Info Jurusan Ilmu Tanah, Jurusan Unik dengan 5 Prospek Menjanjikan di Indonesia

Apakah kamu pernah mendengar istilah ilmu tanah? Yap, istilah ini mungkin masih asing bagi sebagian besar darimu. Padahal, ilmu tanah atau jurusan ilmu tanah sendiri sangat menarik untuk dipelajar apalagi bagi kamu pecinta alam.

Nah, kali ini penulis mau membagikan berbagai info jurusan ilmu tanah yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam memilih progdi di perkuliahan nanti. Tanpa menunggu lama, yuk simak ulasan di bawah ini ya teman-teman.

Kenalan Dulu Dengan Jurusan Ilmu Tanah

info jurusan ilmu tanah
Chemist moisturizes soil with a dew pipette in a chemical laboratory closeup backgroun. Science research education concept

Sebelum masuk ke berbagai materi di jurusan ilmu tanah, maupun berbagai prospek pekerjaan yang menjanjikan, maka kamu wajib banget nih mengenal apa itu ilmu tanah.

Nah, info jurusan ilmu tanah yang pertama ialah jurusan ini merupakan bagian dari ilmu sosial, lebih tepatnya kebumian guys. Beberapa universitas juga menyebutnya sebagai jurusan manajemen lahan.

By the way, jurusan ilmu tanah sendiri sangat penting lho untuk dipelajari. Tentunya sebagai manusia yang tinggal di bumi, maka meneliti unsur utama pembentuk bumi akan sangat berguna bagi kelanjutan hidup manusia sendiri.

Info jurusan ilmu tanah yang kedua ialah keahlian yang wajib kamu miliki sebelum masuk jurusan ini. Mulai dari senang melakukan riset, teliti, gemar turun ke lapangan (artinya tidak tinggal dalam saja untuk belajar), sampai kesenangan dalam membaca.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Tanah

info jurusan ilmu tanah
Laboratory worker holding professional glassware and testing black soil after harvest in the field

1. Geologi

Yap, info jurusan ilmu tanah kali ini menyangkut materi kuliah yang akan kamu hadapi apabila memilih progdi ilmu tanah di sebuah universitas.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis

Seperti yang sudah penulis singgung, ilmu tanah sendiri erat kaitannya dengan materi kebumian. Kalau ngomongin kebumian, maka ga jauh-jauh kamu bertemu kata geologi. Kira-kira kamu tahu ga geologi tuh apa sih?

Secara sederhana, geologi adalah ilmu yang mempelajari proses pembentukan bumi berdasarkan batuan atau unsur di bawah tanah yang membentuknya. Ilmu satu ini sangat menarik lho untuk dipelajari.

2. Fisika Dasar

Yap, meskipun didominasi oleh hafalan atau pelajaran sosial-humaniora, ternyata jurusan ilmu tanah yang memiliki mata kuliah fisika dasar lho guys.

Mata kuliah ini akan membantumu untuk menghitung beberapa hal yang berkaitan dengan tanah. Oh iya, fisika dasar yang diajarkan juga ga sulit-sulit kok gengs. Lebih tepatnya mengenai fisika tanah.

3. Ekologi

Yap, info jurusan ilmu tanah berikutnya ialah mata kuliah ekologi yang akan menemanimu hampir selama menuntut ilmu di jurusan ini.

Berhubung kamu akan mempelajari unsur yang berkaitan dengan alam, maka ga akan jauh-jauh dengan materi ekologi juga. Selain itu, berbagai materi mengenai lingkungan, klasifikasi tanah, maupun hidrologi akan kamu pelajari di jurusan ini.

4. Kimia

Udah ada fisika, ada biologi, maka ga lengkap kalau ga ada mata kuliah kimia juga dong. Yap, materi kimia juga akan kamu pelajari selama berkuliah di jurusan ini. By the way, kimia yang dipelajari engga rumit-rumit kok guys.

Pastinya kimia yang berhubungan dengan tanah. Mulai dari mineral dalam tanah, karakteristik tanah, sampai berbagai teknik mengolah tanah menggunakan metode kimia. Justru materi kimia di jurusan ini seru dan menyenangkan banget untuk diikuti.

5. Sistem informasi

Terakhir nih ada sistem informasi. Komplit banget ya? Fisika ada, biologi dan kimia juga ada, kali ini ga ketinggalan ada materi sistem informasi yang akan kamu pelajari di jurusan ini teman-teman.

Baca Juga:  5 Tips Agar Tidak Salah Memilih Peminatan Studi

Oh iya, sistem informasi di sini berkaitan dengan pemetaan tanah melalui digital, survei, sampai melakukan digitasi bentuk bumi. Jadi, tetap berbeda dengan sistem informasi yang ada di ilmu komputer ya guys.

Universitas dengan Jurusan Ilmu Tanah Terbaik

info jurusan ilmu tanah
Biologist in white coat pouring liquid from syringe into flower pot with sprout in greenhouse
  1. Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor, Jawa Barat
  2. Universitas Brawijaya (UB) di Malang, Jawa Timur
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta
  4. Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan
  5. Universitas Padjajaran (UNPAD) di Bandung, Jawa Barat

Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Tanah

info jurusan ilmu tanah
Laboratory worker holding professional glassware and testing black soil after harvest in the field

1. Staff Pemerintahan

Sampailah kita di info jurusan ilmu tanah khususnya di bagian prospek pekerjaan. Ternyata guys, jurusan ini juga bisa lho mendaftar sebagai staff pemerintahan.

Kamu yang ingin mempelajari ilmu tanah, tetapi juga bercita-cita bekerja di pemerintahan maka kamu bisa banget mendaftar sebagai staff di berbagai lembaga kehutanan, pertanian, BUMN, atau bahkan Kementerian Indonesia guys.

Pastinya Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, maupun BUMN tertentu memerlukan lulusan ilmu tanah untuk turun mengatasi berbagai permasalahan menyangkut pelestarian tanah guys.

2. Dosen

Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita menjadi seorang dosen? Yap, kalau kamu menyukai ilmu tanah, ingin memperdalam ilmu tanah, sekaligus mengajar maka pekerjaan dosen menjadi pekerjaan paling tepat.

Kamu bisa melanjutkan pendidikan terlebih dahulu dengan berbagai beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Setelahnya, kamu bisa memilih untuk mengajar di almamater atau universitas lain.

3. Peneliti LIPI

Next, masih berkaitan dengan dosen nih gengs, kalau kamu menyukai riset, kegiatan belajar, maupun diskusi dengan akademisi maka bisa banget lho bercita-cita menjadi seorang peneliti di LIPI.

By the way, di dalam LIPI kamu ga hanya bertemu orang-orang dai jurusan ilmu tanah aja, melainkan lebih kompleks. Bisa dari jurusan fisika, biologi, bahkan beberapa ilmu sosial-humaniora juga. So, pastinya akan menambah insight sekaligus pengalaman bagi kamu yang senang belajar dan memecahkan masalah.

Baca Juga:  Perbedaan Politeknik dengan Universitas

4. Badan Informasi Geospasial

Yap, beberapa di antara kamu pasti asing dengan istilah Badan Informasi Geospasial. Apa tuh? Badan Informasi Geospasial atau biasa disingkat dengan BIG adalah lembaga resmi dari pemerintah yang bertugas mengendalikan sekaligus mengamati berbagai teknis di bidang geospasial.

Geospasial ini apa sih? Geospasial ini menyangkut berbagai objek alam maupun buatan manusia di permukaan bumi. Kalau Badan Geospasial Indonesia berarti badan ini hanya mengamati berbagai objek di wilayah Indonesia saja.

Tentunya BIG sangat membutuhkan lulusan ilmu tanah untuk mengamati, melakukan penelitian, sampai mengawasi berbagai objek yang ada di permukaan bumi wilayah Indonesia. Bahkan BIG juga turut andil dalam berbagai kebijakan menyangkut objek-objek tersebut guys.

Nah, itu tadi info jurusan ilmu tanah yang menarik banget untuk dipelajari. Sampai sini, apakah ada di antara kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini? Kalau iya, maka penulis sarankan untuk mulai belajar dari sekarang.

Jangan lupa rencanakan secara matang tujuanmu selama kuliah sampai lulus nanti. So, tetap semangat ya teman-teman semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …