanyi? Atau sejak kecil senang mengikuti pementasan tari? Atau bahkan tertarik dengan alat lukis sejak dulu?

Kamu bisa mulai merenungkannya. Oh iya, biasanya juga apa yang kamu sukai sejak dini seringkali terbawa hingga remaja atau dewasa ini. Mungkin kini kamu lebih mengenalnya sebagai hobi guys. Pastinya aktivitas tersebut kamu sukai sejak kali pertama melakukannya. 

2. Cek melalui nilai rapor atau prestasi

Apabila cara pertama masih belum akurat, maka kamu bisa mencoba untuk cek nilai rapor atau prestasimu di sekolah. Misalnya saja, penulis sendiri masuk ke kelas MIPA di SMA. Sayangnya tidak ada nilai kategori MIPA yang memuaskan, ternyata nilai tertinggi yang dimiliki penulis adalah Bahasa Indonesia. 

Baca Juga:  Persiapkan Diri Menghadapi UTBK Dengan Brain Academy! Yuk, Buruan Daftar Guys!

Hal ini juga didukung karena penulis mengikuti berbagai perlombaan menulis cerpen sampai debat, tentunya penulis bisa menarik kesimpulan bahwa bakat minat penulis adalah menulis atau yang berhubungan dengan bahasa dan sastra. Begitu pula denganmu. Kamu bisa coba lihat dari nilai akademik, prestasi di sekolah, atau bahkan ekstrakurikuler yang kamu ikuti guys

3. Pastikan kamu melakukannya dengan senang

Cara mengenali bakat minat selanjutnya ialah kamu harus memastikan bahwa aktivitas yang kamu lakukan membuatmu merasa senang. Kamu juga tidak merasa terbeban ketika melakukan hal tersebut secara terus-menerus. Bahkan kegiatan tersebut bisa mengubah moodmu menjadi lebih baik. 

Maka bisa jadi, kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan ialah bakat minat yang kamu miliki guys. Tentunya ada saat-saat jenuh, tetapi tidak bisa bertahan lama karena kamu memang menyukai dan memiliki ikatan khusus dengan aktivitas tersebut guys

4. Mengikuti tes bakat minat

Cara mengenali bakat minat yang paling akurat ialah mengikuti tesnya langsung. Sebenarnya ada banyak tes bakat minat di internet, tetapi kali ini penulis menganjurkanmu untuk mengikuti tes bakat minat versi Brain Academy guys. Mengapa? Tentu bukan tanpa sebab gengs.

Tes bakat minat dari Brain Academy memiliki sederet keuntungan seperti lebih akurat, kamu bisa melakukan konsultasi juga, maupun mendiskusikan hasil tes tersebut langsung kepada ahlinya juga. 

So, Gimana Sih Tes Bakat Minat di Brain Academy?

Ternyata Brain Academy bukan hanya bimbel online biasa aja lho. Mereka juga menyediakan fasilitas tes bakat-minat yang nantinya sangat berguna bagi kuliah bahkan sampai jenjang kariermu guys. Gimana caranya?

Easy banget! Kamu cukup berkunjung ke website resmi dari Brain Academy. Kemudian scroll sampai bawah, lalu klik tulisan tes bakat-minat di sebelah kanan bawah. Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah mendownload aplikasi Ruangguru di Google Playstore atau App Store milikmu. Kemudian langsung aja pilih menu tes bakat minat.

Baca Juga:  Lokasi Bimbel Brain Academy di Kota Semarang

Tes bakat-minat di Brain Academy ga memerlukan waktu lama kok guys! Bahkan pertanyaan yang diberikan ga sesulit ujian nasional, hehehe. Cukup beberapa pertanyaan sederhana seputar diri kamu!

Yap, itu tadi beberapa cara mengenali bakat minat super mudah yang bisa kamu lakukan dari rumah lho. Tunggu apa lagi? Yuk, kamu bisa mulai merenungkan atau berkunjung ke website Brain Academy untuk jawaban yang lebih akurat!

Semoga kamu bisa menemukan potensi terbaik yang ada diri kamu ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…