Ini Dia 10 Jurusan Sepi Peminat di UI yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memilih Program Studi

Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki banyak sekali peminat. Pelajar dari Sabang sampai Merauke, berlomba-lomba untuk masuk ke berbagai program studi di Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat sebagai UI. 

Bukan tanpa sebab, hal ini karena UI memiliki fasilitas hingga dosen yang berkompeten di bidangnya masing-masing guys. Di samping itu, demi masuk ke Universitas Indonesia beberapa pelajar rela memilih jurusan sepi peminat di UI, sehingga kemungkinan diterima akan jauh lebih besar daripada memilih jurusan yang ramai. 

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan beberapa jurusan sepi peminat di UI yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin masuk UI atau mungkin sedang dilematis dalam memilih jurusan. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Jurusan Sepi Peminat di UI

jurusan sastra di universitas indonesia
Depok, Indonesia – August 19, 2018: The rectorate building of the University of Indonesia in West Java.

1. Jurusan Geofisika

Jurusan sepi peminat di UI yang pertama adalah jurusan geofisika. Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan jurusan satu ini, terutama terkait lingkup pembelajaran yang akan kamu pelajari selama 4 tahun. 

Secara sederhana, program studi geofisika akan merupakan salah satu jurusan dalam SAINTEK yang mempelajari mengenai bumi dan lingkungannya. Hanya saja dalam mempelajari seluk-beluk bumi, kamu akan menggunakan metode fisika dan matematika guys, sehingga dinamakan geofisika. 

Di jurusan ini juga kamu akan mempelajari bagaimana terbentuknya bumi, serta memprediksi kondisi lingkungan di masa depan dengan melihat kondisi bumi masa kini. Oh iya, prospek kerja jurusan geofisika sendiri terbilang cukup banyak dan menjanjikan lho guys. 

Sebagai lulusan geofisika, kamu bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI, staff BMKG, dosen, ahli di bidang pertambangan, ahli dalam geografi, dan masih banyak lagi. Namun, ingat persiapkan kemampuanmu dalam berhitung sebaik mungkin ya guys. 

2. Jurusan Sastra Rusia

Next, jurusan sepi peminat di UI yang kedua adalah program studi Sastra Rusia. Yap, jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dari Universitas Indonesia. Sebagai salah satu kampus yang menyediakan banyak program studi mengenai sastra, UI tidak ketinggalan memasukkan Rusia sebagai salah satu jurusan. 

Baca Juga:  6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Nah, jurusan satu ini terbilang sedikit peminat karena tak banyak pelajar Indonesia yang tertarik mempelajari lebih dalam mengenai Rusia dan juga perkembangan kesusastraannya. Padahal Rusia menjadi salah satu negara yang melahirkan cukup banyak sastrawan ternama yang turut mempengaruhi kesusastraan dunia guys. 

Selain mempelajari seluk-beluk mengenai perkembangan sastra, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari kajian budaya, etnis, sejarah Rusia, hingga perkembangan filsafat di Rusia guys. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari program studi ini?

3. Jurusan Teknik Perkapalan

Siapa nih di antara kamu yang baru tahu kalau Universitas Indonesia juga membuka jurusan teknik perkapalan lho! Selama ini, jurusan teknik perkapalan sendiri selalu identik dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) atau Universitas Diponegoro di Semarang. 

Nah, sebagai salah satu jurusan sepi peminat di UI, kamu juga bisa kok memilih program studi perkapalan ga hanya di ITS atau UNDIP saja guys. Lantas belajar apa aja di jurusan ini? 

Di program studi perkapalan, kamu akan belajar mengenai perancangan sampai pembangunan sebuah kapal, termasuk produksi, pengoperasian, hingga perawatan sebuah kapal sebagai alat transportasi. Untuk prospek pekerjaan sendiri ga perlu ditanyakan lagi, ada banyak! Dari menjadi seorang teknisi, hingga staff pemerintah. 

4. Jurusan Sastra Jawa

Kembali ke Fakultas Ilmu Budaya (FIB), jurusan sepi peminat di UI berikutnya adalah program studi Sastra Jawa. Eits, jangan sampai salah dengan jurusan pendidikan Bahasa Jawa ya guys! 

Di program studi sastra Jawa, kamu akan mempelajari Bahasa Jawa secara lebih khusus, terutama tentang kesusastraannya. Mulai dari linguistik, karya sastra, perkembangan karya seni, hingga kebudayaan Jawa. Bahkan kamu juga akan belajar sedikit-banyak tentang filsafat hingga pandangan politik dalam kebudayaan Jawa. 

Nah, salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait jurusan ini, “Lantas lulus nanti mau kerja jadi apa?” Eits, jangan salah ya guys! Sebagai seorang lulusan sastra Jawa, kamu bisa bekerja menjadi seorang seniman, jurnalis, penulis, pemandu wisata, hingga bekerja sebagai staff di Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan atau Kementerian Pariwisata guys. Cukup menjanjikan bukan?

Baca Juga:  10 Keuntungan Mempunyai Teman Beda Jurusan Saat Kuliah

5. Jurusan Ilmu Filsafat

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk mempelajari ilmu filsafat? Yap, jurusan ini sendiri cukup banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia guys. Salah satunya di Universitas Indonesia yang sayang sekali masuk ke dalam jajaran jurusan sepi peminat di UI. 

Di program studi filsafat sendiri kamu akan belajar mengenai beberapa permasalahan mendasar dari manusia, keberadaan manusia, dan kehadiran kehidupan. Jujur, jurusan ini sangat menarik untuk dipelajari guys. Selain itu, ada cukup banyak prospek pekerjaan yang bisa kamu lakukan, seperti menjadi dosen, penulis, hingga politisi. 

jurusan sepi peminat di ui
Image by Dariusz Sankowski from Pixabay

6. Jurusan Geografi

Selanjutnya, ada program studi geografi sebagai salah satu jurusan sepi peminat di UI. Eits, jurusan ini berbeda dengan program studi geofisika yang ada di atas ya guys. Kalau kamu masuk ke jurusan geografi, maka kamu akan mempelajari mengenai tata ruang dan permukaan bumi serta hubungannya dengan manusia dari semua sisi. 

Dalam hal ini, kamu ga hanya melihatnya dari sisi fisika atau matematika saja seperti di geofisika guys. Ada juga ilmu sosial yang kamu pelajari, seperti demografi hingga pembangunan di suatu wilayah guys. 

7. Jurusan Teknologi Bioproses

Jurusan sepi peminat di UI berikutnya adalah program studi teknologi bioproses. Yap, terdengar sangat unik dan menarik untuk dipelajari ya guys? Jadi, di jurusan ini kamu akan belajar mengenai pemanfaatan mikroorganisme untuk perkembangan di dunia industri. Mulai dari jenis yang dapat dimanfaatkan hingga proses pemanfaatannya. 

Akan tetapi, kalau kamu tertarik masuk ke jurusan ini maka harus siapkan baik-baik kemampuanmu dalam berhitung dan menganalisis ya guys. Sebagai bagian dari cabang ilmu SAINTEK, program studi teknologi bioproses sangat berteman erat dengan ilmu kimia, biologi, fisika, dan tak lupa matematika guys. 

8. Jurusan Sastra Belanda

Kembali lagi ke Fakultas Ilmu Budaya, dari kategori sastra, ada program studi sastra Belanda sebagai salah satu jurusan sepi peminat di UI guys. Sebagaimana jurusan sastra pada umumnya, kamu ga hanya akan mempelajari kesusastraan aja kok di jurusan ini, melainkan juga kebudayaan hingga kultur dari negara Belanda. 

Baca Juga:  Ini Dia 3 Tips Mengerjakan Tes PKN STAN! Skill Academy Dong Solusinya!

Mulai dari sejarah negara Belanda, kondisi politik, hingga pengkajian karya sastra Belanda guys. Akibatnya, kamu ga hanya bisa bekerja di bidang kepenulisan saja lho, melainkan juga di bidang pemerintahan. Misalnya bekerja di kedutaan besar atau menjadi staff di suatu kementerian guys. 

9. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Adakah di antara kamu yang baru pertama kali mendengar program studi ilmu perpustakaan? Yap, jurusan sepi peminat di UI kali ini adalah jurusan ilmu perpustakaan. Eits, jangan salah lho guys, perpustakaan juga memiliki kaidah atau mekanisme yang dapat dipelajari sebagai sebuah ilmu pengetahuan. 

Di program studi ini, kamu akan belajar mengenai manajemen dalam menyimpan dan mengolah data. Sekilas bisa dibilang mirip dengan jurusan kearsipan ya guys, tetapi berbeda kok. Selain menyimpan dan mengolah data, kamu juga akan belajar mengenai cara-cara manajemen perpustakaan, terutama dalam bentuk digital.

Lantas sebagai lulusan ilmu perpustakaan kamu bisa bekerja di mana aja sih? Banyak guys, mungkin di Indonesia hanya kota-kota besar yang membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan. Namun, sebenarnya prospek pekerjaanmu di luar negeri juga sangat besar. Mulai dari bekerja di perpustakaan kota sama pemandu di museum guys. 

10. Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan sepi peminat di UI yang terakhir adalah program studi ilmu sejarah. Jurusan ini termasuk yang ‘paling ramai’ dari deretan ‘jurusan tersepi’ di Universitas Indonesia. Menariknya, program studi ini memiliki peminat yang tak terlalu banyak hampir di seluruh universitas yang membuka jurusan ilmu sejarah. 

Padahal perlu kamu ketahui kalau ilmu sejarah menjadi salah satu yang diperlukan di masa depan guys. Tak hanya itu, mempelajari ilmu sejarah juga memiliki prospek yang sangat besar untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri guys. 

Yap, di atas adalah beberapa jurusan sepi peminat di UI yang mungkin bisa menjadi pertimbangan atau salah satu referensi untukmu memilih program studi. Penulis percaya kok, jurusan apapun akan tetap berbuah manis kalau kamu mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Jadi, selalu semangat dalam belajar ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Info Terlengkap Jurusan Fisika Murni Beserta 5 Prospek Paling Menjanjikan di Indonesia

Masa-masa di bangku akhir SMA menjadi salah satu waktu paling membingungkan yang dihadapi …