6 Tips Manajemen Waktu Untuk Pelajar! Dijamin Produktif dan Efisien!

Sebagai pelajar kamu pasti memiliki berbagai kegiatan yang harus kamu lakukan, seperti belajar. Namun, juga ada beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan, seperti bermain, berorganisasi, dan banyak lainnya. Jika kamu sudah bisa melakukan semuanya, hari-hari kamu menjadi sangat sibuk dan padat, sehingga terkadang beberapa hal yang tidak terlaksana dengan maksimal.

Oleh karena itu, penting banget untukmu mengetahui berbagai tips manajemen waktu untuk pelajar. Dengan manajemen waktu yang baik, jadwal kamu dalam sehari atau satu minggu bisa tertata dengan baik, sehingga segala hal bisa kamu lakukan dengan maksimal. Nah, berikut penulis beri tips untuk manajemen waktu dengan efisien dan produktif!

Daftar Isi

Tips Manajemen Waktu Untuk Pelajar di Rumah

1. Mengatur dan menyusun jadwal

tips manajemen waktu untuk pelajar
close up of calendar and clock on green background, planning for business meeting or travel planning concept

Mengatur dan menyusun jadwal dapat membantu kamu dalam mengatur waktu dalam satu hari. Kamu bisa membagi waktu yang ada misal dalam satu hari atau satu minggu dengan berbagai kegiatan yang harus kamu lakukan. Pertama, buat daftar kegiatan, kemudian susun jadwal sesuai hari dan jam.

Dengan menata jadwal, kamu bisa melihat tidak akan ada jadwal yang bertabrakan. Susun jadwal kamu di sebuah kertas atau handphone. Jangan lupa untuk tuliskan detail jam atau hari sehingga kamu bisa mengikutinya dengan baik dan sesuai.

Pasang alarm sangat disarankan disetiap jadwal. Hal ini dapat membantu untuk mengingatkan kamu melakukan kegiatan sesuai jadwal yang sudah disusun, sehingga waktu kamu tidak akan terbuang.

Baca Juga:  Tata Tertib dan Panduan UNBK 2019

2. Membangun kebiasaan

Kebiasaan yang baik harus mulai dilakukan agar dapat mengikuti jadwal dengan baik. Kunci dari manajemen waktu adalah kamu tidak membuang waktu, dan mengikuti jadwal sesuai dengan yang sudah ditentukan. Karena itu kamu harus mulai membangun kebiasaan baik yang mendukung hari-hari kamu terjalani dengan efektif.

Contohnya seperti bangun lebih pagi dan mengurangi bermain sosial media. Bangun lebih pagi akan membuat kamu memiliki waktu yang lebih banyak. Selain itu, dengan bangun lebih awal, tubuh akan lebih siap untuk menjalani hari baik secara fisik maupun pikiran.

Menjalani hari lebih awal membantu untuk menjalani hari dengan lebih tenang, sehingga jadwal yang sudah dibuat dapat kamu ikuti dengan baik.

3. Mengurangi waktu bermalasan

tips manajemen waktu
Bored friends using their smart phones sitting on a couch in the living room at home

Mungkin salah satu alasan kamu kurang bisa menata waktu dengan baik adalah seringnya bermalas-malasan. Bermalas-malasan menyebabkan banyak waktu terbuang atau tidak terpakai secara efektif. Bentuknya bisa berupa bermain handphone atau sosial media yang kurang penting, mager untuk memulai suatu kegiatan, rebahan, dan berbagai hal lain yang tidak penting.

Kegiatan bermalas-malasan yang paling berbahaya menurut Penulis adalah bermain handphone dan sosial media. Karena hal itu mampu membuat kamu lupa waktu dan akhirnya lupa dengan jadwal yang sudah disusun. Selain itu, segala kebiasaan itu bisa membuat kamu menunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Tentu saja akan membuat jadwal yang disusun berantakan dan membuang banyak waktu.

4. Membangun disiplin diri

Diri kamu harus bisa disiplin untuk mengikuti segala jadwal yang sudah disusun. Jadwal yang sudah disusun rapi tidak akan ada gunanya jika kamu tidak mengikutinya dengan baik. Kamu akan tetap membuang waktu dan menyebabkan hari-hari kamu berantakan karena tugas dan jadwal yang menumpuk.

Baca Juga:  Gabut di Rumah Aja? Ini Dia 8 Pekerjaan Sampingan Sebagai Pelajar yang Paling Menjanjikan Selama Pandemi!

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kamu perlu membentuk disiplin diri terhadap diri sendiri. Bentuk disiplin diri yang harus kamu bentuk adalah disiplin untuk mengikuti jadwal tanpa menunda-nunda. Jika kamu masih memiliki kebiasaan menunda pekerjaan, maka hal tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu.

Kamu bisa memasang alarm sebagai pengingat agar lebih disiplin. Agar kamu dapat konsisten dan disiplin kamu juga bisa memasang target atau tujuan di tempat yang mudah dilihat.

5. Belajar fokus dalam setiap hal

tips manajemen waktu untuk pelajar
Hand drawing Focus arrows concept with white marker on transparent wipe board over dark blue background.

Salah satu hal yang dapat membuang waktu kamu adalah lama dalam mengerjakan sesuatu. Pengerjaan suatu pekerjaan bisa menjadi singkat dan efektif jika kamu bisa fokus mengerjakan hal tersebut tanpa terganggu. Gangguan biasanya datang dari handphone.

Jika ditengah mengerjakan suatu hal kamu bermain handphone, hal itu akan membuang waktu. Apalagi jika kamu sampai lupa pekerjaan. Solusi agar dapat fokus dalam pekerjaan adalah menjauhkan segala hal yang dapat mengganggu pikiran, bekerjalah di tempat yang seharusnya seperti meja belajar, dan perbanyak minum air putih.

Air putih dapat membantu dalam menjaga pikiran tetap fokus. Jika dapat terus fokus terhadap pekerjaan, maka tugas serta pekerjaan dapat segera terselesaikan, dan kamu dapat memanfaatkan waktu yang tersisa.

6. Siapkan waktu untuk istirahat

Ketika menulis jadwal, jangan lupa untuk memikirkan juga waktu untuk istirahat. Lebih baik juga jika dituliskan dalam jadwal tersebut sehingga kamu tidak lupa untuk beristirahat. Hal ini dilakukan agar kamu tidak memenuhi jadwal dalam sehari dan melupakan istirahat. Tubuh kamu akan terlalu lelah dan dikhawatirkan bisa jatuh sakit.

Jika kamu tidak menyiapkan waktu untuk istirahat sendiri juga ditakutkan ketika menjalaninya kamu justru beristirahat di waktu yang seharusnya kamu mengerjakan tugas. Atau bahkan bisa lupa waktu ketika beristirahat karena tidak ada batasan. Jika jadwal tidak terlalu padat, selesaikan terlebih dahulu pekerjaan kamu

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

Banyak cara yang dapat dilakukan agar kamu dapat membentuk manajemen waktu dengan baik. Hal ini akan sangat berguna bagi seorang pelajar, agar dapat menyelesaikan tanggung jawab dengan baik namun juga tetap bisa melakukan hal yang diinginkan.

Manfaat waktu untuk berbagai kegiatan positif yang dapat kamu lakukan, seperti belajar, berorganisasi, atau melakukan hobi. Meski kamu sedang sibuk, jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya! Jika kamu sakit tentu saja akan mengganggu jadwal yang sudah disusun. Selain berpengaruh pada kondisi fisik, jika kamu sakit juga dapat membuang waktu kamu yang berharga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…