Sulit Konsentrasi? Yuk, Cobain 5 Tips Agar Cepat Menangkap Pelajaran Online!

Seiring berkembangnya jaman mendapatkan ilmu sudah tidak lagi hanya di sekolah. Mendapat ilmu bisa dimana saja dan kapan saja. Teknologi yang terus berkembang juga semakin memudahkan kamu dalam belajar atau mendapatkan informasi.

Tidak ada lagi batasan ruang dan waktu dalam dunia dengan teknologi canggih saat ini. Dengan adanya pandemi pun, belajar secara daring atau online menjadi hal yang wajar bagi kamu. Namun, apakah kamu juga merasakan bahwa belajar di sekolah dengan tatap muka bersama guru lebih memudahkanmu dalam menangkap informasi dibanding ketika mendengar penjelasan guru secara online?

Penulis pun juga merasakan sulitnya untuk memahami pelajaran yang disampaikan pengajar ketika online. Sehingga kali ini Penulis akan memberikan beberapa tips agar cepat menangkap pelajaran online! So, langsung simak ulasan di bawah ya guys!

Tips Agar Cepat Menangkap Pelajaran Online

1. Siapkan tempat tersendiri untuk belajar

tips agar cepat menangkap pelajaran online
Sumber: freeangestock.com

Memiliki tempat tersendiri ketika belajar membantu diri kamu untuk lebih siap belajar. Tempat tersendiri bisa seperti ruang belajar atau sekedar meja belajar. Sehingga ketika kamu berasa di tempat tersebut kamu sudah siap untuk mengikuti proses belajar mengajar.

Ini akan membantu kamu untuk lebih fokus belajar dan tidak terganggu oleh hal lain yang dapat mengalihkan pikiran kamu ketika mendengarkan penjelasan guru. Berbeda ketika kamu tidak memiliki tempat tersendiri ketika belajar. Contoh saja kamu mengikuti pembelajaran online di tempat tidur, maka kemungkinan tertidur pun akan lebih besar.

Hal ini tentu menyebabkan kamu kesulitan menerima penjelasan dari guru kamu dan menangkap pelajaran yang sedang kamu pelajari. Sehingga langkah yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan meja belajar kamu. Jika kamu sudah memilikinya, rapikan dan tata sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga:  2 Cara Merangkum Cerita dengan Mudah dan Cepat! Super Ampuh! Yuk, Buruan Cobain!

Kerapian dan keindahan meja belajar mampu membuat kamu lebih semangat untuk belajar, selain itu jika meja belajar tidak rapi juga dapat mengganggu pikiran kamu ketika sedang belajar. Setelah itu, letakkan segala keperluan kamu untuk belajar di atas meja belajar.

2. Persiapkan hati dan pikiran sebelum memulai pelajaran

Sebelum memulai proses belajar kamu, pikiran dan hati kamu harus terlebih dahulu tenang dan siap untuk menerima pelajaran. Jika kamu memiliki pikiran yang siap, maka pelajaran yang dijelaskan oleh guru kamu akan lebih mudah untuk kamu mengerti. Sebaliknya, jika pikiran kamu belum siap maka akan sulit bagi kamu menerima pelajaran yang diajarkan.

Kamu bisa menyiapkan hati dan pikiran dengan melakukan persiapan lebih awal sebelum pelajaran dimulai. Jika pelajaran dimulai di pagi hari, maka kamu harus bangun lebih pagi. Mandi, sarapan, dan menenangkan hati serta pikiranmu dengan berbagai cara seperti olahraga ringan. Dengan begitu, pikiran, hati, serta tubuh kamu sudah lebih siap untuk menerima pelajaran.

Namun, jika kamu sama sekali tidak bersiap diri maka kamu akan kesulitan untuk fokus selama pelajaran berlangsung. Misal saja, kamu bangun siang dan langsung mengikuti pelajaran tanpa mandi atau sarapan. Pikiran serta tubuh masih belum siap atau kaget, sehingga sudah dipastikan pelajaran dari guru kamu akan susah untuk kamu cerna.

3. Jauhkan handphone atau hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi belajar

tips agar cepat menangkap pelajaran online
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.

Tetap fokus selama pelajaran berlangsung atau ketika guru sedang menjelaskan merupakan salah satu hal yang menjadi kendala pelajaran online. Hal ini karena ketika di sekolah, kamu hanya bisa mengikuti proses pembelajaran, sedangkan ketika berada di rumah dan tanpa pengawasan kamu bisa melakukan apa saja, seperti bermain hp, rebahan, menonton film, dan banyak hal lainnya.

Baca Juga:  Belajar Online Juga Bisa Efektif lho! Simak Tipsnya di Bawah Ini!

Berbagai hal ini lah yang menjadi pengganggu kamu ketika seharusnya kamu berkonsentrasi mendengarkan penjelasan guru kamu. Handphone menjadi hal yang mungkin paling sering mengganggu konsentrasi kamu. Didalam handphone ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, sehingga ketika kamu bosan sedikit selama belajar, kamu bukannya mencoba untuk lebih fokus, justru bermain hp.

Karena itu, jika pelajaran tidak membutuhkan hp maka letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan kamu. Selama handphone masih ada di sekitarmu, maka kemungkinan kamu akan kesulitan untuk konsentrasi dalam pelajaran, sehingga kamu kesulitan untuk menangkap apa yang dijelaskan oleh guru kamu.

4. Jangan buka hal lain ketika pelajaran

Ketika kamu belajar di rumah atau secara online maka mungkin tidak ada yang mengawasi kamu selama kamu sekolah atau belajar. Karena itu, kamu harus bisa mengendalikan diri kamu sendiri. Kamu harus bisa menyadari kapan waktu untuk fokus belajar dan waktu untuk istirahat. Jangan sampai, ketika waktunya kamu untuk fokus sekolah, kamu melakukan hal lain di luar pembelajaran yang mengganggu fokus kamu.

Membuka hal lain di laptop atau handphone kamu selama pembelajaran jelas akan mengganggu konsentrasi kamu. Kamu akan lebih fokus pada hal lain yang sedang kamu buka. Contoh saja, ketika guru menjelaskan, kamu justru menonton film di dalam laptop kamu, atau kamu bermain game di dalam laptop kamu.

Karena itu, jangan buka hal lain ketika jam kamu untuk sekolah agar kamu dapat fokus mendengarkan penjelasan guru kamu. Ketika kamu melakukan hal lain, maka kamu tidak dapat mendengarkan apa yang guru kamu jelaskan, sehingga kamu tidak memahami pelajaran yang diajarkan.

5. Berpakaian rapi dan berposisi tegak

tips agar cepat menangkap pelajaran online
Young man student study at home. He using laptop and learning online.

Berpakaian rapi membantu kamu untuk lebih siap dalam mengikuti proses belajar. Selain itu, berpakaian rapi juga menandakan bahwa kamu akan dalam mode serius, sehingga kamu dapat lebih serius dan fokus selama proses pembelajaran. Jika perlu, gunakan seragam sekolah untuk membangun suasana sekolah selama kamu menjalani pembelajaran online.

Terciptanya suasana sekolah di rumah kamu, akan membuat kamu lebih fokus dan semangat belajar. Hal ini akan membantu kamu menyadari bahwa kamu sedang bersekolah, sehingga kamu akan lebih fokus pada pembelajaran. Fokus terhadap apa yang dijelaskan oleh guru kamu, akan membuat kamu memahami pelajaran yang diberikan.

Baca Juga:  Tips Sukses Menjadi Guru Profesional, Baik, dan Menyenangkan

Selain berpakaian rapi, kamu juga harus berposisi tegak atau siap selama pembelajaran. Hal ini agar kamu tidak merasa malas atau ngantuk. Jika kamu bersikap bungkuk, tiduran, atau bermalas-malasan, maka kamu juga akan ikut malas untuk mendengarkan penejlasan guru kamu. Duduklah dengan posisi tegap agar fokusmu juga tetap terjaga.

Kunci utama agar dapat memahami pelajaran yang disampaikan guru kamu selama pembelajaran online adalah tetap fokus kepada proses belajar. Sehingga yang perlu kamu usahakan agar dapat menangkap apa yang diajarkan adalah menjaga fokus dengan melakukan beberapa tips yang sudah Penulis berikan. Jika kamu memiliki cara lain untuk menjaga fokus, maka lakukanlah cara tersebut.

Selama pembelajaran online kamu juga harus lebih aktif. Jika kamu tidak memahami suatu pelajaran, janganlah malu untuk bertanya. Kamu juga bisa meminta guru kamu menjelaskan kembali hal yang belum kamu pahami. Tentunya gurumu akan memahami situasi ini. Sehingga kamu juga harus lebih aktif agar tidak tertinggal pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…