8 Rekomendasi Novel Fantasi Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Baca!

Membaca novel fantasi menjadi sebuah sensasi yang menyenangkan untuk dilakukan, terutama di akhir pekan yang penat. Yap, penulis sendiri cukup kecanduan membaca berbagai novel bertema fantasi karena mampu menghanyutkan pembacanya ke dalam sebuah dunia baru yang unik, menarik, menantang, dan berdebar-debar. 

Yap, pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi novel fantasi yang menarik banget untuk dibaca guys. Khusus di artikel ini, rekomendasi dari novel-novel di bawah adalah tulisan penulis barat guys. 

Eits tenang, di lain kesempatan penulis akan membagikan rekomendasi novel fantasi khusus penulis dalam negeri ya. Jadi, tetap nantikan ya guys! So, tanpa berlama lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini!

Rekomendasi Novel Fantasi

rekomendasi novel fantasi
Image by RachH from Pixabay

1. The Chronicles of Narnia – C.S Lewis

Rekomendasi novel fantasi yang pertama berjudul The Chronicles of Narnia. Siapa sih yang ga kenal dengan cerita fantasi satu ini? Yap, setelah diangkat ke film, ketenarannya makin menjadi-jadi guys, bahkan penulis bisa jamin kalau sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah melihat film ini sewaktu kecil hingga remaja dulu bukan? 

Novel ini bercerita mengenai petualangan anak-anak remaja menuju sebuah dunia fantasi yang ada di dalam lemari pakaiannya. Dunia fantasi tersebut disebut sebagai Negeri Narnia, di dalamnya mereka harus mengalahkan kejahatan para Penyihir Putih.

Meskipun ditulis berpuluh-puluh tahun yang lalu, tetapi novel karya C.S Lewis ini tetap menarik untuk dinikmati hingga saat ini bukan? Bahkan penulis sendiri cukup kecanduan dengan alur cerita yang ditulis oleh C.S Lewis! Bagaimana tidak, sejak film maupun novel ini tenar di pasaran, pasti beberapa dari kamu beberapa kali mengecek lemari di kamarmu bukan? Siapa tahu bisa terhubung ke dunia Narnia:)

Baca Juga:  6 Platform Menulis Cerpen dan Novel Yang Patut Kamu Coba

2. Nyanyian Achilles – Madeline Miller

Rekomendasi novel fantasi berikutnya berjudul Nyanyian Achilles atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai The Song of Achilles. Novel satu ini ditulis dengan cerdas oleh Madeline Miller guys. 

Berlatar Belakang Yunani, tepatnya pada zaman para pahlawan, seorang bernama Patroclus diasingkan ke sebuah istana bersama seorang putra bernama Achilles. Achilles sendiri tergolong anak yang cerdas, terutama dalam seni perang dan pengobatan. 

Kemudian tersiar kabar bahwa Helen dan Sparta diculik, membuat Achilles dan Patroclus memutuskan pergi ke Troy. Dari sinilah perjalanan yang memuat kisah cinta, persahabatan, dan cinta keluarga dimulai. 

3. Crooked Kingdom – Leigh Bardugo

Tahukah kamu, novel berjudul Crooked Kingdom karya Leigh Bardugo ini pernah ramai beberapa waktu silam guys. Salah satunya karena keunikan cerita yang ditulis dan alur cerita yang seru untuk diikuti. 

Novel ini sendiri bercerita mengenai Kaz Brekker dan teman-temannya yang kembali ke Ketterdam. Sayangnya mereka pulang bukan sebagai pendatang, jutawan, atau bahkan orang terkenal melainkan sebagai seorang buronan karena kehabisan uang setelah ditipu serta dikuras seluruh hartanya. 

Dari sinilah ‘kesialan’ dimulai, satu per satu sang kru mulai mengalami masalah dan hal-hal tak terduga yang membuat masalah kian menjadi pelik. Dengan demikian, musuh lama pun kembali dan memaksa setiap dari mereka untuk menguji kesetiaan terhadap teman-teman kru. 

4. The Blood of Olympus – Rick Riordan

Yap, tentu kamu sudah tidak asing dengan penulis satu ini bukan? Sukses dengan karya terkenal berjudul Percy Jackson, ternyata Rick Riordan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat dan mengemas berbagai alur cerita yang tak kalah menarik dengan Percy Jackson guys. 

Buku berjudul The Blood of Olympus yang tergabung ke dalam series berjudul The Heroes of Olympus ini contohnya. Buku ini bercerita mengenai kebangkitan raksasa yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Para monster ini mengumpulkan dewa-dewi terbuang serta sekutu yang telah terbuang dari Olympus.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Buku Bertema Lingkungan Terbaik Sepanjang Tahun 2021! Ada Buku untuk Jurusan Teknik Lingkungan juga

Ketujuh pemegang demigod yang memegang masing-masing ramalan berusaha bertahan hidup dari serangan yang hendak menghancurkan mereka, terlebih karena para demigod ini tidak bisa meminta bantuan sama sekali dari para dewa. 

Yap, novel ini sangat menarik sekali untuk dibaca khususnya apabila kamu sangat ingin hanyut dalam alur fantasi dan menghabiskan waktu tanpa terasa. Penulis jamin kamu akan kecanduan dengan series ini karena sangat menarik untuk diikuti, dengan banyak alur yang membuatmu berdebar-debar guys. Highly recommended!

rekomendasi novel fantasi
Sumber: Wikipedia

5. Divergent – Veronica Roth

Yap, novel berjudul Divergent sendiri sudah sempat diangkat menjadi sebuah film dan sangat sukses di pasaran guys. Divergent bercerita kehidupan di masa depan yang dibagi ke dalam 5 fraksi. Masing-masing fraksi memiliki kekuatannya sendiri serta menduduki bidang-bidang tertentu dalam suatu sistem masyarakat. 

Dengan tokoh utama seorang gadis bernama Beatrice Prior, kita akan diajak untuk menyelami konflik antar fraksi, kehidupan di masa depan, hingga masalah-masalah yang sama sekali tidak pernah terpikirkan oleh bentuk masyarakat masa depan ini. 

FYI, novel ini terdiri dari 3 buku yang bercerita tentang tokoh yang sama dan berkelanjutan guys. Ketiganya juga sudah diangkat menjadi film dengan judul yang sama persis dengan novelnya. 

6. The Book of Lost Things – John Connolly

Jujur saja, buku dengan sampul berwarna ungu ini sudah menarik perhatian penulis sejak tahun lalu guys. Namun, penulis baru berani membeli dan membacanya sekitar sebulan yang lalu. Ternyata isinya sangat menarik dan akan penulis masukkan ke jajaran rekomendasi novel fantasi khusus untukmu. 

Secara sederhana, novel ini bercerita mengenai seorang anak bernama David yang harus berjuang melewati kehidupannya setelah kepergian yang ibunda. Ketika perang dunia kedua pecah, sebuah pesawat bom yang menabrak kebun David mengantarnya ke dalam dunia fantasi yang ada di dalam buku-buku koleksinya. 

Dari sinilah misi David dimulai, di mana ia harus mencari sang Raja apabila ingin kembali ke kehidupan nyata. Yap, penulis sangat berharap kamu bisa membaca novel satu ini karena sangat menarik dan kaya dengan pesan moral guys!

Baca Juga:  Ketahui Yuk, 6 Buku untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pelajar

7. The Power – Naomi Alderman

Novelis Inggris bernama Naomi Alderman memang tak pernah kehabisan akal dalam membuat berbagai novel fantasi yang menarik untuk dibaca, tetapi juga kaya dengan berbagai kritik sosial guys. 

Novel berjudul The Power ini mengisahkan tentang dunia di mana wanita dapat memberikan sebuah kejutan listrik dengan sesukanya. Kemampuan unik ini membuat perempuan memiliki kelebihan di atas pria. Hal inilah yang kemudian dikembangkan oleh Naomi Alderman untuk menghadirkan beragam konflik dan problem. 

Sekedar informasi, Naomi Alderman sendiri sering mengangkat berbagai tema berkaitan dengan kekuasaan dan gender. Jadi, apabila kamu seseorang yang cukup tertarik dengan kedua tema di atas, maka bisa langsung kepoin berbagai buku karya Naomi Alderman, novelis asal Inggris ini.

8. Charlie and The Chocolate Factory – Roald Dahl

Rekomendasi novel fantasi yang terakhir berjudul Charlie and The Chocolate Factory. Yap, siapa sih yang ga kenal dengan novel karangan Roald Dahl ini? Dengan tokoh Willy Wonka yang eksentrik, penulis rasa kita semua tidak akan pernah lupa dengan pakaian maupun warna rambutnya bukan?

Novel satu ini sangat menarik untuk dibaca, terutama di tengah waktu senggang yang membutuhkan humor dan imajinasi yang melayang-layang. Charlie and The Chocolate Factory sendiri bercerita tentang pemilik pabrik cokelat terkenal bernama Willy Wonka yang mengizinkan lima anak mengunjungi pabriknya yang misterius dan kaya dengan sihir unik. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi novel fantasi yang sangat menarik untuk dihabiskan di akhir pekan. Apalagi sebentar lagi libur sekolah akan tiba guys, jadi penulis sangat merekomendasikanmu paling tidak membaca 2-3 novel di atas ya. 

Kalau kamu sudah pernah membaca salah satu atau beberapa novel di atas, maka jangan lupa bagikan tanggapan serta pendapatmu terkait novel tersebut ya. Selamat membaca teman-teman sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia 9 Rekomendasi Buku Karya Putu Wijaya yang Paling Menarik untuk Dibaca!

Berbicara tentang sastra, rasa-rasanya Indonesia tidak pernah kekurangan sastrawan terkemu…