Simak Yuk 4 Teknik Belajar Paling Efektif Buat Kamu yang Mageran

Di masa pandemi saat ini bagi siswa sangatlah penting untuk mengatur mood saat belajar. Di sisi lain kewajiban dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah cenderung membuat pelajar merasa tertekan dan sulit mengatur mood.

Akibatnya, banyak pelajar memilih untuk bermalas-malasan atau mager. Nah, tepat banget nih! Kali ini penulis akan membahas beberapa teknik belajar paling efektif untuk pelajar selama di rumah aja! Yuk, simak ya.

Daftar Isi

Teknik Belajar Paling Efektif Untuk Kamu yang Mageran

1. Teknik Feynman

teknik belajar paling efektif
Students writing tasks on whiteboard in class, laughing with classmates

Pada teknik belajar ini kamu melakukannya dengan mempelajari materi sampai kamu benar-benar paham, kemudian mengingatnya dengan baik untuk dijelaskan kepada orang lain.

Buatlah penjelasan dengan sederhana agar orang lain mudah untuk memahami. Apabila kamu sedang belajar di rumah dan tidak ada orang yang bisa kamu ajak sebagai partner maka kamu bisa menjelaskannya sendiri seakan-akan kamu menjelaskannya untuk orang lain.

Keuntungan dalam menggunakan teknik ini ialah ingatanmu akan lebih kuat dan belajar nggak bakal bikin pusing, guys!

2. Teknik Pomodoro

teknik belajar paling efektif
Hourglass on laptop computer concept for time management and countdown to deadline

Teknik ini menerapkan aturan 25-30 menit untuk fokus belajar tanpa distraksi apapun dan istirahat selama 5 menit. Kemudian kamu mengulangi lagi dengan mengatur timer 25-30 menit. Keuntungan dalam menggunakan teknik ini yaitu materi yang kamu pelajari akan tuntas lebih cepat.

Selain itu, pemahaman dan ingatan kamu juga menjadi lebih tajam karena fokus yang tinggi serta mengurangi tingkat kelelahan dan gagal fokus saat belajar.

3. Teknik Before Sleeping

teknik belajar paling efektif
Cropped shot of female hands with book and coffee. Female reading book on bed at night.

Pada teknik ini kamu hanya belajar seperti biasa dengan caramu. Bisa dengan merangkum, mencatat, memahami, searching, serta mengingat kembali pelajaran dan materi, tetapi itu kamu lakukan sebelum tidur.

Baca Juga:  Sulit Konsentrasi? Yuk, Cobain 5 Tips Agar Cepat Menangkap Pelajaran Online!

Mengapa? Karena otak akan mengulas materi sebelum tidur menjadi lebih baik serta menjaga kesehatan otak agar dapat tidur lebih nyenyak. Usahakan setelah selesai belajar jangan bermain HP atau melakukan kegiatan apapun.

4. Teknik After Wake Up

teknik belajar paling efektif
Asian women waking up stretching in bed at home, morning and sunny day. Lifestyle Concept

Siapa yang menjadikan bangun pagi sebagai kebiasaan dan rutinitas setiap hari? Pasti akan sangat mudah menerapkan teknik belajar ini dengan baik. Karena belajar teknik ini dilakukan pada saat pagi hari setelah kamu bangun pagi, tentunya dengan atau sudah mencuci muka dan minum air putih.

By the way, minum air putih saat bangun pagi sangat baik untuk kinerja otak kamu. Saat menerapkan teknik ini, kamu bisa belajar dengan membaca materi, merangkum dan mengerjakan beberapa latihan soal mudah untuk pemanasan.

Mengapa belajar dengan teknik ini? Karena otak masih dalam keadaan segar dan belum memikirkan hal berat lainnya sehingga otak dapat bekerja secara optimal. Jadi, pagi hari merupakan waktu yang pas untuk mempelajari fakta, pengertian, dan sesuatu yang berhubungan dengan angka, karena kinerja otak yang baik kamu bisa menyerap pelajaran dengan baik. 

Demikian teknik belajar paling efektif yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari selama masa pandemi Covid-19. Sebaiknya gunakan metode serta teknik belajar untuk memudahkan kamu mengerti dan memahami pelajaran dengan maksimal.

Jangan karena keterbatasan belajar jarak jauh maka kamu menjadi malas belajar. Oh iya, semangat dan berdoa juga dua hal yang sangat penting, terlebih untuk saat-saat ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Banyak di antara kalian yang saat masa pandemi mengalami kesulitan dalam belajar maupun me…