8 Rekomendasi Buku Filsafat untuk Mahasiswa Baru yang Wajib Banget Dibaca

Halo teman-teman! Ga terasa ya, kita sudah memasuki Bulan Oktober di tahun 2021 lho. Sebagian besar dari kamu tentu sudah melangsungkan kegiatan kuliah bukan? Salah satu hal penting yang wajib dilakukan semasa kuliah ialah membaca buku.

Yap, buku yang dibaca akan membantumu melewati masa kuliah dengan efektif guys. Kali ini, penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa yang wajib banget nih dibaca oleh kamu yang masuk ke dalam jurusan filsafat.

By the way, kamu yang menyukai filsafat juga boleh kok membaca berbagai buku di bawah ini. So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ya guys!

Rekomendasi Buku Filsafat Untuk Mahasiswa Baru

1. Dunia Sophie

rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa

Rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa yang pertama ialah Dunia Sophie. Pasti kamu udah ga asing kan dengan buku satu ini? Setiap kali mengunjungi toko buku atau mall, judul buku ini kerap banget lho dipajang.

Yap, Dunia Sophie merupakan sebuah buku karangan Jostein Gaarder. Walaupun tergolong dalam buku fiksi, tetapi Dunia Sophie mengangkat dengan apik sebuah tema yang mungkin sulit dipahami, yakni filsafat.

Secara sederhana, buku ini menceritakan perjalanan seorang gadis bernama Sophie yang suatu hari dikejutkan dengan pertanyaan, “Siapakah kamu?”. Buku ini sangat seru banget guys untuk dibaca. Menyenangkan dan dikemas dengan unik untuk sebuah genre yang cukup susah dimengerti.

Nah, kamu yang tertarik membaca buku ini, bisa langsung klik link ini ya teman-teman!

2. Orang-orang Aneh

Yap, rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa yang kedua ialah Orang-orang Aneh karya Albert Camus. Sebagian dari kamu mungkin asing, tak sedikit pula yang familiar dengan nama Albert Camus.

Baca Juga:  Cara Membeli Buku Secara Online di Bukabuku.com

Dalam filsafat, beliau disebut sebagai salah satu filsuf paling berpengaruh yang menggaungkan mazhab absurditas sekaligus nihilisme. Nah, dalam novel Orang-orang Aneh inilah Camus memberi penggambaran paling baik mengenai kehampaan hidup.

Singkatnya, novel ini menceritakan kisah Mersault yang baru saja ditinggalkan oleh sang ibu. Sebagai seorang anak, Mersault merasa begitu kehilangan dan sedih. Namun, suatu kali Mersault terjerat sebuah kasus yang membuatnya mempertanyakan lebih lanjut apa arti kehidupan dan cara berpikir absurd tiap orang.

3. Catatan dari Bawah Tanah

rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa

Next, kita beralih ke salah satu novelis yang tak kalah keren asal Rusia, yakni Fyodor Dostoevsky. Yap, rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa kali ini berjudul Catatan dari Bawah Tanah.

Menceritakan sebuah kisah seorang laki-laki berusia 24 tahun yang bekerja di sebuah kantor. Tokoh Aku ini memiliki pembawaan yang suram, menyedihkan, cenderung perasa, sekaligus romantis yang sensitif.

Novel ini akan mengajakmu menelusuri lebih dalam isi pikiran tokoh ‘Aku’ dengan berbagai permasalahan yang rumit dijelaskan secara ilmiah. Banyak pesan filosofis yang bisa kamu ambil dari novel ini guys. Oh iya, kamu bisa klik link ini untuk check out langsung buku karya Fyodor Dostoevsky ini!

4. Sejarah Filsafat Barat

Nah, kalau tadi penulis sudah memberi rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa dalam kategori fiksi, kali ini kita akan beralih ke jenis non-fiksi. Pertama-tama, kamu wajib banget nih mengenal bagaimana sih secara filsafat barat? Bagaimana sebuah filsafat bisa terbentuk?

Melalui buku berjudul Sejarah Filsafat Barat karya Bertrand Russell, kamu akan dikenalkan berbagai sejarah filsafat mulai dari zaman kuno, zaman pencerahan, bahkan sampai masa kini.

Tulisan di dalam buku ini berupa kajian ilmiah ya gengs, jadi cocok banget untuk kamu yang kini masuk ke dalam jurusan filsafat. Buku ini akan memberikanmu banyak insight seputar mazhab, aliran filsafat, doktrin yang ada di dunia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

5. Pengantar Ilmu Filsafat

rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa

Rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa berikutnya berjudul Pengantar Ilmu Filsafat karya Louis O. Kattsoff. Menurut penulis, buku ini menjadi bacaan yang wajib banget kamu baca apabila memilih jurusan filsafat di bangku perkuliahan.

Sejauh apa sih pengetahuanmu mengenai ilmu filsafat, apa yang kamu tahu tentang filsafat, dan masih banyak lagi hal yang mungkin sering kamu pertanyakan di dalam filsafat, akan dijawab dengan gamblang dan jelas dalam buku ini guys.

Oh iya, berhubung buku Pengantar Ilmu Filsafat karya Louis O. Kattsoff ini tergolong sebagai buku akademik maka jangan heran kalau kamu juga akan menemukan berbagai insight baru menyangkut filsafat pendidikan yang harus dijalankan manusia. Terakhir, kamu bisa membeli buku ini dengan klik link di sini!

6. Critique of Pure Reason

Critique of Pure Reason menjadi rekomendasi buku filsafat berikutnya. Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1781 guys. Menariknya, sampai kini telah diterjemahkan ke belasan bahasa dunia dan juga masih diterbitkan.

Critique of Pure Reason atau dalam Bahasa Indonesia berarti Kritik atas Nalar Murni berisi teori-teori transendental sekaligua berbagai mazhab dalam filsafat modern. Buku setebal 856 halaman (edisi pertama) ini ditulis oleh filsuf terkenal, yakni Immanuel Kant

Ada banyak nama baru yang mungkin baru kamu kenal guys. Mulai dari Berkeley, Hume, para pemikir aliran rasional, pemikir aliran empiris, Descartes, sampai Locke. Buku ini menarik banget untuk dibaca. So, kamu yang tertarik bisa langsung klik link ini ya teman-teman.

7. Retorika

rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa

Siapa sih yang ga kenal filsuf sekaligus ilmuwan terkenal asal Yunani bernama Aristoteles? Yap, sebagai seorang filsuf, beliau juga mengeluarkan buku yang tak kalah keren berjudul Retorika.

Baca Juga:  Baca Buku 500 Halaman dalam 10 Menit, Siswi ini Luar Biasa!

Rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa kali ini, juga ga boleh dilwatkan Melalui Retorika karya Aristoteles, kamu akan mempelajari berbagai unsur di dalam retorika. Mulai dari filsafat, logika, dan juga dialektika.

Unsur ini sangat penting karena menyangkut berbagi seni dalam berbicara sampai persuasi teman-teman. Kamu juga akan mengetahui bagaimana teori retorika, yang sampai saat ini masih digunakan tanpa kamu sadari. Nah, buku yang menarik ini bisa langsung kamu beli melalui link ini ya gengs.

8. Sang Penguasa

Rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa yang terakhir datang dari Machiavelli dengan buku paling berpengaruh sekaligus terkenal berjudul Sang Penguasa. By the way, buku ini ga hanya menjadi bacaan wajib bagi mahasiswa filsafat aja gengs, melainkan juga mahasiswa hukum sampai ilmu politik.

Di dalamnya kamu akan menemui berbagai proses pembangunan sekaligus penghancuran dari sebuah kultur politik. Tentang kekuasaan, ketetanegaraan, ideologi, sampai aliran filsafat yang turut andil dalam pembangunan kultur politik.

Buku ini menarik banget dan sangat penulis rekomendasikan untukmu guys. Ada berbagai peran dari kerajaan di Asia seperti Jawa sampai Romawi. Kamu yang tertarik membaca buku ini bisa langsung klik link satu ini.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi buku filsafat untuk mahasiswa yang penulis rasa wajib kamu baca nih. Yap, filsafat sendiri merupakan cabang ilmu yang kompleks dan membutuhkan banyak referensi untuk menjadi ahli.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa filsafat, penulis sangat sarankan untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Mulai dari novel, biografi, sampai kajian kritis yang penulis rekomendasikan di atas. So, tetap semangat ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …