woman wearing blue shawl lapel suit jacket

Skill yang Harus Dikuasai Saat Sekolah dan Kuliah

Saat sekolah atau kuliah, beberapa diantara kamu mungkin hanya fokus pada kemampuan untuk memahami pelajaran. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak kemampuan lain yang harus kamu asah di bangku sekolah dan juga bangku kuliah? Kemampuan inilah yang disebut dengan soft skill. Tentu saja, kemampuan ini bermanfaat untuk kehidupanmu kelak. Apa saja? Yuk simak informasi berikut.

Skill yang Harus Dikuasai Saat Sekolah dan Kuliah

1. Public speaking

man standing in front of people sitting on red chairs
Photo by ICSA on Pexels.com

Kemampuan bicara di depan umum atau yang disebut dengan public speaking adalah salah satu kemampuan yang harus kamu asah. Kamu tidak selamanya hanya berbicara dengan seseorang atau segerombolan orang saja. Mungkin kelak, kamu diminta untuk presentasi, promosi, pidato, dan sebagainya. Itulah mengapa kemampuan bicara di depan umum harus diasah.

Beberapa orang memiliki kemampuan public speaking yang baik, ada yang karena sudah bakatnya dan ada yang karena rasa percaya dirinya. Namun, tak jarang yang merasa gugup dan masih tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum. Selagi masih di bangku sekolah atau perkuliahan, latihlah kemampuan ini. Cobalah untuk memberanikan diri berbicara di depan. Tumbuhkan rasa percaya dalam dirimu bahwa kamu bisa dan jangan takut salah.

2. Kepemimpinan

group oo people having a meeting
Photo by Rebrand Cities on Pexels.com

Salah satu aspek yang penting dalam kehidupan adalah kepemimpinan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tidak hanya hidup sendirian tetapi juga bersosialisasi dengan orang lain. Saat di bangku sekolah atau perkuliahan, kamu mungkin mendapatkan tugas sebagai pemimpin kelompok. Jika kamu tidak memiliki kemampuan memimpin yang baik, maka kerja dari kelompokmu akan berantakan.

Baca Juga:  Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik, Dijamin Akurat guys!

Kamu juga tidak selamanya sebagai anggota. Ada saatnya kamu menjadi pemimpin. Kamu dapat mengasah kemampuanmu sebagai pemimpin selagi di bangku sekolah dan perkuliahan dengan mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler lainnya. Belajarlah untuk menjadi pemimpin yang baik. Bukan pemimpin yang ditakuti tapi pemimpin yang disegani.

3. Percaya diri

woman wearing blue shawl lapel suit jacket
Photo by Moose Photos on Pexels.com

Rasa percaya diri dalam diri masing-masing orang berbeda. Ada yang memiliki sifat percaya diri sejak kecil dan ada yang tidak. Rasa percaya diri dapat kamu asah selama kamu sekolah atau kuliah. Caranya dengan berbaur dengan teman-teman, berinteraksi dengan guru, punya niat untuk maju, dan tentunya mencintai diri sendiri. Salah satu aspek penting dalam menumbuhkan percaya diri adalah kamu percaya akan kemampuanmu namun tidak ada perasaan sombong atau pamer.

4. Kerja sama

photo of people near wooden table
Photo by fauxels on Pexels.com

Sebagai makhluk sosial, manusia memang tidak bisa hidup sendiri. Begitu juga di bangku sekolah maupun perkuliahan. Ada kalanya tugas yang harus kamu kerjakan adalah tugas kelompok yang menuntutmu untuk mampu bekerja sama. Sifat kerja sama yang baik harus diasah sejak bangku sekolah.

Kerja sama dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah bersama dan tanggung jawab bersama. Kamu tidak bisa membebankan tugas dan tanggung jawabmu pada satu orang atau juga pada dirimu sendiri jika kamu mempunyai kelompok atau tim. Untuk itu, kamu harus melatih bagaimana cara menghadapi orang, menekan ego, mengesampingkan kepentingan pribadi, dan masih banyak lagi.

5. Mandiri

Mandiri
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Selain sebagai makhluk sosial, manusia juga harus dapat hidup sendiri. Ada kalanya kamu dihadapkan pada situasi yang menuntutmu untuk mampu mengatasinya sendiri. Kamu harus melatih kemandirian sejak di bangku sekolah serta di bangku perkuliahan. Mandiri bukan berarti kamu tidak butuh orang lain, tetapi kamu tidak bergantung pada orang lain. Karena kamu harus dapat menentukan jalan hidupmu di masa depan. Apa yang menjadi cita-citamu dan apa yang menjadi tujuanmu.

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

6. Kejujuran

kejujuran
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Semua orang diajarkan untuk bersikap jujur sejak kecil. Namun, terkadang seiring berjalannya waktu dan pengaruh dari lingkungan, sikap jujur perlahan terkikis. Kamu harus terus mengasah sikap ini selama di sekolah maupun saat kuliah. Tentu saja sampai setelah lulus pun kamu harus tetap mempunyai kejujuran. Jujur tidak hanya dalam perkataan saja, tetapi dalam perbuatan.

7. Disiplin

disiplin
Photo by Lum3n on Pexels.com

Salah satu kunci sukses adalah kedisiplinan. Tidak mudah menumbuhkan sikap disiplin dalam diri. Kamu harus melatihnya sejak kecil. Disiplin dapat diterapkan di rumah dengan bantuan orang tua. Namun, di sekolah atau perkuliahan, kamu juga harus berusaha menerapkannya sendiri. Hal-hal sederhana seperti datang tepat waktu, menepati janji, melaksanakan jadwal piket, mengumpulkan tugas pada waktunya dapat kamu lakukan untuk melatih sikap ini.

8. Mengenali diri

mengenal diri
Photo by cottonbro on Pexels.com

Kemampuan penting yang perlu kamu asah adalah kemampuan untuk mengenali diri. Tidak semua orang mengetahui apa yang dia inginkan dalam hidup, apa yang ingin dia jalani, apa yang dia cita-citakan, apa yang ingin dia capai, apa  bakat dan minatnya, dan masih banyak lagi.

Kemampuan ini dapat kamu asah selama di sekolah maupun bangku perkuliahan. Seiring berjalannya waktu, kamu akan dapat mengenali dirimu sehingga dapat menentukan apa yang ingin kamu capai kelak.

Itulah beberapa informasi mengenai kemampuan yang harus diasah saat sekolah dan kuliah. Banyak hal yang dapat dilakukan agar kamu bisa selalu tumbuh dan maju. Jangan menyerah untuk belajar. Yuk bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …