8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran yang baru. Bagaimana pembelajaran selama ini? Apakah berjalan dengan baik atau justru mengalami banyak kendala? Eits, jangan lupa guys, karena tiga bulan telah berlalu maka sebentar lagi ujian tengah semester akan dimulai nih.

Nah, kali ini penulis akan membagikan beberapa tips menghadapi ujian tengah semester khusus untuk kamu yang mengerjakan secara online. Sebagian darimu yang mungkin bingung mau belajar dari mana, pakai gaya belajar apa, bisa langsung simak ulasan di bawah ini ya teman-teman.

Daftar Isi

Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester

1. Belajar Seminggu Sebelumnya

tips menghadapi ujian tengah semester
Stock photograph of a good looking, professional woman working in her home study at night with a laptop on the table.

Tips menghadapi ujian tengah semester yang pertama ialah memulai belajar seminggu sebelum ujian guys. Pastinya ujian tengah semester dan jadwal ujian diumumkan 1 bulan sampai 2 minggu sebelum hari-h bukan?

Inilah kesempatan yang tepat! Kamu bisa banget mulai mencicil berbagai materi sedini mungkin. Dengan demikian, kamu akan semakin siap dalam menghadapi ujian tersebut. Penulis sendiri menyarankan untuk mulai belajar dari satu minggu sebelum ujian diadakan ya guys.

2. Membuat Rangkuman

Tips menghadapi ujian tengah semester berikutnya yaitu membuat rangkuman. Tahu ga sih guys, membuat rangkuman dapat menjadi salah satu cara belajar paling efektif apabila dikerjakan dengan sugguh-sungguh lho.

Ga hanya itu, tanpa kamu sadari ketika membuat rangkuman maka berbagai materi yang kamu tulis akan terserap ke dalam otak. Pembelajaran pun terasa lebih ringan daripada berusaha menghafal mati-matian.

Baca Juga:  Rekomendasi Channel Youtube Edukasi Terbaik Untuk 3 Mata Pelajaran MIPA di SMA!

Untuk menambah semangatmu dalam membuat rangkuman, maka penulis sarankan untuk mencoba berbagai alat tulis aesthetic guys. Mulai dari stabilo, bolpoin warna, kertas binder, dan masih banyak lagi.

3. Terapkan Sistem Podo Moro

tips menghadapi ujian tengah semester
Mechanical Tomato shaped kitchen timer for cooking, studying and working.

Oke, tips menghadapi ujian tengah semester ini berhubungan dengan gaya belajar. Sebenarnya ada banyak banget gaya belajar yang bisa kamu sesuaikan dengan kenyamananmu guys.

Hanya saja, untuk menghadapi ujian maka penulis sarankan untuk menerapkan sistem podo moro. Sistem ini berarti kamu bisa melakukan pembelajaran secara fokus selama 25 menit, kemudian istirahat 5 menit.

Setelah itu, dilanjutkan belajar lagi selama 25 menit dalam 100 menit. Setelah mencapai 100 menit, kamu bisa beristirahat agak lama, yakni selama 15 menit. Pembelajaran cara ini terbukti efisien untuk menghadapi ujian sekolah.

Kamu bisa mulai membagi materi yang akan dihafal selama 25 menit pertama, kemudian berlanjut ke 25 menit kedua, dan seterusnya. Penulis sendiri sarankan untuk membaca rangkuman atau review materi terlebih dahulu.

Setelahnya, kamu bisa mulai mengerjakan soal-soal sekaligus memperdalam berbagai detail materi. Gunakan pula sticky notes pada setiap soal untuk mempermudahmu dalam mencatat. Semangat teman-teman!

4. Perbanyak Latihan Soal

Yap, bener banget nih! Tips menghadapi ujian semester kali ini seringkali dilewatkan oleh sebagian besar pelajar lho guys. Kebanyakan hanya berfokus untuk menghafal materi, membaca review, dan buku ajar. Padahal, melakukan latihan soal juga ga kalah penting.

Dengan mengerjakan banyak soal, tanpa kamu sadari, otak akan lebih terasah dalam menghadapi soal-soal. Ga hanya itu, kamu juga akan lebih tajam dalam menganalisis soal, sehingga jawaban yang dihasilkan akan sangat tepat.

Apapun jurusanmu, penulis harap tetap rajin-rajin dalam mengerjakan latihan soal ya. Toh, ada banyak banget kok latihan soal dari berbagai mata pelajaran bisa kamu download dengan gratis melalui internet. So, yuk mulai latihan dari sekarang!

Baca Juga:  Tips Mengarsir Lembar Jawaban Komputer yang Baik dan Benar

5. Sarapan Ringan

tips menghadapi ujian tengah semester
breakfast

Nah, kalau tadi penulis sudah berikan berbagai tips menghadapi ujian tengah semester sebelum hari-h, maka kini penulis juga akan bagikan berbagai tips yang bisa kamu lakukan pada saat hari-h ujian.

Hal pertama yang paling penting ialah sarapan. Eits, bukan sembarangan sarapan ya! Usahakan untuk sarapan ringan saja. Hal ini dikarenakan sarapan yang terlalu berat bisa membuatmu mengantuk dan malah ga fokus dengan soal ujian guys.

By the way, tentunya takaran ringan dan berat setiap pelajar kan berbeda ya gengs, sehingga penulis sarankan sarapan yang umum saja. Mulai dari susu dengan roti, susu dengan sereal, jus buah dengan roti telur, dan masih banyak lagi yang bisa kamu variasikan sesuai kebutuhan. Hanya saja ingat gengs, sarapan yang ringan!

6. Suasana yang Nyaman

Yap, salah satu tips menghadapi ujian tengah semester yang ga boleh dilewatkan ialah menata ruang tempat ujian. Hal ini memberikan pengaruh yang besar lho gengs. Apabila ruanganmu kotor, maka mengerjakan ujian pun terasa kurang nyaman.

Sementara itu, apabila ruanganmu justru terlalu nyaman (seperti kasur contohnya), maka bukannya ujian, kamu malah ketiduran deh hehehe. Jadi, penting banget untuk membangun suasana yang nyaman.

Penulis sendiri menyarankan untuk mengerjakan soal ujian di meja belajar, ruang keluarga, atau halaman belakang (jika memungkinkan). Pastikan juga kalau ruang tempatmu mengerjakan ujian benar-benar comfort dan jauh dari keramaian.

7. Jaringan Internet yang Stabil

tips menghadapi ujian tengah semester
closeup of a wireless router and a man using smartphone on living room at home ofiice

Berhubung kamu masih melakukan ujian secara online, maka tips menghadapi ujian tengah semester berikutnya ialah memastikan kalau jaringan yang digunakan stabil. Hal ini penting banget gengs.

Jangan sampai soal yang sudah kamu jawab panjang-panjang, ternyata harus loading ulang hanya karena masalah jaringan. Jadi, sebelum memulai ujian pastikan kalau jaringan wifimu stabil dan kencang.

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

Kedua, apabila kamu menggunakan jaringan data, maka pastikan kamu memiliki cukup kuota dan tempat mengerjakan ujian pun tergolong stabil ya teman-teman.

8. Rileks dan Tenang

Next, tips menghadapi ujian tengah semester kali ini juga ga kalah penting untuk diketahui guys. Dalam mengerjakan berbagai soal ujian, hal paling esensial yang wajib kamu miliki ialah rileks.

Tetap rileks dan tenang menjadi kunci paling utama dalam menghadapi ujian dengan baik. Jangan terpaku dengan keadaan sekeliling atau waktu, hanya saja dalam mengerjakan tetap sisakan sedikit waktu untuk mengecek kembali jawaban.

Dijamin deh, kalau kamu tenang dan rileks maka segala soal dapat dijawab dengan mudah dan cepat. Oh iya, cara untuk rileks dan tenang juga mudah banget guys.Pertama-tama, pastikan kamu minum dengan cukup. Kemudian tarik napas dalam-dalam, hembuskan perlahan.

Terakhir, jangan lupa untuk berdoa ya gengs. Percayalah kalau kamu bisa mengerjakan semua soal dengan baik! Yuk bisa yuk!

Nah itu tadi beberapa tips menghadapi ujian tengah semester yang bisa kamu ikuti selama melakukan ujian secara online. Oh iya, walaupun ujian ini dilakukan dengan online, penulis harap kamu tetap mengerjakan dengan sungguh-sungguh ya.

Artinya, usahakan untuk tetap jujur dalam menjawab berbagai soal. Percaya deh gengs, apa yang kamu pelajari hari ini dengan sungguh-sungguh, hasilnya ga akan mengkhianatimu. Pasti di masa depan akan berguna dengan baik! So, tetap semangat ujian dan jaga kesehatan ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …