4 Skill yang Diperlukan Dalam Bisnis dan Usaha, Generasi Muda Harus Tahu

Siapa yang memiliki cita-cita sebagai seorang pengusaha dan masih belajar mengenal dan sedikit demi sedikit mempelajari “apa sih yang di sebut marketing itu” atau “bagaimana sih dasar dari marketing itu sendiri”.

Nah disini aku akan membahas tentang 4 skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha. Khususnya generasi muda wajib banget tahu!

Daftar Isi

Skill yang Diperlukan Dalam Bisnis dan Usaha

1. Digital Marketing 

skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha
Digital Marketing with person using a laptop on a white table

Digital maketing adalah bentuk usaha yang dijalankan dengan menggunakan bantuan media digital di masa sekarang ini.

Untuk dapat menjalankan digital marketing dengan lancar, kamu harus bisa menjalankan sosial media marketing yaitu usaha dengan aktif menggunakan sosial media seperti promosi, iklan, dan lain sebagainya.

Kemudian memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing), membuat buyer persona (Representasi dari target), membuat akun sosial media bisnis (google account, WhatsApp, website, dan lain-lain)

2. Coding

skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha
Man’s Hands Coding on Laptop CLOSE UP. Man using portable computers. Man programmer writes code

Coding merupakan materi program yang dilakukan seperti proses menulis, menguji hasil usaha, pembuatan, dan memperbaiki dalam suatu kegiatan serta membangun suatu hasil yang dapat membantu pekerjaanmu dalam program.

Jika kamu kurang mengerti tentang coding dalam penjualan atau berbisnis kamu bisa menggunakan aplikasi penjualan dan pastikan aplikasi tersebut memang cocok dan sesuai dengan kebutuhan yang dapat membantu kamu.

3. Closing 

skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha
Businessmen making handshake with his partner in cafe – business etiquette, congratulation, merger and acquisition concepts

Closing merupakan hal yang wajib di lakukan dalam suatu usaha. Serta proses untuk mengakhiri transaksi dan proses ini dapat kamu pakai untuk mengetahui bagaimana respon dan apresiasi pelanggan kamu saat menggunakan prodak yang kamu buat.

Closing berisi tentang pertanyaan seperti kenapa, bagaimana, apa, mengapa yang diajukan kepada customer untuk sekedar bertanya dan menunjukan simpati kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa nyaman dan merespon dengan baik tentang produk yang ditawarkan.

Baca Juga:  Cara Menjadikan HP Sebagai Mouse Wireless

Dalam melakukan proses posting ini diharapkan kita sebagai pemilik produk yang memasarkan serta menawarkan produk kepada pelanggan mengetahui sifat dan perilaku pelanggan sehingga kita sudah mengerti dan memahami dulu. Kita juga lebih mampu leluasa dalam berkata-kata kepada pelanggan tanpa menghilangkan sopan santun dalam bertutur kata.

4. Copywriting

skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha
copywriting word cloud – handwriting on a napkin with a cup of coffee

Copywriting merupakan teknik dalam sebuah penulisan dan juga merupakan suatu metode pemasaran. Copywriting digunakan untuk menarik atau membujuk audiens. Skill ini bertujuan untuk menghasilkan konversi yang nantinya dipakai atau berguna juga untuk kelangsungan dalam pemasaran dan bisnis.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan menggunakan media digital seperti sosial media dan beberapa media lain dalam digital, kamu bisa memulainya dengan hal di sekitar kita. Mulai dari sosial media seperti Instagram, WhatsApp, Telegram, iklan Google, Blog, Youtube dan media lainnya. 

Karena melalui media digital akan lebih mudah dikenal banyak orang serta memudahkan kita untuk mempromosikan bisnis yang akan kamu mulai. 

Nah, itu tadi beberapa skill yang diperlukan dalam bisnis dan usaha. Kamu yang tertarik berkecimpung di dunia bisnis bisa langsung mempelajari skill di atas ya. Semangat generasi muda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Banyak di antara kalian yang saat masa pandemi mengalami kesulitan dalam belajar maupun me…