5 Daftar LMS Terbaik, Ruangkelas Memang Paling Juara Guys!

Di tahun 2021 ini, pandemi belum juga berakhir guys. Terpaksa berbagai pembelajaran harus dilaksakan secara online nih. Berhubung pembelajaran dilakukan secara online, pastinya setiap siswa ga akan jauh-jauh dari penggunaan LMS.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing nih dengan istilah ini. Padahal tanpa kamu sadari, hampir setiap hari kamu menggunakan LMS dalam menunjang pembelajaran via online.

LMS sendiri ialah Learning Management Systems yang biasanya digunakan sekolah dalam memudahkan pengumpulan tugas maupun kegiatan belajar mengajar.

Nah, dari sekian banyak LMS, kali ini aku mau kasih info ke kamu tentang beberapa LMS terbaik di Indonesia yang recommended banget untuk dipakai guys. Penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Daftar LMS Terbaik di Indonesia

1. Ruangkelas

Yap, LMS terbaik yang patut banget buat kamu juga ialah Ruangkelas. Di Ruangkelas kamu akan mendapatkan berbagai fitur menarik sekaligus memudahkan guru dalam mengajar guys

Ada beberapa fitur menarik yang disediakan Ruangguru untuk produk Ruangkelas. Salah satunya ialah pembelajaran yang bisa dilakukan live stream antara murid dan guru guys. Di bawah ini ada beberapa keunggulan lainnya dari Ruangkelas guys.

a. Ruang chat yang interaktif

Ruangkelas memberikan kamu akses untuk melakukan diskusi secara interaktif dengan guru. Hal ini dapat kamu lakukan secara live, pada saat live stream maupun melalui group chat di Ruangkelas.

b. Tambahan video menarik

Yap, keunggulan satu ini didapatkan oleh guru atau tutor yang mengajar guys. Untuk menunjang pemahaman kamu terhadap materi tanpa membuat berbagai video pembelajaran lainnya, Ruangguru memberikan akses bagi guru untuk menggunakan video menarik yang disediakan di Ruangkelas.

c. Mempermudah analisis nilai

Kemudian, Ruangkelas juga memberikan kemudahan bagi guru yang hendak menilai tugas dari tiap siswa. Akan ada rikap nilai yang diberikan Ruangkelas berdasarkan tugas yang dibuat tiap siswa dan dapat diunduh langsung dalam bentuk Ms. Excel.  

Baca Juga:  Bimbel Online SBMPTN Terbaik, Bikin Kamu Auto Masuk PTN!

2. Google Classroom

Selanjutnya, ada aplikasi yang kini sedang marak digunakan para pelajar online. Google Classroom memiliki beberapa fitur sederhana seperti memberikan ruang yang dapat membagikan tugas bagi para guru dan mengumpulkan tugas bagi para siswa. Selain itu, Google Classroom atau yang akrab disapa GC juga memberikan hasil penilaian kepada kamu yang mengumpulkan tugas guys

3. Moodle

Moodle sendiri merupakan sebuah aplikasi eLearning yang dapat membantu pembelajaran kamu yang menggunakan metode offline menjadi metode online. Yap, kamu juga bisa mengakses beberapa materi pembelajaran.

Sayangnya, Moodle sendiri cukup jarang digunakan oleh beberapa siswa di Indonesia. Padahal secara penggunaan Moodle ini termasuk dalam salah satu LMS terbaik di Indonesia. Buat kamu yang penasaran dapat menginstall aplikasi ini melalui playstore maupun App Store milikmu ya!

4. EdModo

Selain beberapa aplikasi di atas, EdModo juga menjadi salah satu aplikasi yang patut untuk kamu coba guys! Aplikasi satu ini dapat membantu antara guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran via e-learning. Tak hanya itu, keunggulan EdModo terletak pada kecanggihannya dalam menjaga privasi dari setiap siswa. 

Di aplikasi ini kamu dan guru dapat saling bertukar catatan pelajaran, beberapa dokumen mengenai soal, sampai tautan. Oh iya, pengiriman ini bisa dilakukan secara dua arah ya guys! Ga hanya itu, EdModo juga memberikan kelebihan bagi guru untuk mengirim beberapa peringatan mengenai sebuah tugas sampai acara pada tiap siswanya. 

5. Schoology

Terakhir, ada salah satu aplikasi yang udah marak digunakan di Amerika guys. Sistem yang digunakan pun memudahkan para pelajar dengan tutor atau guru yang mengajar dengan menggunakan sistem K-12. Sebuah sistem yang digunakan pada sekolah-sekolah di Amerika atau menggunakan standard nasional. 

Baca Juga:  Perbedaan Cara Bayar Ruangguru di Android dan iOS

Akan tetapi, aplikasi schoology ini hanya memberikan fitur berupa pemberian materi oleh tutor dan pengumpulan materi bagi siswa. Selain itu, schoology juga memberikan ruang atau pemeriksaan bagi siswa agar aktif terlibat dalam tiap materi yang diberikan oleh tutor. 

Nah, di atas ialah beberapa LMS terbaik yang patut banget nih guys buat kamu coba. Eits, salah satu LMS yang benar-benar recommended banget dan memiliki manajemen sesuai dengan kebutuhan siswa di Indonesia ialah Ruangkelas. So, buat kamu yang penasaran dengan Ruangkelas dapat langsung menginstall aplikasi Ruangguru di Android atau IOS kamu ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Rekomendasi Sekolah Model Terbaik di Indonesia! Siap Membimbingmu Menjadi Model Papan Atas!

Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita menjadi seorang model? Yap, profesi satu ini me…