pkn stan

Syarat untuk Mendaftar di PKN STAN, Nilai Raport Minimal 70!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Kementrian Keuangan kembali membuka pendaftaran Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun 2019. Buat kamu yang berminat bisa mempersiapkan diri dan segala persyaratannya, untuk segera mendaftar. Apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar ke salah satu perguruan tinggi milik pemerintah tersebut? simak informasinya berikut ini.

Ini Dia Syarat Lengkap Untuk Mendaftar STAN

Untuk syarat umum pertama adalah pastikan kamu adalah lulusan tahun 2018 dari sekolah menengah atas (SMA) dari jurusan apa saja, atau lulusan sekolah yang sederajat dengan SMA. Atau kamu pada tahun 2019 merupakan siswa kelas 12 pada SMA atau sederajat, yang akan lulus pada tahun depan. Selanjutnya persyaratan khusus bisa kamu persiapkan adalah.

1. Persyaratan Nilai

  • Pertama, jika kamu yang merupakan alumni SMA angkatan 2018 atau tahun sebelumnya, pastikan nilai rata-rata ujianmu yang tertera di ijazah SMA tidak boleh kurang dari 70,00 dengan menggunakan skala 100,00
  • Kedua, jika kamu merupakan calon lulusan setelah tahun 2018 pastikan untuk memiliki prestasi pada rapor yang terdiri atas semua mata pelajaran pengetahuan, di lima semester terakhirmu dengan nilai minimal 70,00 maksimal 100,00 atau dengan sama dengan minimal 2,80 pada skala 4,00.

Ingat bahwa nilai tersebut berasal dari semester ganjil dan genap kelas X dan XI, serta nilai pada semester gasal di kelas XII). Pastikan juga bahwa kamu sudah dinyatakan lulus dengan nilai ijazah rata-rata minimal 70,00 hingga 100,00

2. Syarat Usia

Usia yang diperbolehkan untuk mendaftar adalah maksimal 20 tahun pada tanggal 1 September 2019, atau kamu lahir setelah tanggal 1 September pada tahun 1999. Sementara untuk usia minimal adalah 17 tahun bagi yang mau mendaftar pada kategori Diploma I. Sedangkan untuk pendaftaran kategori Diploma III adalah minimal 15 tahun.

Baca Juga:  Wisuda Akademi Kepolisian Tahun 2019

3. Kesehatan

Pastikan kamu sehat jasmani dan rohani serta bebas dari Narkoba, Psikotropika dan zat aditif berbahaya lain. Dengan kategori sehat yaitu bisa berbicara, mendengar serta melihat dengan baik. Kemudian bisa mengetik, diskusi, menganalisis sesuatu.

4. Status Perkawinan

Status kamu harus belum menikah saat mendaftar dan siap untuk tidak menjalani pernikahan selama proses pendidikan di PKN STAN.

5. Syarat Khusus Diploma I, Diploma III Kepabeanan dan Cukai

a. Diploma I

Untuk pendaftar perempuan wajib memiliki tinggi badan minimal 155 sentimeter. Sedangkan pendaftar laki-laki tingginya minimal 165 sentimeter.

b. Diploma III

Khusus untuk laki-laki harus memiliki tinggi minimal 165 sentimeter, tidak memiliki cacat apapun pada fisiknya dan tidak menderita buta warna. Sedangkan bagi yang menggunakan kacamata dengan kategori rabun jauh, rabun dekat atau silindris toleransi yang diberikan dengan ukuran maksimal 2 dioptri. Baik itu kacamata ataupun kontak lensa.

6. Syarat Khusus Program Afirmasi

  • Jika kamu berada di kawasan Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur pastikan sudah tamat SD atau sederajat, SMP atau sederajat dan SMA sederajat.
  • Untuk daerah tersebut di atas pastikan kamu punya garis keturunan dari salah satu orang tua kandung atau keduanya yang merupakan warga asli daerah itu.

Kalau kamu sudah melengkapi persyaratan untuk mendaftar secara detil dan lengkap, maka kamu sudah bisa melakukan pendaftaran untuk masuk PKN STAN sesuai dengan alur pendaftaran yang ada. Prosesnya akan diinfokan langsung oleh pihak PKN STAN di lingkungan perguruan tinggi tersebut atau melalui website resmi http://www.pknstan.ac.id/.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…