Ini Dia 4 Organisasi Mahasiswa di Universitas yang Wajib Diketahui MABA, Super Menarik dan Seru Guys

Tak hanya di sekolah, ternyata di perguruan tinggi juga terdapat berbagai organisasi lho! Jika di SMA atau SMP Organisasi Intra Sekolah adalah OSIS, di perguruan tinggi terdapat lebih banyak organisasi. Mulai dari organisasi intra kampus maupun di luar kampus.

Ada banyak organisasi mahasiswa di universitas yang dapat kamu ikuti. Setiap jenisnya juga memiliki peran masing-masing. Aktif dalam kegiatan organisasi kampus dapat memberi kamu banyak manfaat. Dalam dunia kerja, perusahaan akan lebih memilih calon pekerja yang memiliki catatan aktif dalam organisasi.

Sebelum memilih untuk mengikuti organisasi apa di perguruan tinggi, kamu harus tahu ada organisasi apa saja dan peranannya. Disini, penulis akan kasih tahu kamu berbagai organisasi mahasiswa di universitas.

Macam-Macam Organisasi Mahasiswa di Universitas

1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

organisasi mahasiswa di universitas
Studio shot of young handsome businessman wearing suit against colored background horizontal shot

Badan Eksekutif Mahasiswa atau biasa disingkat BEM. Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah BEM. BEM merupakan organisasi yang terstruktur. Di kampus, BEM menjadi lembaga eksekutif.

Umumnya BEM bertugas sebagai eksekutor di lapangan untuk menjalankan program atau kegiatan yang berkaitan dengan mahasiswa dan kampus. Selain itu, BEM juga bertugas untuk menjadi sosok inisiator atau yang membawa perubahan ke arah baik dalam lingkup mahasiswa. 

Selain tugas umum tersebut, BEM memiliki bertanggung jawab dalam berbagai kegiatan mahasiswa di kampus. Acara tersebut seperti kegiatan studi banding, kompetisi, pentas seni, kegiatan sosial, dan lainnya.

BEM bertugas sebagai fasilitator, inisiator, dan koordinator dalam berbagai kegiatan kampus. Dilihat dari tugas dan perannya, ketika memilih menjadi anggota BEM maka kamu harus siap dengan segala tugas dan tanggung jawab yang diberikan ya!

Baca Juga:  Persyaratan dan Tes yang Dilalui Sebelum Mendaftar Beasiswa Luar Negeri!

2. Senat Mahasiswa (SM)

organisasi mahasiswa di universitas
High school students are discussing against window. Multi-ethnic male and females are in classroom. They are wearing casuals at school.

Senat Mahasiswa biasa disingkat menjadi SM. Jika BEM merupakan lembaga eksekutif di kampus, SM merupakan lembaga legislatifnya. SM berperan sebagai penyambung antara mahasiswa dengan pihak universitas.

SM menampung aspirasi mahasiswa berupa kritik hingga saran yang kemudian disampaikan ke pihak kampus untuk didiskusikan dan menerbitkan solusi.

Selain itu, SM juga memiliki tugas untuk mengawasi kinerja BEM. BEM yang menjalankan program di lapangan tetap diawasi oleh SM. Hal ini guna mencegah anggota BEM melakukan kesalahan atau penyimpangan selama periode kerja. 

3. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) atau Himpunan Mahasiswa (HIMA)

organisasi mahasiswa di universitas
Multi-ethnic group of teenage volunteers organize global aid event or charity efforts to help needy families. The group of friends wear lanyards and blue shirts. Disaster relief, global aid, charity and relief work themes.

Himpunan Mahasiswa Jurusan biasa disingkat HMJ. HMJ merupakan organisasi intra kampus yang berada di tingkat jurusan atau program studi, sehingga setiap jurusan pasti memiliki HMJ.

HMJ bertugas sebagai tempat mahasiswa dalam satu jurusan untuk berorganisasi. HMJ menjadi organisasi yang paling dekat dengan mahasiswa, sehingga dapat mencapai mahasiswa yang kurang senang beorganisasi.

HMJ ini memiliki tugas dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan jurusan. Mulai dari, acara yang diadakan dalam jurusan, seminar, lomba, hingga promosi. HMJ berperan aktif dalam setiap prosesnya dari perencanaan hingga pelaksanaannya.

Selain itu, HMJ juga menjadi penanggung jawab dalam acara tersebut. HMJ juga bekerja sama dengan BEM untuk beberapa kegiatan yang ada di kampus. 

Jika kamu ingin ikut berorganisasi namun tidak mau yang terlalu sulit atau berat, HMJ dapat menjadi pilihanmu. Menjadi anggota HMJ juga mengasah kemampuan organisasi kamu seperti berkoordinasi, bertanggung jawab akan suatu acara, dan lainnya.

Akan tetapi, bukan berarti menjadi anggota HMJ tidak sibuk, kamu tetap harus bisa mengatur waktu antara organisasi dengan sekolah, jangan sampai keduanya terganggu.

Baca Juga:  10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah

Satu lagi yang menarik jika Kamu mengikuti kegiatan organisasi ini, biasanya Kamu akan mendapatkan jaket atau blazer khusus.

Mahasiswa anggota HIMA biasanya terlihat banyak memakainya saat beraktivitas. Selain sebagai identitas, jaket atau blazer itu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa.

Meskipun cuaca sedang terik, setelan tetap bisa nyaman untuk digunakan, khususnya jika menggunakan bahan yang breathable seperti kain American Drill. Jaket atau blazer bisa menjadi andalan outer yang meng-upgrade penampilanmu dalam sekejap.

Kamu bisa membeli bahannya di Shopee di UD. Mitra Mulya, toko kain terlengkap yang ada di Surabaya. Jika kamu berdomisili di Surabaya, kamu bisa datang langsung ke Tokonya dengan alamat berikut: Jl. Bunguran, No.63-H Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161.

4. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

organisasi mahasiswa di universitas
Students At Performing Arts School Playing In Band At Rehearsal

Unit Kegiatan Mahasiswa biasa juga disingkat dengan UKM. UKM merupakan organisasi yang terbentuk berdasarkan kesamaan hobi antar mahasiswa. Jika di SMP atau SMA kamu mengenal dengan ekstra kulikuler atau klub, maka UKM adalah versi di perguruan tingginya.

UKM terdiri dari berbagai jenis hobi atau kegemaran mahasiswa. Jika kamu lebih berminat untuk mengembangkan hobi kamu, maka UKM dapat menjadi pilihan. Dalam UKM terdapat 3 jenis unit, yaitu unit kegiatan olahraga, unit kegiatan kesenian, dan unit khusus.

UKM yang tergabung dalam unit khusus terdapat PRAMUKA, Mahasiswa Pecinta Alam, hingga Unit Kerohanian. Sedangkan UKM olahraga dan kesenian memiliki lebih banyak jenisnya dan mungkin berbeda di setiap universitas. Jumlah UKM di kampus jauh lebih banyak dibanding jumlah ekstrakurikuler di SMA atau SMP.

Selain untuk mengembangkan minat dan hobi, dalam UKM kamu juga tetap dapat mengembangkan kemampuan berorganisasi. Menjadi anggota suatu UKM juga tetap dibutuhkan kemampuan untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan tanggung jawab.

Baca Juga:  Info Jurusan Arkeologi yang Jarang Diketahui Sampai 4 Mata Kuliah Unik di Jurusan Ini!

UKM merupakan organisasi di tingkat universitas sehingga dapat menjadi sarana untuk mendapat teman lintas jurusan. Pilihlah UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Ada banyak jenis organisasi mahasiswa di universitas yang bisa kamu ikuti. Mungkin selama ini yang kamu ketahui hanya BEM, namun ternyata ada organisasi lain yang lebih sesuai dengan kemampuan dan minat.

Setiap universitas memiliki stuktur organisasi yang berbeda, contoh saja di universitas A terdapat Senat Mahasiswa namun tidak ada Dewan Perwakilan Mahasiswa, tetapi di universitas B justru sebaliknya.  

Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat kamu dan sesuaikan pula dengan kemampuan diri. Jangan sampai kamu merasa kelelahan hingga tidak bisa mengatasi peran dan tanggung jawab yang didapat dari organisasi.

Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan dengan sekolah. Tujuan utama dalam kuliah tetap belajar agar dapat mencapai impian dan lulus tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…