Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor yang memengaruhi hal ini guys.

Mulai dari persebaran tenaga pendidik yang kurang merata, khususnya pada daerah Indonesia timur, sampai kesulitan akses dan infrastruktur pada daerah tertentu di Indonesia.

Tentunya, kamu bisa merenung guys bagaimana bersyukurnya pendidikan yang ada di pulau Jawa. 

Berbagai kemudahan internet sampai infrastruktur bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Nah, untuk kamu yang sekiranya tergerak membantu kawan-kawan di seluruh Indonesia yang kini mengalami kesulitan di bidang pendidikan maka aku punya solusi yang tepat guys.

Kini Ruangguru memiliki satu program khusus untuk kamu yang berdonasi melalui Ruangpeduli. Penasaran, kira-kira apa aja sih produk Ruangpeduli? Kuy, cek ulasan di bawah!

Kenalan Yuk Dengan Ruangpeduli dari Ruangguru

So, secara sederhana Ruangpeduli ialah sebuah program yang dibuat oleh Ruangguru dan memiliki tujuan utama untuk membantu teman-teman di seluruh Indonesia yang mengalami kesulitan di bidang pendidikan. Tentunya mulai dari sarana-prasarana pembelajaran sampai infrastruktur sekolah guys

FYI, Ruangpeduli ini khusus didedikasikan untuk membantu pelajar yang ada di Indonesia tanpa memungut biaya sepeser pun. Ruangpeduli murni membantu teman-teman tanpa meminta biaya administrasi atau biaya tambahan di dalamnya.

Bahkan kamu bisa memantau segala donasi di Ruangpeduli melalui website resmi dari Ruangpeduli.com

Dari Kamu Untuk Kawanmu

Program Ruangpeduli ini memang didedikasikan untuk memperbaiki infrastruktur sampai segala sarana prasarana di beberapa sekolah yang cukup tertinggal.

Baca Juga:  Ruangles Online Solusi untuk Mengerjakan Tugas Sekolah

Tak hanya itu, Ruangpeduli juga memiliki serangkaian program dalam membantu tiap pengajar di seluruh Indonesia untuk beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran yang serba digital. 

Di bawah ini terdapat beberapa tempat di seluruh Indonesia yang mungkin dapat menjadi salah satu ladang untuk kamu berbuat baik guys. Yuk, kepoin ulasan di bawah ini!

1. Bangunan Layak Guna di SMP 1 Kayangan

Sekolah menengah pertama ini terletak di daerah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Bahkan sudah berdiri sejak tahun 1982 dengan murid yang terus bertambah tiap tahunnya.

Sayangnya rumah ilmu di Lombok ini turut menjadi korban gempa pada tahun 2018 dan meratakan bangunan tersebut. Sehingga proses belajar-mengajar pun turut terganggu. 

2. Perlengkapan Bangku Sekolah untuk Madrasah Mugomulyo

Mugomulyo merupakan salah satu daerah yang terletak di Indragiri Hilir, Riau. Bangunan ini menjadi rumah belajar bagi 265 anak dengan semangat belajar yang tinggi. Namun, kegiatan belajar pun sedikit terganggu akibat terbatasnya beberapa sarana prasarana seperti bangku maupun meja belajar. 

3. Bebas Banjir di SMPN 1 Amurang

Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1946 dan menjadi rumah belajar bagi siswa di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Sekolah ini menjadi rumah bagi 727 siswa dan 37 guru.

Sayangnya setelah berdiri puluhan tahun, bangunan ini mengalami kerusakan di beberapa bagian seperti atap sehingga menyebabkan banjir, akibatnya proses belajar-mengajar menjadi terhambat.

Di atas ialah sedikit dari beberapa infrastruktur di bidang pendidikan yang mungkin dapat menggerakkan hati kamu untuk membantu guys

Dampak Nyata Melalui Ruangpeduli

Ruangpeduli telah melakukan beberapa langkah nyata dalam mewujudkan setiap mimpi pelajar maupun masyarakat Indonesia.

Beberapa dampak nyata tersebut seperti perbaikan pada mutu pengajar, infrastruktur, sampai beberapa kemudahan lainnya. Berikut daftar lengkap dari dampak nyata Ruangpeduli. 

  1. Adanya pelatihan bagi guru di Padang Panjang melalui metode Pedagogik
  2. Menurunkan tingkat pengangguran dengan mengadakan program pendampingan tenaga kerja.
  3. Pelatihan sekaligus pendampingan guru SD di Banyuwangi dalam melakukan pembelajaran melalui E-learning. 
  4. Menciptakan berbagai kesempatan beasiswa bagi siswa-siswi kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
  5. Penyebaran nilai-nilai Pancasila dan toleransi melalui daring
  6. Program meningkatkan kompetensi 1800 guru melalui ITF (Indonesia Teaching Fellowship)
Baca Juga:  Harga Paket Ruangbelajar Plus Ruangguru

Di atas ialah beberapa dampak nyata dan bentuk donasi yang dilakukan Ruangpeduli melalui serangkaian program untuk membantu memberantas angka buta huruf dan memajukan pendidikan yang ada di Indonesia.

Sebenarnya masih ada banyak dampak nyata dan beberapa bentuk donasi  yang dilakukan Ruangguru melalui project Ruangpeduli ini. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut maka bisa langsung mengunjungi laman resmi Ruangpeduli.org

Kepedulianmu sangat berdampak bagi sekeliling! So, kamu bisa langsung mengunjungi Ruangpeduli di Instagram maupun laman pribadi. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Daftar LMS Terbaik, Ruangkelas Memang Paling Juara Guys!

Di tahun 2021 ini, pandemi belum juga berakhir guys. Terpaksa berbagai pembelajaran harus …