Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga terasa ya guys, sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2022. Kira-kira 2 bulan ke depan akan menjadi bulan-bulan terakhir di 2021 yang penuh kenangan ini.

By the way, kamu angkatan kelas 12 sudah memiliki target belum? Ingin masuk jurusan atau universitas apa? Kebetulan banget nih, kali ini penulis akan membagikan beberapa jurusan sastra di Universitas Indonesia khusus untuk kamu yang ada keinginan masuk sastra.

Ga hanya itu, rekomendasi jurusan sastra di bawah ini juga bisa menjadi salah satu referensi atau pertimbanganmu guys. So, simak ulasannya di bawah ya!

Daftar Jurusan Sastra di Universitas Indonesia

1. Sastra Belanda

jurusan sastra di universitas indonesia
a chalkboard with the question Spreekt u Nederlands?, do you speak Dutch? written in Dutch, a pot with pencils, some books and the flag of the Netherlands on a wooden desk

Siapa nih di antara kamu yang tertarik dengan kebudayaan sekaligus bahasa Belanda? Yap, Universitas Indonesia menyediakan jurusan untuk kamu mempelajari sastra Belanda secara mendalam guys

Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai sejarah, politik, sampai kebiasaan masyarakat Belanda secara mendalam. Prospek kerjanya apa aja sih? Tentunya luas banget dong. Kamu pasti udah ga asing dengan hubungan sekaligus sejarah Indonesia-Belanda yang saling berkaitan dalam jangka waktu lama?

Hal ini tentu sangat memengaruhi perkembangan sejarah di Indonesia. Nah, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan mulai dari penerjemah sampai ahli sejarah (khususnya dalam menerjemahkan teks Bahasa Belanda).

2. Sastra Arab

Jurusan sastra di Universitas Indonesia berikutnya ialah sastra Arab. Jurusan ini juga ga kalah menarik untuk dipelajari teman-teman. Di dalamnya kamu akan belajar secara mendalam mengenai linguistik, ciri, dan yang paling seru ialah berbagai kajian sastra Arab yang keren-keren. 

Baca Juga:  4 Syarat Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Mulai dari karya Al-Harits Bin Hilliziah Al-Bakri sampai Jalaluddin Rumi ga luput dari materi kuliahmu. Di Sastra Arab sendiri mata kuliah lebih ditekankan pada berbagai jenis kajian seni dan karya sastra daripada sejarah sampai sosio-budaya seperti pada sastra Belanda. 

3. Sastra Cina atau Mandarin

jurusan sastra di universitas indonesia
close up of old hands writing chinese calligraphy characters with india ink on paper

Jurusan sastra di Universitas Indonesia kali ini masih berasal dari daerah Asia, tepatnya Asia Timur. Yap, jurusan sastra Cina atau sastra Mandarin menjadi salah satu unggulan di Universitas Indonesia juga gengs

Di jurusan ini kamu akan mempelajari kajian sastra Cina, budaya, sampai hubungan Indonesia dengan Cina khususnya dalam bidang perekonomian. Jurusan satu ini memiliki prospek yang ga kalah besar dengan jurusan di UI lainnya. 

Terutama karena Cina menjadi salah satu negara yang cukup maju di era ini, khususnya dalam bidang perekonomian sampai bisnis. Sehingga, kamu yang mahir berbahasa Cina akan sangat diperlukan untuk menunjak hubungan perekonomian antara Indonesia dengan negara Cina. 

4. Sastra Jawa

Kalau tadi kita sudah mengupas berbagai sastra asing, maka jurusan sastra di Universitas Indonesia satu ini berasal dari dalam negeri gengs. Apalagi kalau bukan jurusan sastra Jawa.

Yap, siapa lagi sih yang akan menjaga kebudayaan Indonesia kalau bukan kita sebagai warga negara, khususnya generasi muda? Nah, di dalam sastra Jawa ini kamu akan secara khusus mempelajari kebudayaan Jawa, karya sastra, dan berbagai naskah kuno untuk dengan beragam tema menarik. 

By the way, di sastra Jawa ini kamu ga hanya mempelajari sastra secara teori aja guys, melainkan juga berbagai kesenian seperti gamelan, wayang, sampai teater. Salah satu teman penulis yang masuk di jurusan ini, kini menjadi seorang penulis naskah teater sekaligus tour guide di Yogyakarta guys

Baca Juga:  Sekolah Pariwisata di Indonesia! Kira-kira Belajar Apa Aja Sih?

5. Sastra Inggris

jurusan sastra di universitas indonesia

Next, selain sastra Mandarin, jurusan sastra di Universitas Indonesia yang menjadi incaran bagi banyak siswa SMA ialah sastra Inggris. Jurusan sastra Inggris memang mengalami peningkatan peminat dari tahun ke tahun. 

Hal ini wajar terjadi karena sastra Inggris menjadi salah satu jurusan dengan prospek yang ga kalah menarik gengs. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lamar setelah lulus nanti. Mulai dari dosen, penulis, editor, sampai penerjemah di pemerintah atau berbagai perusahaan swasta. 

6. Sastra Indonesia

Ini dia nih, jurusan sastra di Universitas Indonesia yang menjadi incaran bagi banyak pelajar Indonesia. Yap, jurusan sastra Indonesia di UI memang keren banget gengs. Di jurusan ini juga lahir berbagai sastrawan sampai pujangga kenamaan Indonesia. 

Mulai dari Achidat K. Mihardja, Andrea Hirata, sampai Sapardi Djoko Damono! Keren kan guys. Oh iya, UI sendiri sering mengadakan pertukaran pelajar atau bahkan beasiswa khususnya di jurusan sastra Indonesia. 

So, kalau kamu tertarik mempelajari sastra Indonesia secara mendalam maka Universitas Indonesia dapat menjadi salah satu tujuanmu menempuh pendidikan. 

7. Sastra Jepang

jurusan sastra di universitas indonesia
Learn Japanese handwritten in the notebook.

Jurusan sastra kali ini juga ga kalah menarik. Yup, sastra Jepang menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang tertarik masuk jurusan sastra di Universitas Indonesia. Sastra Jepang sendiri tergolong ramai diminati para pelajar. 

Hal ini karena berbagai kebudayaan Jepang seperti Anime sampai Manga yang digemari banyak pelajar sepertimu gengs. Oh iya, prospek mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di negeri sakura pun sangat besar lho.

8. Sastra Jerman

Berikutnya ada sastra Jerman. Selain Jepang, Jerman juga menjadi salah satu negara yang seringkali melakukan pertukaran pelajar dengan Indonesia. Jurusan sastra Jerman sendiri menarik banget dipelajari karena peminatnya yang ga terlalu banyak. 

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Banyak Diminati SNMPTN UI

Sehingga, apabila kamu benar-benar tertarik dengan sastra Jerman, bukan tidak mungkin kalau ada banyak prospek menjanjikan untukmu di masa depan. By the way, salah satu guru penulis juga ada lulusan sastra Jerman yang kini bekerja di kedutaan besar Indonesia di Jerman. 

9. Sastra Perancis

jurusan sastra di universitas indonesia
Word LEARN FRENCH made with carved letters on yellow desk with office or school supplies, stationery. Concept of Franch language courses.

Next, ada sastra Perancis. FYI gengs, Perancis menjadi salah satu negara yang melahirkan banyak filsuf sampai penulis ternama lho. Ga hanya itu, kesusastraan Perancis juga seringkali menjadi inspirasi bagi para penulis dunia. 

Dari tahun ke tahun pun Bahasa Perancis semakin umum dipelajari dan digunakan banyak pelajar Indonesia. So, kalau kamu tertarik mempelajari dan masuk ke jurusan ini maka siapkan mental dan berbagai literatur untuk menunjang belajarmu.

10. Sastra Slavia

Jurusan sastra di Universitas Indonesia yang terakhir ialah sastra Slavia. Apa tuh sastra Slavia? Yap, bahasa Slavia sendiri merupakan sebuah rumpun bahasa Eropa Timur sampai Eropa Selatan atau negara-negara Balkan.

Kalau di UI sendiri, sastra Slavia sering dikenal dengan sastra Rusia. Wah, gimana? Keren kan? Rusia menjadi salah satu negara yang menarik banget untuk dikunjungi ataupun bekerja di sana. 

Selain itu, jurusan ini juga ga terlalu banyak peminat dibandingkan dengan jurusan lainnya. Meskipun begitu, sastra Rusia menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peluang pekerjaan di masa depan. 

Nah, itu tadi berbagai jurusan sastra di Universitas Indonesia yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk kuliah nanti. Selain berbagai jurusan sastra, UI juga memiliki jurusan yang ga kalah keren dari bidang lainnya gengs

Mulai dari kedokteran, ekonomi, hukum, sampai hubungan internasional yang dari tahun ke tahun selalu ramai peminat. So, untuk kamu yang ingin masuk UI, jangan lupa semangat belajar dan bersungguh-sungguh untuk menggapai mimpi tersebut. Pasti bisa kok guys! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekali…