group of people sitting indoors

Manfaat Mengikuti Organisasi Di Sekolah dan Kuliah

Banyak dari kamu yang masih ragu untuk mengikuti organisasi saat di bangku sekolah maupun perkuliahan. Beberapa pelajar atau mahasiswa menganggap bahwa dengan mengikuti organisasi membuatmu tidak fokus pada sekolah atau kuliah serta banyak waktu yang digunakan.

Namun, tahukah kamu bahwa mengikuti organisasi itu punya banyak manfaat? Apa saja? Yuk simak tips berikut!

Daftar Isi

Manfaat Mengikuti Organisasi Di Sekolah dan Kuliah

1. Melatih kepemimpinan

Manfaat dari mengikuto organisasi yang paling terasa adalah terlatihnya rasa kepemimpinan dalam diri. Saat mengikuti organisasi, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin orang.

Memimpin disini adalah pada umumnya kamu diberikan tanggung jawab untuk memimpin suatu kegiatan atau beberapa orang dalam divisi/departemen tertentu. Perlahan-lahan kamu akan dapat belajar bagaimana cara memimpin yang baik, bagaimana cara menjadi pimpinan yang baik, dan masih banyak lagi.

2. Melatih kerja sama

Dalam sebuah organisasi, kamu tidak berdiri sendiri. Tetapi kamu berdiri bersama-sama untuk mengerjakan sesuatu atau mencapai tujuan organisasi tersebut. Dalam mengerjakan suatu kegiatan atau proses dalam mencapai tujuan, tentu saja kamu harus mampu untuk bekerja sama dengan orang lain.

Inilah manfaat yang akan kamu rasakan ketika mengikuti organisasi. Rasa kerja samamu akan terlatih dan semakin terasah seiring berjalannya waktu dan tanggung jawab yang kamu dapatkan.

3. Melatih manajemen waktu

Bagi seseorang yang mengikuti organisasi, mereka harus meluangkan waktu khusus untuk kegiatan organisasi. Misalnya, disaat teman yang lain sudah pulang sekolah atau kuliah, kamu yang ikut organisasi harus mengikuti rapat atau menyiapkan suatu kegiatan. Keseimbangan antara membagi waktu untuk belajar, mengerjakan tugas pribadi dan kelompok, bersosialisasi, istirahat, dan organisasi bisa disebut dengan manajemen waktu.

Baca Juga:  Perbedaan Istilah Kampus, Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi

Saat pertama kali mengikuti organisasi terutama di bangku perkuliahan, mungkin kamu akan sedikit bingung dalam mengatur waktu yang ada agar semua kegiatanmu tetap seimbang. Namun, perlahan-lahan kamu akan dapat mengaturnya sehingga kamu bisa mendapatkan manajemen waktu yang baik. Kemampuan ini adalah salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti organisasi.

4. Melatih kemampuan komunikasi

Walaupun kemampuan komunikasi dapat dilatih secara mandiri, namun ketika kamu mengikuti organisasi maka secara alami kemampuan komunikasimu akan terlatih. Kamu akan belajar bagaimana berkomunikasi sebagai tim, sebagai pemimpin, berkomunikasi dengan pihak yang akan diajak berkolaborasi dalam sebuah event, bahkan sampai cara berkomunikasi yang baik dengan orang-orang penting di negara ini.

Kemampuan komunikasi yang kamu dapatkan tidak hanya komunikasi interpersonal saja, tetapi juga komunikasi publik yang penting untuk kehidupanmu sehari-hari. Dengan terlatihnya kemampuan komunikasi, rasa percaya diri juga akan tumbuh dalam dirimu beserta etika komunikasi yang baik.

5. Melatih kemampuan pemecahan masalah

Tidak semua orang mampu memecahkan masalah, mencari alternatif pemecahan masalah, hingga memberikan solusi. Kamu bisa melatih kemampuan pemecahan masalah saat mengikuti organisasi. Saat kamu diberi tanggung jawab, kamu harus bisa menjaga amanah itu.

Ketika ada masalah internal maupun eksternal, kamu secara pribadi atau bersama timmu harus bisa memecahkan masalah yang ada. Dengan berjalannya waktu saat mengikuti organisasi, kamu akan terlatih untuk memecahkan masalah dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti organisasi di sekolah dan juga kuliah. Bagi kamu yang selama ini masih ragu untuk mencoba ikut organisasi, kini saatnya meyakinkan diri dan mencoba hal baru yang bermanfaat. Semoga berhasil.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…